Kamis, Juli 12

Aktivitas Manajemen Fungsional

@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @Proyek-L08, @Startup-L05
Oleh Huda, Gibran, dan Fateh


Abstarak :
Manajemen dalam arti mudahnya adalah mengatur semuanya agar menjadi sebuah sistem yang berkerja secara efesien dan efektif. Manajemen harus bersifat fungsional. Kenapa bisa begitu ??? karena jika tidak bisa bersifat fungsonal bagaimana bisa mengatur semuanya, jika hanya mengatur satu sistem saja. Maka disini akan dibahas lebih dalam tentang manajemen fungsional

Kata Kunci :
Manajemen Fungsional, Efektif, dan Efesien

Pendahuluan
Manaejmen Fungsional adalah sebuah bentuk supaya kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada dasarnya setiap manusia selalu melakukan manejemen fungsional, akan tetapi karena namanya yang begitu asing banyak juga yang tidak tahu mereka sudah melakukan hal tersebut karena mereka belum mngetahui teorinya tapi sudah mempraktekannya. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Rumusan Masalah
Apa pengertian dasar manajemen fungsional ?
Apa sih aktivitas manajemen fungsional ?

Pembahasan :

Manajemen Fungsional
Manajemen Fungsional (Manajer Fungsional) = Aktivitas Manajer Madya agar tujuan organisasi bsa tercapai.
Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
Pengertian lainnya adalah, manajemen fungsional merupakan sebuah bentuk supaya kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Aktivitas Manajemen Fungsional

Adapun aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber daya manusia (msdm), manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen keuangan. adalah pendekatan manajemen klasik berdasarkan fungsi/tugas.Melalui Pendekatan Fungsional dapat disederhanakan, menjadi :

1. Planning (Merencanakan)
Mendefinisikan tujuan, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan, mengembangkan rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan aktivitas.

2. Organizing (Mengorganisasikan)
Menyusun/menata kerja untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Leading (Memimpin/Mengatur)
Bekerja bersama dan memanfaatkan orang-orang untuk mencapai tujuan.
Controlling (Mengendalikan) Memonitor, membandingkan, dan mengoreksi pekerjaan

Adapun aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber daya manusia (msdm), manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen keuangan.

Daftar Referensi :
  1. http://rocketmanajemen.com/manajemen-fungsional/
  2. https://raranatasha.wordpress.com/2013/01/09/manajemen-fungsional/
  3. https://iinadja.wordpress.com/kuliah/smester-1/managemen-dan-bisnis/bab-iii-manajemen-fungsional/
  4. http://man651.weblog.esaunggul.ac.id/
  5. http://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/305
  6.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar