Kamis, Maret 21

Ambisi Yang Baik Untuk Menjadi Pengusaha

Disusun Oleh:
Bayu Anggara Judiansyah (41618010004)


AMBISI UNTUK MENJADI PENGUSAHA SUSKES!
Abstrak: pada zaman ini negara kita sangat membutuhkan seorang pengusaha. Karena, banyaknya sector perindustrian/ perusahaan milik asing. Dan itu sangat mempengaruhi pendapatan negara. Oleh karena itu, disini saya akan membuat artikel mengenai ambisi untuk menjadi seorang pengusaha yang baik dan benar.

Kata Kunci: Ambisi

Dalam berbagai hal, banyak orang selalu mengkategorikan ambisi sebagai sesuatu yang buruk. Ambisi selalu dianggap sebagai ego besar yang selalu membuat manusia bersikap serakah terhadap sesuatu. Namun sebenarnya seburuk apapun sebuah ambisi, ketika Anda menjalankan bisnis tetap dibutuhkan. Dengan catatan Anda harus tetap bisa mengelola ambisi Anda dalam proses mengelola dan mengembangkan sebuah bisnis. Jangan sampai Anda tidak bisa mengendalikan ambisi sehingga justru bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri.

Dalam hal ini, ambisi adalah yang hal mengarahkan Anda selaku pengemudi ketika memacu kendaraan. Anda dengan ambisi tinggi tentu akan memaksimalkan kecepatan dan kecakapan dalam mengendarainya. Sementara, jika Anda kurang berambisi biasanya akan mengendarainya dengan santai –atau berkecepatan standar. “Tentu saja, ambisi bukan semata masalah kecepatan dan energi yang tinggi, tapi harus bisa berfungsi lebih dari sekadar menggerakkan. Karena, hanya kecepatan yang disertai kalkulasi cermat yang bisa mengantarkan Anda sampai tujuan secara efektif,” terang Deasy.


     Lalu, bagaimana kualitas performa dan pencapaian karier bagi Anda yang kurang, bahkan mungkin tidak memiliki ambisi? Tentu Anda bisa bayangkan bedanya dengan orang yang berambisi, di mana energi positif dan daya juang akan terasa lebih kuat. Saat bangun tidur di pagi hari, mereka yang memiliki arah pencapaian dan energi tinggi tentu akan lebih bersemangat memulai hari dan menyiapkan diri untuk memberikan yang terbaik pada segala hal yang dikerjakannya. (Gumilang, Gilang. 2019)

Ambisi ternyata bisa menjadi sebuah modal dan bisa dijadikan sebagai pendorong untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis. Ambisi sangat dibutuhkan untuk itu, di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa ambisi tetap dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah bisnis, coba perhatikan ulasannya. (Mamnul, Tasbihul. 2019)

1.       Dengan Ambisi Anda Akan Lebih Mampu Memanfaatkan Peluang
Ambisi seseorang jika bisa mengendalikannya akan sangat bagus untuk mengembangkan sebuah bisnis. Dengan ambisi yang kuat, akan membawa seseorang pada kejeliannya dalam melihat sebuah peluang usaha. Tidak hanya bisa melihat peluang yang ada, keberanian dalam memanfaatkan peluang sering menjadi masalah bagi pebisnis pemula.
Jadi, ketika Anda memiliki ambisi yang besar, maka itu adalah sebuah energi yang bisa Anda jadikan sebagai titik awal untuk memulai dan mengambil peluang yang ada. So, jangan risau dengan ambisi Anda, tinggal bagaimana Anda mampu mengendalikannya dan mengarahkannya pada sesuatu yang positif.

2.       Ambisi Akan Membuat Anda Berani Mengambil Resiko
Resiko adalah sesuatu yang sangat akrab dalam menjalani dunia bisnis. Ketika Anda menjalankan bisnis, maka tentu Anda tidak bisa dipisahkan dengan resiko. Jadi ketika Anda tidak berani mengambil resiko, maka sama halnya Anda tidak berani mengambil peluang yang ada.
Maka, ambisi yang besar yang ada pada diri Anda akan sangat berguna di sini untuk mendorong Anda berani mengambil resiko di dalam dunia bisnis. Jadi, keberanian dalam mengambil resiko ini bisa menjadi nilai lebih dalam diri Anda untuk mengarungi kejamnya dunia bisnis.

