Kamis, Maret 28

BERILMU LUAS DENGAN “KREATIF DAN INOVATIF”


Pengertian kreatif menurut para ahli menurut Anderos : 1961, Kreatif memiliki arti sebagai suatu proses pemikiran yang berguna dalam membantu memutuskan berbagai ide atau gagasan baru yang mana adalah dalam hal ini merupakan salah satu sifat manusia yang terbentuk dari proses pengalaman yang menjadikan setiap orang tersebut dapat terus melakukan perbaikan dan mengembangkan dirinya.
Sedangkan inovatif itu sendiri secara umum memiliki makna yaitu mencurahkan segala kemampuan diri dalam berfikir untuk menciptakan sesuatu yang baru bagi diri kita maupun masyarakat dan lingkungan sekitar kita.
Untuk menjadi orang sukses berilmu saja tidaklah cukup apalagi ilmu yang dimiliki tidak dikembangkan dengan adanya suatu kreasi dan inovasi. Banyak orang yang gagal berkembang dengan usahanya karena kurangnya kreasi dan inovasi, maka sangat penting memperluas kreasi dan inovasi agar usaha yang sedang dijalankan ataupun yang sedang direncanakan tidak kalah menarik dengan pengusaha lain. Dan beberapa cara ini mungkin mampu membantu mengeluarkan kreativitas anda.

Cara untuk Mengeluarkan Kreativitas Anda

1.      Memulai Hari dengan Menulis Bebas

2.      Mengambil Kursus Kreatif

3.      Brainstroming Ketika Anda Berolahraga

4.      Bepergian ke Tempat Lain

5.      Ikut Bergabung dalam Ruang Kerja Sama

Berproses menjadi pemikir yang selalu berinovasi dan berkreasi memang tidaklah mudah, namun untuk yang  bisa membaca peluang menciptakan suatu kreasi dan inovasi pasti akan dianggap mudah, karena ketika sudah membaca peluang inovasi dan kreasi akan muncul dengan sendirinya sesuai kebutuhan pasar saat ini dan tetap (perhatikan perkembangan zaman ). Kebanyakan orang merasa sudah nyaman jika usaha yang dilakukan berjalan dengan baik, namun akan menjadi panik apabila usaha yang dijalankan mulai buruk akibat perkembangan zaman.
Nokia, salah satu raja pembuat ponsel sebelum ini tidak menyangka mereka akan lumpuh dalam waktu yang sangat singkat. Namun apa yang menyebabkan Nokia lumpuh dengan begitu parah sekali?
Mereka memang tidak membuat kesalahan. Tapi kekeliruan mereka adalah terlalu nyaman sehingga lupa untuk berubah seiring dengan tren masa kini. Akibatnya, perusahaan mereka dipangkas oleh pesaing dengan begitu cepat sekali. Nokia? dan apakah anda pikir mereka sudah almarhum? Think again! jangan salah nokia berhasil bangkit dari keterpurukan karena nokia sendiri  berusaha mencurahkan segala kemampuan diri dalam berfikir untuk menciptakan sesuatu yang baru sesuai perubahan zaman dan apa yang dibutuhkan pada masa sekarang. Pada saat bisnis handphone mereka turun drastis, mereka jual bisnis itu ke Microsoft, dan mereka fokus ke network infrastructure ( BTS ). Sekarang nokia network infrastructure berjaya, menjadi one of market leader, bahkan membeli Motorola, siemens, alcatel, dan lucent. . Inilah yang menjadi bahaya bagi pengusaha yang hanya diam dan sudah merasa nyaman namun tidak memikirkan kedepannya apakah ada perubahan zaman yang dapat mempengaruhi usahanya.
Ada dua aspek penting pada kreatifitas yaitu proses dan manusia. Proses yang berorentasi tujuan, yang di desain untuk mencapai solusi suatu permasalahan. Sedangkan manusia merupakan sumber daya yang menentukan solusi. Proses tetap sama, namun pendekatan yang digunakan dapat bervariasi. Antara wirausahawan yang satu dan yang lainnya pastilah melakukan cara atau strategi yang berbeda-beda dalam membangun bisnisnya. Cara atau strategi inilah yang menentukan hasil akhir yang dihasilkan. Semakin kreatif orang tersebut menggunakan peluang yang ada, maka semakin baik pula hasil dari bisnis yang mereka jalankan. Jadi coba kembangkan setiap usaha dengan berpikir untuk bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dengan berinovasi dan berkreasi serta mampu melihat peluang yang ada.


