Minggu, Juli 15

Manajemen SDM, Manajemen Operasi, Manajemen Produksi

Disusun Oleh: Muhamad Farhan Naufal
Guntur Wahyu Prasetiyo

ABSTRAK
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. Unsur manajemen Sumber Daya Manusia adalah manusia yang merupakan tenaga kerja pada perusahaan.
Dengan demikian fokus yang dipelajari Manajemen Sumber Daya Manusia ini masalah yang berhubungan dengan tenaga kerja manusia. Masalah stres kerja karena stres kerja karyawan dapat mempengaruhi motivasi kerja karyawan.

KATA KUNCI : Manajemen SDM, Manajemen Oprasional, Produksi

PENDAHULUAN

Sumber daya adalah segala sesuatu yang merupakan aset perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dikategorikan atas empat tipe sumber daya, seperti Finansial, Fisik, Manusia dan Kemampuan Teknologi. Sumber daya finansial merupakan salah satu unsur penting dalam rangka membentuk perusahaan yang maju dan terus berkembang karena berhubungan dengan saham yang merupakan modal utama dalam membangun sebuah perusahaan dan mengembangkan serta melanjutkan perusahaan tersebut. Sumber daya fisik merupakan sumber daya yang menyangkut penunjang secara fisik berdirinya suatu perusahaan seperti alat-alat kelengkapannya. Sumber daya manusia merupakan sektor sentral dan penting dalam rangka pencapaian tujuan di suatu perusahaan, karena dengan adanya kemampuan skill para pekerja dan kualitas sumber daya manusia dapat menggerakan perusahaan dengan baik dan benar.

RUMUSAN MASALAH

1.    Apa pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia?
2.    Bagaimana sejarah Perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia?
3.    Bagaimana pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia?
4.    Bagaimana proses tahapan Manajemen Sumber Daya Manusia?
5.    Bagaimana peran dan fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia?

PEMBAHASAN

A.     Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu  secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia- bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Cakupan MSDM sumber daya manusia :
  1. Melakukan analisis jabatan
  2. Merencanakan kebutuhan tenaga kerja dan merekrut calon tenaga kerja
  3. Menyeleksi calon tenaga kerja
  4. Memberikan orientasi dan pelatihan bagi karyawan baru
  5. Menata olah upah dan gaji
  6. Menyediakan insentif dan kesejahteraan
  7. Menilai kinerja
  8. Mengkomunikasikan (wawancara, penyuluhan, pendisiplinan)
  9. Pelatihan dan pengembangan
  10. Membangun komitmen karyawan
·         Fungsi Majajemen Suber Daya Manusia


1.      Perencanaan (Planning)
2.      Rekrutmen (Recruitment)
3.      Seleksi
4.      Orientasi, Pelatihan dan Pengembangan
5.      Evaluasi Kinerja
6.      Kompensasi
7.      Pengintegrasian
8.      Pemeliharaan
9.      Pemberhentian


B.     Manajemen Operasional

·         Definisi Manajemen Operasional

Yang dimaksud Operasi adalah suatu aktivitas dalam mentransformasikan input – input menjadi output – output yang dapat menambah nilai pada barang atau jasa.
Jadi, Manajemen Operasional adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif  dan efesien . Seorang manajer operasi bertanggung jawab mengelola proses pengubahan input (dalam bentuk material, tenaga kerja, dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang dan jasa).

·         Tujuan Manajemen Operasional          :

Tujuan Operasional adalah menunjukan “produktivitas”  yang diminta  jika perusahaan itu hendak mencapai keunggulan bersaing dipasar. Untuk mencapai tujuan melalui keputusan structural dan teknis dalam tiga bidang: fasilitas, dukungan infrastruktur, serta hubungan internal yang cepat.


C.     Manajemen Produksi

Manajemen produksi merupakan salah satu bagian di bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu di buat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

·         Fungsi Manajemen Produksi


Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi  Menurut Sofjan Assauri (2004 : 22) adalah:
  1. Proses pengolahan, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan masukan (input).
  2. Jasa-jasa penunjang, merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perlu untuk penetapan dan metode yang akan dijalankan sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
  3. Perencanaan, merupakan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
  4. Pengendalian atau pengawasan, merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan (input) pada kenyataannya dapat dilaksanakan.

DAFTAR PUSTAKA

Wahyudi, Cakra. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. http://adhielc.blogspot.com/2012/10/makalah-tentang-manajemen-sumber-daya.html (Dikutip, 15-juli-2018)
Jahroni. 2017. Manajemen SDM Pada Manajemen Operasional. https://jr234blog.wordpress.com/2017/12/27/manajemen-sumber-daya-manusia-pada-manajemen-operasional/ (Dikutip, 15-juli-2018)
Ayunda, Cinthya. 2014. Pengertian Manajemen Operasional. http://cinthyaayunda.blogspot.com/2014/11/pengertian-manajemen-operasional.html . (Dikutip, 15-juli-2018)
Nicho, Eko. 2015. Fungsi Manajemen SDM. http://nichonotes.blogspot.com/2015/02/fungsi-tujuan-manajemen-sumber-daya-manusia.html . . (Dikutip, 15-juli-2018)
Riadi, Muchlisin. 2016. Pengertian dan Manajemen Produksi. https://www.kajianpustaka.com/2016/08/pengertian-dan-fungsi-manajemen-produksi.html (Dikutip, 15-juli-2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar