Kamis, Maret 28

Kreatif & Inovatif : KUNCI SUKSES WIRAUSAHA



Abstrak

Arti dari kata ‘kreatif’ sendiri adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain, atau menghubungkan hal-hal yang tadinya tidak berhubungan. Sedangkan arti dari kata ‘inovatif’ adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Hal-hal itulah yang sejatinya diperlukan para wirausahawan. Yang dimaksud dengan wirausahawan adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausahawan. Wirausahawan adalah pionir dalam bisnis, inovator, penanggung resiko yang mempunyai penglihatan visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam berprestasi di bidang usaha. Fungsi kreativitas dalam proses inovasi merupakan pembangkitan ide yang menghasilkan penyempurnaan efektivitas dan efisiensi pada suatu sistem.

Kata kunci : Kreatif, Inovatif, perubahan, sukses

Ada dua aspek penting pada kreatifitas yaitu proses dan manusia. Proses yang berorentasi tujuan, yang di desain untuk mencapai solusi suatu permasalahan. Sedangkan manusia merupakan sumber daya yang menentukan solusi. Proses tetap sama, namun pendekatan yang digunakan dapat bervariasi. Antara wirausahawan yang satu dan yang lainnya pastilah melakukan cara atau strategi yang berbeda-beda dalam membangun bisnisnya. Cara atau strategi inilah yang menentukan hasil akhir yang dihasilkan. Semakin kreatif orang tersebut menggunakan peluang yang ada, maka semakin baik pula hasil dari bisnis yang mereka jalankan.
Namun memang dalam berpikir kreatif tidaklah semudah yang dibayangkan. Bagi anak-anak mungkin kreatifitas masih sangat luas karena pemikiran mereka masih dibebaskan. Tetapi semakin bertambah dewasanya seseorang, kreatifitas seakan-akan telah dikotak-kotakkan dan hal ini menjadi hambatan untuk seseorang berpikir kreatif. Hambatan tersebut bisa berasal dari banyak hal dan faktor, seperti hambatan yang dibuat sendiri. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh pendidikan dan budaya, misalnya 1+1 = 2, apabila ada jawaban yang berbeda maka akan dianggap salah atau aneh.  Hambatan lainnya adalah tidak berusaha menentang kenyataan atau menerima apa adanya, misalnya orang tersebut terpaku dengan apa yang telah mereka alami selama ini, tidak mau keluar dari batasan-batasan yang ada sebelumnya, dan terpaku pada peraturan-peraturan yang telah membelenggu. Atau hambatan lainnya adalah hambatan yang paling sering ditemukan, yakni takut dianggap aneh atau bodoh. Orang tersebut menjadi tidak berani mengeluarkan  ide atau pendapat yang sebenarnya sudah dipikirkan dan ada dalam benak pikirannya, dan orang tersebut juga tidak percaya diri bahwa ide yang ada dalam pikirannya adalah ide yang sesungguhnya memang benar.
Hambatan-hambatan tersebut hendaknya diminimalisir atau justru dihilangkan karena dalam berwirausaha, kreatifitas sangatlah dibutuhkan dan jangan sampai hambatan menjadi permasalahan yang membuat ide kreatif kita tidak berkembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreatifitas wirausaha merupakan kemampuan seseorang untuk menuangkan ide dan gagasan melalui berfikir kreatif menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan.
Selain kreatif, hal lain yang diperlukan dalam berwirausaha adalah inovatif.  Dengan inovasi, wirausahawan menciptakan baik sumber daya produksi baru maupun pengelolahan sumber daya yang ada dengan peningkatan nilai potensi untuk menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
Cara mengembangkan inovasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama adalah wirausahawan tersebut harus mengenali hubungan. Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan baru dan berbeda antara objek, proses, bahan, teknologi dan orang. Untuk membantu kreatifitas, kita dapat melakukan cara pandang kita terhadap hubungan kita dengan lingkungan alam sekitar. Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru. Selain itu untuk dapat melakukan kreativitas agar dapat berimajinasi  yang inovatif gunakanlah otak bagian kanan, sedangkan otak bagian kiri digunakan untuk bekerja. Proses kreativitas yang inovatif meliputi pemikiran logis dan analitis terhadap pengetahuan, evaluasi dan tahap implementasi. Jadi bila kita ingin lebih kreatif, kita harus melatih dan mengembangkan kemampuan kedua otak kita tersebut. Dan yang terakhir, untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif dalam berwirausaha, maka kita harus selalu berfikir positif agar dapat menjadi orang yang sukses.
Semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini berpangkal pada upaya kreatif dan inovatif. Banyak restoran waralaba asing yang telah mengglobal dan berdiri sejak puluhan tahun yang lalu selalu menunjukkan karakter ini. Sepertinya begitu mudah dan sederhana. Tetapi banyak wirausaha yang abai ketika bisnis telah dirasakan mencapai tingkat kemapanan. Kreatifitas dan inovasi mungkin dapat dipandang sebagai upaya yang mengganggu keseimbangan yang telah tercipta.
Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar.
Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah. Contoh sederhana tadi terjadi dalam waktu yang tak terduga. Mengalir seperti air. Tetapi Zimmerer (2009) menegaskan bahwa kreatifitas dapat diajarkan dan kreatifitas individual dapat ditingkatkan. Caranya? Ia menguraikan 11 cara untuk meningkatkan kreatifitas individual yaitu:
1. Beri kesempatan diri Anda menjadi kreatif.
Berani untuk berpikir kreatif tanpa takut dibilang bodoh oleh orang lain. Ide-ide cemerlang biasanya lahir dari hal-hal yang mungkin dianggap bodoh dan tak berarti.
2. Beri pikiran Anda masukan segar setiap hari.
Agar kreatif, otak perlu distimulasi dengan hal-hal baru yang variatif. Mendengarkan radio dan berganti-ganti setiap hari, mendengarkan beraneka ragam jenis musik atau melakukan hal-hal lain yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.
3. Amati berbagai produk dan jasa perusahaan lainnya, terutama yang berada dalam pasar yang benar-benar berbeda. Tidak ada salahnya meminjam ide perusahaan lain, kemudian mengembangkan menjadi inovasi yang brilian.
4. Dengarkan orang lain.
Ide tidak selalu datang dari diri kita sendiri. Ide dapat datang dari orang lain atau bahkan kompetitor kita sendiri. Jadi selalu dengarkan orang lain karena mungkin ia akan menghadirkan ide cemerlang buat kita.
5. Dengarkan apa kata pelanggan.
Mendengarkan pelanggan wajib hukumnya. Mereka mengkonsumsi produk kita dan sekaligus menjadi sumber ide yang tiada habisnya.
contoh kasus, Orang bijak mengatakan agar kita selalu belajar dari kesalahan yang diperbuat. Orang kreatif mengatakan kita dapat memperoleh ide dari kesalahan yang kita buat. Kisah Charles Goodyear menunjukkan hal tersebut. Setelah bekerja selama lima tahun untuk memformulasikan kombinasi karet, belerang dan timah putih, pada malam yang dingin tahun 1839, tanpa sengaja Charles menumpahkan sedikit campuran tersebut pada kompor kerjanya. Campuran tersebut meleleh membentuk senyawa baru yang selama ini dicari-cari!
Daftar Pustaka 

29 komentar:

  1. nama : abdul hadi hadzami
    nim : 41318110064

    dalam artikel diatas sangatlah bagus, karena memotivasi agar menjadi wirausaha yang sukses dan motivasi ide ide yang dapat di perkembangkan

    BalasHapus
  2. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini sangat bermanfaat, karena dengan kita kreatif dan inovatif kita bisa memenangkan persaingan bisnis dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik

    BalasHapus
  3. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar dan baik.
    Dengan inovasi dan kreatif, wirausahawan dapat menciptakan baik sumber daya produksi baru maupun pengelolahan sumber daya yang ada dengan peningkatan nilai potensi untuk menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.

    BalasHapus
  4. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar.
    Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah.

    BalasHapus
  5. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Nama : Natan
    Nim :43117110110

    dalam artikel diatas sangatlah bagus, karena memotivasi agar menjadi wirausaha yang sukses dan motivasi ide ide yang dapat di perkembangkan

    BalasHapus
  6. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM :41617110108

    Artikel ini mengajarkan kita bahwa seorang pengusaha haruslah kreatif dan inovatif agar memiliki ide-ide yang baru untuk mengembangkan usahanya.

    BalasHapus
  7. Nama : IRWAN SUSANTO
    NIM : 41617110044

    Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar.
    Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah.

    BalasHapus
  8. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119

    artikel diatas cukup bagus karena bahasanya mudah dimengerti dan dipahami untuk para pemula usaha agar dapat memunculkan ide - ide / inovasi tentang bisnis.

    BalasHapus
  9. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat. Saya sangat suka sekali dengan contoh yang diberikan oleh penulis, sangat menginspirasi! Terkadang kreatifitas dan inovasi datang dari hal yang tidak terduga, tapi bukan berarti kita menununggu terdiam sampai kreatifitas dan inovasi, kita harus tetap bersemangat untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif.

    BalasHapus
  10. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat, topik yang di bahas membuat wirausaha untuk memunculkan ide-idenya, yang inovasi dan kreatif dalam bisnis, agar bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  11. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nimm : 41617110087

    Artikel yang bagus, tetapi perlu di katahui tanpa "niat" sebuah inovasi dan kreatifitas tidak akan terbentuk.

    BalasHapus
  12. NAMA :NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    Di artikel ini dijelaskan bahwa kunci sukses seorang uwirausaha adalah kreatif dan inovatif. Semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini berpangkal pada upaya kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  13. NAMA : RIKI SAEFULLOH
    NIM : 41617110029
    arTIKEL yang sangat mengispirasi dimana seorang entrepreneur bisa meraih kesuksesan degan berfikir kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  14. NAMA:ANENAYA NURUL AFIFAH
    NIM:43218110265

    Artikel ini sangat bermanfaat. Artikel ini memberikan kita pengetahuan bahwa sebuah hambatan dalam berwirausaha jangan di anggap sebagai masalah karena itu semua akan membuat ide kreatif kita tidak berkembang.

    BalasHapus
  15. NAMA : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikel ini cukup bagus , Selain kreatif, hal lain yang diperlukan dalam berwirausaha adalah inovatif. Dengan inovasi, wirausahawan menciptakan baik sumber daya produksi baru.

    BalasHapus
  16. Nama: Muhammad Refiansyah
    Nim: 41617110113

    Artikelnya mudah di pahami sehingga membuat fikiran saya lebih luas untuk lebih kreatif dan inovatif

    BalasHapus
  17. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43110110141

    Artikel yang bagus, kreatifitas wirausaha merupakan kemampuan seseorang untuk menuangkan ide dan gagasan melalui berfikir kreatif menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan.

    BalasHapus
  18. Nama : Feralvin Satria L.H
    Nim : 41617110045

    Artikel diatas cukup bagus karena bahasanya mudah dimengerti dan dipahami.

    BalasHapus
  19. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar. Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah.

    BalasHapus
  20. Nama : septy luthfiani
    NIM : 43117110280

    Artikel diatas sangat bermanfaat untuk para pemula wirausaha. Orang bijak mengatakan agar kita selalu belajar dari kesalahan yang diperbuat. Orang kreatif mengatakan kita dapat memperoleh ide dari kesalahan yang kita buat.

    BalasHapus
  21. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 41416120114

    betul sekali kreatif dan inovatif adalah kunci sukses dalam berwirausaha . tetapi seorang wirausaha harus cepat dan tepat dalam mengambil keputusan dan mengerti dimana letaknya peluang unuk mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
  22. Nama : Dinda Juliskha Ynati
    Nim ; 43218110220

    Artikel ini sangat benar dan baik.
    Dengan inovasi dan kreatif, wirausahawan dapat menciptakan baik sumber daya produksi baru maupun pengelolahan sumber daya yang ada dengan peningkatan nilai potensi untuk menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.

    Terimakasih

    BalasHapus
  23. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    artikel yang bagus, untuk mengimbangi antara berfikir kreatif dan selalu berinovasi dalam menjalankan usaha bagi para wirausahawan yang baru memulai bisnisnya ataupun yang terus mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
  24. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

    BalasHapus
  25. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar. Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah.

    BalasHapus
  26. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel bagus, Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar.

    BalasHapus
  27. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    NIM : 41117110111

    Artikel yang bagus, kengembangkanlah ilmu yang kita miliki untuk memunculkan ide kreatifit dan inovatif sehingga dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

    BalasHapus
  28. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059
    Sangat setuju pada artikel ini kunci sukses beriwirausaha adalah kreatif dan inovasi. tanpa tidak adanya kretaif maka usaha yang dijalan begitu-begitu saja

    BalasHapus
  29. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Saya sangat setuju dengan artikel tersebut, karena dalam mencapai wirausaha yang sukses kita harus bisa memiliki ide yang kreatif dan inovatif, dengan adanya ide tersebut kita bersaing dalam dunia wirausaha.

    BalasHapus