Jumat, Juli 6

Mengetahui Bentuk Strategi Pemasaran dalam Bisnis



OLEH: 
LUTFI B @L18-Lutfi
FAUZI F @L19-Fauzi
M ABI H @L25-Abi





Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep manajemen bisnis agar mahasiswa/i dapat memahami bagaiamana merancang strategi dengan baik dalam memasarkan produk.
Kata kunci : Penganalisaan, Perencanaan dan Pelaksanaan Manajemen Bisnis

A.    Pendahuluan
1.    Latar belakang
Setiap organisasi bisnis dihadapkan pada 2 jenis” lingkungan” internal dan eksternal, makin besar suatu perusahaan atau organisasi, semakin kompleks pula bentuk, jenis, dan sifat interaksi yang terjadi dalam menghadapi ke 2 jenis lingkungan tersebut. Oleh karena itu strategi pemasaran sangat diperlukan dalam mensiasati perkembangan organisasi tersebut.

Ujung tombak dari kegiatan pemasaran adalah penjualan, namun bukan berarti bahwa pemasaran (marketing) sama dengan penjualan (sales). Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba bahkan berusaha meningkatkannya untuk jangka panjang. Tujuan tersebut dapat direalisir apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang direncanakan, dengan demikian tidak berarti bahwa barang atau jasa yang terjual selalu akan menghasilkan laba, maka faktor-faktor diatas harus mendapat perhatian sepenuhnya bagi perusahaan.

2.    Kajian teori
a.      Pengertian pemasaran
·         Kotler dan Keller (2009:6) mengutip Asosiasi Pemasaran Amerika yang memberikan definisi berikut, “Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.”
·           David (2011:198), “Pemasaran dapat dideskripsikan sebagai proses pendefinisian, pengantisipasian, penciptaan, serta pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk dan jasa.”

b.      Pengertian penganalisaan
Salim (2002)4 “Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk mendapatkan fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya)”.
c.       Pengertian Perencanaan
(Cunningham dalam Uno, 2009: 1). Perencanaan adalah suatu cara untuk mengantisipasi dan menyeimbangkan perubahan (Robbins dalam Uno, 2009: 1).
d.      Pengertian Pelaksanaan
Wiestra, mengemukakan pengertian pelaksanaan sebagai usaha-usaha yang dilakukan untuk melaksanakan semua rencana dan kebijaksanaan yang telah dirumuskan dan ditetapkan dengan melengkapi segala kebutuhan alatalat yang diperlukan, siapa yang akan melaksanakan, dimana tempat pelaksanaannya dan kapan waktu dimulainya.

A. Dasar-Dasar Perencanaan Pemasaran
1. Pasar
Pemasaran berasal dari marketing, sedang market yang berarti pasar. Pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli terhadap barang maupun jasa. Pengertian pasar secara lengkap adalah semua pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau keinginan tertentu, bersedia dan mampu melibatkan diri dalam suatu pertukaran guna memuaskan kebutuhan dan keinginannya tersebut. Syarat-syarat terjadinya pasar sebagai berikut:
a. Adanya sekelompok individu (pasar konsumen) dan organisasi (misal: pasar industri, pasar global).
b. Adanya pembeli yang mempunyai kemampuan daya beli (purchasing power) dan nyata/riel.
c. Adanya kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).
d. Adanya perhatian (interest) terhadap produk barang dan atau jasa. Selanjutnya kita perlu mengetahui seluk beluk tentang pemasaran.

B.     Unsur-Unsur Pemasaran
a. Adanya kegiatan manusia
b. Adanya barang dan atau jasa yang diproduksi
c. Adanya obyek yang dipertukarkan
d. Adanya pembeli dan penjual.

C.     Fungsi-Fungsi dan Sistem Pemasaran
Fungsi-fungsi pemasaran yang harus dijalankan oleh suatu perushaan, menurut Tedjasutisna dalam bukunya Pemasaran, sebagai berikut:
 a. Pembelian (buying)
 b. Penjualan (selling)
 c. Pengangkutan (transportation)
 d. Pergudangan
 e. Standardisasi dan grading
 f. Komunikasi (communication)
 g. Penanggung resiko (risk taking)
 h. Informasi pasar (market information)
 i. Penjajakan (merchandising)
 j. Keuangan (financing)

D. Perencanaan Pemasaran
Pelaksanaan perencanaan pemasaran ini diawali dengan menentukan langkahlangkah berupa tujuan perusahaan, merumuskan rencana pemasaran, dan langkahlangkah rencana pemasaran.

Strategi Pemasaran
 Dalam merumuskan rencana pemasaran perusahaan wajib memahami strategi pemasaran berikut ini:
1.      Pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran
Manajemen pemasaran harus dapat memutuskan berapa biaya pemasaran yang diperlukan dan bagaimana mengalokasikan biaya pemasaran tersebut dalam bauran pemasaran yangakandimanfaatkan
2. Bauran pemasaran
Bauran pemasaran apa saja yang digunakan baik baik bauran pemasaran produk barang yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi, sedang jika menggunakan bauran pemasaran jasa ditambah dengan tampilan fisik, proses, dan personal Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan), visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran. Proses ini dapat didefinisikan sebagai perencanaan pemasaran, yang merupakan penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Sejauh mana perusahaan dapat mengembangkan rencana yang terintegrasi, terkoordinasi, dan konsisten tergantung pada pemahaman pada proses perencanaan itu sendiri sebagai suatu cara mempertajam fokus bagi semua tingkatan manajemen dalam suatu organisasi.

Langkah-Langkah Rencana Pemasaran
a. Ikhtisar Eksekutif dan daftar Isi Langkah awal dalam membuat rencana pemasaran yaitu membuat ikhtisar singkat tentang sasaran dan rekomendasi rencana utama
b. Situasi pemasaransaat ini:
 1) Situasi yang menggambarkanpasar sasaran, ukuran, pertumbuhan pasar, kebutuhan persepsi, dan kecenderungan perilaku pembelian pelanggan
2) Situasi produk, penjualan, harga, margin kontribusi dan laba bersih
3) Situasi persaingan, identifikasi ukuran, sasaran, pangsa pasar, kualitas produk, strategi pemasaran dan karakteristik lainnya
4) Situasi distribusi
5) Situasi lingkungan makro
 c. Analisis peluang dan isu Mengidentifikasi peluang dan ancaman serta kekuatandan kelemahan sebagai isu utama yang dihadapi line produk
 d. Manager produksi menentukan dua tujuan utama yang harus ditetapkan yaitu keuangan dan pemasaran
e. Strategi pemasaran Menentukan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan. Hal ini dilaksanakan dengan memposisikan pasar sasaran, menentukan posisi line produk, harga, outlet distribusi, tenaga penjualan, pelayanan, iklan, dan promosi penjualan.

Menurut Kotler dan Armstrong (2012:30-32), pemasaran bersandar pada konsep inti
1. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan (Needs, Wants, and Demands) Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dan harus ada sehingga dapat menggerakkan manusia sebagai dasar (alasan) berusaha. Keinginan adalah hasrat untuk memperoleh pemuas kebutuhan yang spesifik akan kebutuhan. Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu yang didukung kemampuan dan kesediaan untuk membayar dan membeli.
2. Penawaran Pasar – Produk, Pelayanan, dan Pengalaman (Market Offerings – Products, Services, and Experiences) Penawaran pasar merupakan beberapa kombinasi dari produk, pelayanan, informasi, atau pengalaman yang ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.
 3. Nilai Pelanggan dan Kepuasan (Customer Value and Satisfaction) Nilai pelanggan dilihat sebagai kombinasi antara mutu, jasa, dan harga (quality, service, price) yang mencerminkan manfaat dan biaya berwujud dan tak berwujud bagi konsumen. Kepuasan merupakan penilaian seseorang dari kinerja yang dirasakan dari produk dalam hubungan dengan harapannya.
4. Pertukaran dan Hubungan (Exchanges and Relationships) Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh sebuah objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Pemasaran terdiri dari tindakan yang diambil untuk membangun dan memelihara hubungan melalui transaksi dengan target pembeli, pemasok, dan penyalur yang melibatkan produk, pelayanan, ide, atau benda lainnya.
5. Pasar (Markets) Pasar merupakan kumpulan semua pembeli sebenarnya dan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan akan produk atau jasa tertentu yang sama, yang bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.

Komponen Dalam Strategi Pemasaran
1. Product (produk) adalah suatu barang, jasa, atau gagasan yang dirancang dan ditawarkan perusahaan untuk kebutuhan konsumen.
2. Price (harga) adalah jumlah uang yang harus dibayar pelanggan untuk mendapatkan produk.
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi) adalah penempatan suatu produk agar tersedia bagi target konsumen, sejenis aktivitas yang berkaitan dengan bagaimana menyampaikan produk dari produsen ke konsumen.
4. Promotion (promosi) adalah aktivitas mengkomunikasikan dan menyampaikan informasi mengenai produk kepada konsumen, dan membujuk target konsumen untuk membeli produk.





Daftar Pustaka

3 komentar:

  1. Artikel berikut sangatlah bagus karena di kutip dari beberapa penulis yg hebat dlm bidangnya masing". Sangat tepat dan berguna utk enterpreneur muda, atau usaha yg bru di rintis dan penting bagi suatu perusahaan.

    BalasHapus
  2. Artikel berikut sangatlah bagus karena di kutip dari beberapa penulis yg hebat dlm bidangnya masing". Sangat tepat dan berguna utk enterpreneur muda, atau usaha yg bru di rintis dan penting bagi suatu perusahaan.

    BalasHapus
  3. Artikel berikut sangatlah bagus karena di kutip dari beberapa penulis yg hebat dlm bidangnya masing". Sangat tepat dan berguna utk enterpreneur muda, atau usaha yg bru di rintis dan penting bagi suatu perusahaan.
    41817110144 - Chris

    BalasHapus