Rabu, Juni 6

PENTINGNYA MANAJEMEN PEMASARAN DALAM ORGANISASI BISNIS



PENULIS:

Alifia Ning Anggita      @J08-Alifia
Amanda Afrilla            @J09-Amanda
Sacharissa Alifah        @J18-Sacharissa
Resa Dara Yusita       @J30-Resa

Abstrak : Manajemen pemasaran - mengarahkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Keywords : Pentingnya manajemen pemasaran dalam sebuah perusahaan

PENDAHULUAN

Pemasaran adalah seni sekaligus ilmu. Pemasaran yang baik telah menjadi elemen yang semakin vital untuk kesuksesan bisnis. Pemasaran sangat mempengaruhi kebutuhan kita setiap hari dan setiap hal yang kita lakukan, dari pakaian yang kita pakai, situs internet yang kita klik, sampai iklan yang kita lihat. Sebagai pemasaran yang baik bukan sebuah kebetulan, melainkan hasil dari perencanaan dan pelaksanaan yang cermat.


PEMBAHASAN

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian progam yang dirancang untuk meniptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar dengan tujuan meraih keuntungan.

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli :
  • Manajemen pemasaan adalah penganalisis, perencanaan, pelaksanaa, dan pengawasan program-progam yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
  • Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan, berkembang dan medaptkan laba. (Dharmmesta & Handoko, 1982).
  • Manajemen pemasaran adalah perencanaa, implementasi, dan pengedalian program yang di design untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukuran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan peusahaan (Kotler & Amstrong)

Sedangkan definisi pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yag ditunjukan untuk rencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Sedangkan menurut Philip Kotler, ia mendefinisikan pemasaran secara luas, yaitu, suatu proses sosia, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.


Konsep Manajemen Pemasaran

  • Konsep Produksi - upaya pencapaian efisiens produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Dengan kata lain memproduksi barang, karena konsumen dianggap akan menerima hasil produkinya yang terjangkau dimana-mana.
  • Konsep Produk - membuat produk yang berkualitas tinggi dengan penmpilan terbaik dan menarik
  • Konsep Penjualan - melakukan promosi yang menarik untuk para calon konsumen
  • Konsep Pemasaran - penetuan kebutuhan dan keinginan pasar sebagai sasaran serta memberikan kepuasan yang sesuai secara efektif dan efisen dibandingkan dengan para pesain
  • Konsep Pemasaran sosial - menentukan kebutuhan, kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberikan kepuasan serta mensejahterahkan konsumen yang membeli produknya.
  • Konsep Pemasaran Global - berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan.

Tujuan Pemasaran - untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya dari hasil penjualan produk di pasaran.

Manajemen Distribusi pemasaran
Strategi atau rencana umum sebagai petunjuk untuk mengambil keputusan dalam kegiatan untuk menyalurkan produk yang dihasilkan.

Berikut ini adalah perantara yang ada dalam manajemen distribusi peasaran :
  1. Perantara perdagangan - bertanggung jawab terhadap kepemilikan semua barang yang dipasarkan
  2. Perantara Agen - menyediakan jasa-jasa yang berhubungan dengan penjualan atau distribusi barang

Strategi Pemasaran :
  1. Penentuan pasar
  2. Perencanaan Produk
  3. Penenuan Harga
  4. Distribusi
  5. Komunikasi dan promosi produk


KESIMPULAN

Manajemen pemasaran dalam organisasi bisnis memegang peranan penting agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kuantitas dan kualitas yang diharapkan serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing dalam kegiatan pemasaran. Hal juga sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya penurunan tingkat daya jual produk mapun jasa, maka tentu sangat penting kegiatan manajemen perusahaan agar tercapainya tujuan perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA




Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks, Gramedia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar