Kamis, Juli 5

SALAH SATU FAKTOR MENJADI PENGUSAHA SUKSES!


MANAJEMEN FUNGSIONAL

Rizky AP (@L08-Rizky)
M. Aldy Firdausi N. (@L11-Aldy)
M. Arief Afifuddin (@L12-Arief)
@Startup-L04, @Proyek-L08

ABSTRAK
Artikel ini ditulis untuk membantu seorang pengusaha baru yang ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha baru dalam membangun usahanya yang salah satu faktornya adalah harus adanya sebuah manajemen yang baik dan benar untuk mengaturnya.

KATA KUNCI
Manajemen, manajemen fungsional, perusahaan, wirausaha, pengusaha, wiraswasta, manajer, sukses, organisasi

PENDAHULUAN
Manajemen fungsional adalah sebuah bentuk supaya kontribusi pada suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Manajemen Fungsional (Manajer Fungsional) = Aktivitas Manajer Madya agar tujuan organisasi bisa tercapai.
Tujuan manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

PEMBAHASAN
Sebuah sumber daya manusia menjadi tidak berharga lagi bila mana manajemen sumber daya manusia mempunyai sebuah kriteria yang lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kedengarannya hal itu kejam, akan tetapi dalam sebuah perusahaan hal itu sangatlah dipegang teguh.
Adapun aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber daya manusia (MSDM), manajemen operasional (MOP), manajemen pemasaran (MP), dan manajemen keuangan.
1.      MSDM
·         Mary Parker Follett
ManajemenSumberDayaManusiaadalahsuatuseni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
·         Edwin B. Flippo
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat.
2.      MOP
·         Produksi adalah penciptaan atau penambahan faedah, bentuk, waktu dan tempat atas faktor-faktor produksi sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
·         Produk adalah hasil dari kegiatan produksi yang berwujud barang dan jasa.
·         Produsen adalah orang atau badan ataupun lembaga lain yang menghasilkan produk.
·         Produktivitas adalah suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang sesungguhnya dengan hasil kegiatan  yang seharusnya.
·         Pelaksanaan kegiatan–kegiatan manajerial dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan, pengoperasian, dan pengawasan sistem produktif.
3.      MP
·         Serangkaian kebijaksanaan dalam penyediaan barang dan jasa yang tepat kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat,harga yang tepat, dengan komunikasi yang tepat.
·         Keputusan2 yg diambil dalam MP dikenal dgn Marketing Mix (bauran pemasaran) atau 4P, yaitu:
1.      Produk
2.      Price
3.      Place (distribution)
4.      Promotion
4.      MK
Aktivitas menyediakan segala kebutuhan finansial yang berhubungan dengan operasional perusahaan atau organisasi.

Dari pendekatan fungsional maka kita dapat menyederhanakan hal tersebut menjadi beberapa kategori. Berikut ini kategorinya:

1. PERENCANAAN (PLANNING)
Dalam hal ini kita perlu mendefinisikan tujuan, penetapan strategi agar dapat mencapai tujuan tersebut, serta mengembangkan sebuah rencana agar dapat mengintegrasikan serta menkoordinasikan aktivitas dari perusahaan.

2. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
Pada tahap ini kita peru untuk menyusun (menata) kerja yang mana dibutuhkan oleh perusahaan agar mencapai target (tujuan) dari perusahaan.

3. MEMIMPIN (LEADING)
Untuk yang terakhir kita juga perlu untuk dapat bekerja sama serta dapat memanfaatkan orang-orang agar dapat mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Ketiga hal tersebut perlu kita perhatikan betul-betul karena ketiganya merupakan syarat yang cukup penting dalam manajemen fungsional.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar