Kamis, Maret 21

Change Your Mindset Now!


OLEH: LU’LU ILMAKNUN (41618010027)

ABSTRAK

            Pasti kalian saat kecil pernah berpikir saat kalian dewasa ingin menjadi dokter, arsitek, guru, polisi, dan lain-lain. Lalu ketika kalian mulai dewasa kalian mulai berpikir apa yang lebih baik untuk masa depan kalian bahkan negeri ini, dimana kalian tidak asal memilih apa yang ingin kalian kerjakan. Disini kalian mulai sudah merubah pola pikir kalian, sisanya tergantung kalian akan mengarahkan pikiran itu ke yang lebih baik atau lebih buruk.
KATA KUNCI: merubah pola pikir menjadi lebih baik, motivasi sukses

            Apasih itu pola pikir? Pola pikir atau dalam Bahasa inggris disebut mindset adalah  pandangan mental individu yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu kejadian/fenomena/peristiwa. Menurut Adi W Gunawan mindset adalah sekumpulan kepercayaan (belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya. Dari pengertian tersebut kita bisa tau  apa yang kita pikirkan mempengaruhi masa depan kita. Lalu bagaimana jika kita memiliki mindset untuk berwirausaha? Tidak banyak orang khususnya lulusan sarjana yang memiliki pikiran menjadi seorang yang memberi gaji(wirausaha), kebanyakan dari mereka masih berpikir ingin menjadi orang yang digaji. Untuk menjadi seorang wirausaha memang tidaklah mudah, banyak sekali rintangan yang harus dilewati apalagi jika kita memulainya dari nol. Jika kalian berpikir orang-orang sukses di luar sana bisa seperti sekarang ini karena suatu keberuntungan atau keturunannya yang memang akan membawa mereka ke jalan itu kalian salah, kalau kalian tahu sejarah mereka, bagaimana mereka memulai lalu gagal berkali-kali, bangkit lagi dari dasar, menghadapi berbagai tantangan hingga bisa meraih kesuksesan hingga saat ini, maka kalian akan setuju bahwa mindset merekalah yang membawa mereka ke titik kehidupan saat ini.
            Menurut Sukarto Sudjono dalam artikelnya yang berjudul 7 mindset untuk sukses, mengatakan mindset anda atau cara berpikir anda yang akan membawa anda meraih tujuan, impian dan goal besar anda. Sukarto juga membagikan 7 poin yang perlu dimiliki untuk menjadi sukses
1)      Think Positive
Artinya berpikir dan berharap bahwa hal-hal positif dan baik akan terjadi pada diri sendiri. Orang yang negatif selalu berpikir keburukan selalu bisa terjadi, otak dan pikiran mereka penuh dengan prasangka negatif, berpikir segala sesuatu itu sulit, tidak mungkin dan mustahil.
2)      Berani Gagal
Kok orang disuruh memiliki mindset berani gagal-_-, karena kebayakan orang tidak sukses seringkali karena kurang mengalami banyak kegagalan. Mereka begitu takut mengalami kegagalan sehingga mereka takut dalam mencoba segala sesuatu. Mereka trauma dengan yang namanya kegagalan.
3)      Fokus
Pikiran kita akan sangat powerful saat kita sedang fokus. Ingat tidak saat kalian kepepet deadline sebuah project, yang ada dipikiran kalian saat itu hanyalah bagaimana cara menyelesaikannya tepat waktu, kalian begitu fokus sampai tidak tidur dan akhirnya bisa selesai tepat waktu. Itulah kekuatan dari fokus.

4)      Siap Kerja Keras
Untuk sukses anda perlu kerja keras. Tidak selamanya entrepreneur harus kerja keras, saat apa yang sudah kita tanem telah panen disitulah saat kita santai
5)      Konsisten dan Sabar
Walaupun awalnya mungkin belum ada hasil, tapi tetap melakukan apa yang harusnya dilakukan. Disiplinkan diri anda untuk melakukan rutinitas yang harus dilakukan
6)      Komitmen
Saat kalian sudah memutuskan untuk melakukan sesuatu, ambillah komitmen untuk memastikan kalian akan melakukan hal tersebut, tidak peduli kalian sedang ingin/mood atau tidak untuk mengerjakannya
7)      Pantang Menyerah
Saat kalian sudah kerja keras, sudah komitmen, sudah konsisten, tetapi belum ada hasil, milikilah semangat untuk pantang menyerah.

            Seorang pengusaha wanita Indonesia menjadi contoh sukses kita karena mengubah mindset. Menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965. Beliau terlahir sebagai putri seorang peternak dan penjual hewan potong seperti sapi dan kerbau.  Pada 29 September 2018, dalam kunjungan kerjanya di New York, Amerika Serikat, Menteri Susi juga menghadiri Leadership Champions We-Fi sebagai champion yang dinominasikan oleh Jepang. Gelar champion yang merujuk pada pengusaha wanita terpilih disematkan kepada Menteri Susi atas rekomendasi dari Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono. Beliau tidak terlahir dengan keadaan seperti saat ini, masa remaja Susi Pudjiastuti saat SMP melakukan bisnis pakaian dan bedcover sampai pada akhirnya beliau putus sekolah. Salah satu alasan yang membuat Susi Pudjiastuti menjadi seperti sekarang adalah karena beliau berani mengubah mindsetnya, beliau tidak takut akan gagal terus mencoba saat berkali-kali dagangannya ditolak, pinjaman pada bank tidak cair beliau terus mencoba. Beliau juga melihat keadaan perairan bangsa ini yang belum maksimal dikelola dan dari sini beliau pun dapat menciptakan lapangan kerja.
KESIMPULAN
Terbukti betapa hebatnya kekuatan mindset yang kita miliki, memang tidak mudah asalkan kita memang bersedia dan yakin insyaallah semua akan terjadi karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Jadi jangan pernah takut untuk change your mindset and do it to the fullest.

DAFTAR PUSTAKA
·         Rivayanto. 2018. “Mengubah Pola Pikir dan Motivasi Berprestasi” dalam https://www.slideshare.net/rivayanto/minggu-3-mengubah-pola-pikir-dan-motivasi-berprestasi ( 17 Maret 2019 )
·         Anonym. 2017. “kisah sukses Susi Pudjiastuti”  dalam https://www.finansialku.com/kisah-sukses-ibu-susi-pudjiastusi-pendiri-susi-air-dan-susi-brand/ (diakses 17 Maret 2019)
·         Sari, Fitriana Monica. 2018. “cerita Menteri Susi berhenti sekolah hingga sukses bangun bisnis” dalam https://www.liputan6.com/bisnis/read/3670632/cerita-menteri-susi-berhenti-sekolah-hingga-sukses-bangun-bisnis (diakses 17 Maret 2019)
·         Anonym. 2017. “merubah pola piker” dalam https://darunnajah.com/merubah-pola-pikir/ (diakses 17 Maret 2019)
·         Sudjono, Sukarto. “7 mindset sukses” dalam https://belajarbisnisinternet.com/7-mindset-yang-perlu-anda-miliki-untuk-sukses-di-apapun/ (diakses 17 Maret 2019)
·         Anonym. 2016. “pola pikir wirausaha” dalam https://ukm2016.wordpress.com/2016/09/07/pola-pikir-wirausaha/ (diakses 17 Maret 2019)
·         Anonym. 2017. “mindset” dalam https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/12/pengertian-mindset-jenis-komponen-proses-terjadinya.html (diakses 17 Maret 2019)

1 komentar:

  1. Nama: Anggi Yos Indra
    NIM: 41617110049

    Judul artikel sangat menarik, penjabaran dari beberapa point juga cukup baik dan mudah dimengerti. yang menarik adalah sample figur yang digunakan sangat relevan sebagai contoh pribadi yang sukses dalam merubah mindset.sangat inspiratif.

    BalasHapus