3.       Ambisi Bisa Membuat Anda Berpikir Kritis
Karena Anda memiliki keinginan dan ambisi yang besar terhadap usaha yang sedang Anda bangun, maka hal ini akan membawa Anda pada kekritisan berpikir. Analisa Anda dalam setiap melihat peluang bisnis akan semakin kritis karena keinginan Anda untuk membesarkan bisnis yang sedang dikelola.
Bukan saja kritis terhadap peluang yang ada, Anda juga akan dibawa pada sikap kritis terhadap keadaan yang sedang Anda hadapi. Kritis terhadap bawahan, kritis terhadap rekan atau kolega bisnis, ini sangat penting bagi seorang pebisnis.

4.       Ambisi Akan Menuntut Anda Untuk Berubah
Ketika Anda memiliki ambisi besar pada diri Anda untuk maju, maka dengan sendirinya ambisi tersebut akan menuntut Anda untuk berubah. Tentu saja berubah untuk lebih maju dan semakin berkembang. Dan hal ini sangat bagus untuk kelangsungan bisnis Anda dan masa depan Anda sendiri. Tanpa keinginan besar ini, maka bisnis atau pekerjaan yang Anda kerjakan tidak pernah akan maju.
Keinginan besar pada diri Anda akan menuntun Anda untuk selalu melangkah pada peluang baru untuk membuat perubahan yang bagus pada bisnis itu sendiri.

5.       Ambisi Akan Membuat Anda Semakin Mengembangkan Diri
Tidak bisa tidak, ketika Anda memiliki ambisi besar terhadap sesuatu, maka Anda juga harus mengimbangi dengan mengembangkan kemampuan diri Anda. Omong kosong belaka jika Anda memiliki ambisi besar namun tidak juga berupaya untuk meningkatkan kemampuan diri.
Jadi, jika Anda memiliki ambisi besar terhadap sesuatu hal, maka biasanya Anda akan merasa dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan pada sesuatu yang dibutuhkan. Ambisi akan membuat Anda akan terus belajar pada hal-hal baru yang tentu saja untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis.
Jadi intinya adalah, sangat bagus ketika seseorang memiliki ambisi dalam dirinya. Terutama dalam dunia bisnis, itu sangat diperlukan, namun tetap dengan catatan bahwa Anda harus tetap mengendalikan ambisi itu sendiri. Artinya ambisi tetap dilakukan dengan cara dan proses yang benar, baru kemudian dilihat hasil akhirnya.

Kesimpulannya adalah, menjadi seorang pengusaha yang sukses juga membutuhkan sebuah ambisi yang besar. Namun, ambisi dalam artian disini adalah lebih berarah menuju ke hal postif. Misallnya, untuk menjadi seorang pengusaha sukses kita membutuhkan bantuan orang lain, bukan menjatuhkan orang lain demi mengsukseskan usaha kita. 
ANDA AKAN TETAP MISKIN BILA TIDAK MEMPUNYAI AMBISI” –JACK MA

DAFTAR PUSTAKA
Pardi, Devayanti. 2019. “2 hal yang mendukung ambisi usaha anda”. Dalam https://koinworks.com/blog/ambisi-berwirausaha/ (diakses pada 21 maret 2019)

Mamnul, Tasbihul. 2019. “Perlunya Ambisi Untuk Mengembangkan Bisnis Agar Lebih Sukses”. Dalam https://www.maxmanroe.com/perlunya-ambisi-untuk-mengembangkan-bisnis-agar-lebih-sukses.html (diakses pada 21 maret 2019)

Gumilang, Gilang. 2019. “BERBISNIS HARUS PUNYA AMBISI”. Dalam https://www.wanitawirausaha.com/article/sdm/berbisnis-harus-punya-ambisi (diakses pada 21 maret 2019)

Marieta. 2016. “Ingin Sukses? Mungkin Ambisi Dari Jack Ma Ini Akan Membantu Anda”. Dalam https://successbefore30.co.id/kutipan-dari-jack-ma/ (diakses pada 21 maret 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar