Kamis, Maret 21

Pola Pikir Seorang Pengusaha

Oleh : @M17-LUTHFIAH

Abstrak
    Menjadi seorang pengusaha memang seharusnya memiliki tujuan yang pasti dan jelas. Ambisi juga dibutuhkan seorang pengusaha agar tujuan awal yang diinginkan tidak mudah goyah dan memiliki keyakinan bahwa tujuannya akan tercapai. Tetapi, dengan semua ambisi dan tujuan yang ingin dicapai, seorang pengusaha juga harus mempunyai pola pikir yang berkualitas. Memiliki pola pikir yang berkualitas dapat membawa seorang pengusaha biasa menjadi pengusaha besar.
    Pola pikir manusia bisa diubah, dari negatif ke positif, dari pecundang ke pemenang, dari pekerja ke wirausaha. Pola pikir kita inilah yang dapat membawa kita meraih tujuan. Pola pikir seperti apa yang dibutuhkan seorang pengusaha? Bagaimana cara membuat pola pikir tersebut bekerja pada diri seorang pengusaha? pasti itulah pertanyaan-pertanyaan yang terlintas di pikiran kita. 


Kata Kunci : pola pikir, tujuan, ambisi

   Pola pikir adalah suatu cara pandang seseorang terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'. atau bisa juga diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang kita lihat dan kita alami. Ada beberapa hambatan yang mungkin dialami oleh seorang pengusaha saat akan membangun suatu usaha. Masalah paling utama yang dihadapi adalah MODAL, merasa dirinya tidak berbakat dalam membuat usaha, merasa dirinya terlalu tua untuk membuka usaha.

    Inilah beberapa pola pikir yang harus dimiliki seorang pengusaha :

1. Berani Gagal
    Hanya dengan memiliki keberanian untuk gagal, maka Anda berarti berani untuk sukses karena artinya kita berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru. Dan saat Anda berani untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda jadi punya peluang untuk sukses.
   Banyak orang yang sudah tahu bahwa apa yang dia lakukan selama bertahun-tahun tidak membawanya pada kesuksesan yang dia inginkan, tetapi karena takut gagal, tidak berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru dirinya tetap melakukan hal itu yang bida membuat dirinya dan usahanya kelak akan bangkrut.
     Jadi, beranilah mengalami kegagalan, beranilah untuk memulai sesuatu yang baru. Saat mengalami kegagalan, tidak masalah, kita bisa belajar dari hal itu dan mencoba kembali sesuatu yang baru. itulah yang dilakukan orang sukses.

2. Konsisten dan Sabar
     Membuka usaha memang tidak mudah, walaupun awalnya mungkin belum ada hasil, tapi tetap melakukan apa yang harusnya dilakukan. Disiplinkan diri untuk melakukan kegiatan yang harus dilakukan. Jika setiap hari perlu riset produk baru, maka risetlah. Jika setiap hari perlu menulis artikel, maka tulislah artikel setiap hari.
Be Consistent!
    Evaluasi hasil kerja, apa yang bisa diperbaiki. Ulangi dan lakukan lagi.
Be Patience!
    Orang yang gagal, hampir seluruhnya tidak konsisten dengan kerjanya dan tidak sabaran saat hasil yang diharapkan belum ada. /mereka tidak sadar, seberapa dekat mereka dengan kesuksesan, asal mau untuk konsisten dan sabar.

3. Komitmen
     Saat sudah memutuskan untuk melakukan sesuatu, ambilah komitmen untuk memastikan kita akan melakukan hal tersebut, tidak peduli apapun untuk mencapai hal yang diinginkan. Pola pikir orang sukses akan membuat bagaimana caranya agar melakukan apa yang harus dilakukan.

  etika adalah tatacara berhubungan dengan manusia lainnya, karena masing-masing masyarakat beragam adat dan budaya. etika dan norma yang harus ada di setiap pengusaha :
  • kejujuran
  • bertanggung jawab
  • menepati janji
  • disiplin
  • taat hukum
  • suka membantu
  • komitmen dan menghormati
  • mengejar prestasi
Daftar Pustaka

   

3 komentar:

  1. Nama : muhammad arifin
    Nim. : 41617110062
    Pola Pikir Seorang Pengusaha
    Dengan adanya pola pikir tujuan maka tercipta ambisi sebagai pengusaha sukses

    BalasHapus
  2. Nama : EZRA FEROZA DWI ANTONO
    NIM : 4161712059
    Pola Pikir Seorang Pengusaha adalah pola pikir yang membangun yang kemudian muncul suatu ide-ide baru. seorang pengusaha sukses berani mengambil pilihan dan juga resikonya sekaligus.Seorang pengusaha sukses tidak akan pernah cepat menyerah. Terlebih di dalam kondisi yang mana suhu persaingan usaha sedang memanas, makin banyak lagi kompetensi bisnis yang harus dikuasai.

    BalasHapus
  3. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    NIM : 44218110072

    artikel yang sangat bagus dan menarik. Pola pikir adalah suatu cara pandang seseorang terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'.

    BalasHapus