Daftar pustaka ;





28 komentar:

  1. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Berproses menjadi pemikir yang selalu berinovasi dan berkreasi memang tidaklah mudah, namun untuk yang bisa membaca peluang menciptakan suatu kreasi dan inovasi pasti akan dianggap mudah

    BalasHapus
  2. Nama : Natan
    NIM : 43117110110

    Artikel diatas sangatlah membantu .
    Seseorang yang memiliki usaha harus lah memiliki ilmu yg sangat luas, kita bahkan selalu berlatih utk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha kita.

    BalasHapus
  3. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Artikel ini mengajarkan bahwa, ilmu yang tinggi itu perlu di kembangkan dengan kreatif dan inovasi untuk mengebangkan usaha.

    BalasHapus
  4. Nama : IRWAN SUSANTO
    NIM : 41617110044

    Artikel ini mengajarkan bahwa, ilmu yang tinggi itu perlu di kembangkan dengan kreatif dan inovasi untuk mengebangkan usaha.

    BalasHapus
  5. Nama : Nurring Tyas
    Nim : 41617110119

    dengan artikel ini para pemula wirausaha dapat menambah wawasannya, dimana artikel ini membahas tentang cara untuk mengeluarkan kreativitas

    BalasHapus
  6. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat. Tentu saja untuk menjadi orang sukses berilmu saja tidaklah cukup, dibutuhkan kreasi dan inovasi. Dan ada beberapa cara yang disampaikan penulis sampaikan yaitu memulai hari dengan menulis bebas; mengambil kursus kreatif; brainstorming ketika berolahraga; berperhian ke tempat lain; dan ikut bergabung dalam ruang kerja sama.

    BalasHapus
  7. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    artikel ini memberitahukan kepada wirausaha untuk dapat menambah wawasannya, dimana artikel ini membahas tentang cara untuk mengeluarkan kreativitas karena berilmu saja tidak cukup dan di butuhkan kretifitas dan inovasi dalam berwirausaha

    BalasHapus
  8. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    tepat sekkali, bahwa kreatif memiliki arti sebagai suatu proses pemikiran yang berguna dalam membantu memutuskan berbagai ide atau gagasan baru yang mana adalah dalam hal ini merupakan salah satu sifat manusia yang terbentuk dari proses pengalaman yang menjadikan setiap orang tersebut dapat terus melakukan perbaikan dan mengembangkan dirinya.

    BalasHapus
  9. NAMA : NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    artikel yang menarik dan sangat bermanfaat bagi semua kalangan dan saya setuju di kalimat bahwa Ada dua aspek penting pada kreatifitas yaitu proses dan manusia. Proses yang berorentasi tujuan, yang di desain untuk mencapai solusi suatu permasalahan. Sedangkan manusia merupakan sumber daya yang menentukan solusi.

    BalasHapus
  10. NAMA :RIKI SAEFULLOH
    NIM :41617110029
    Kreatifitas sangat penting di miliki khususnya bagi pengusaha dimana ide-ide yang inovatif muncul yang akan bermanfaat bagi pribadi dan orang banyak.

    BalasHapus
  11. NAMA:ANENAYA NURUL AFIFAH
    NIM:43218110265

    Artikel ini memberikan kita pengetahuan bahwa untuk menjadi orang sukses berilmu saja tidaklah cukup apalagi ilmu yang dimiliki tidak dikembangkan dengan adanya suatu kreasi dan inovasi.

    BalasHapus
  12. NAMA : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikel yang bagus, kengembangkanlah ilmu yang kita miliki untuk memunculkan ide kreatifit dan inovatif sehingga dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

    BalasHapus
  13. Nama:Rosliana jhon febri s
    NIM: 43110110141

    Artikel yang nermanfaat, Untuk menjadi orang sukses berilmu saja tidaklah cukup apalagi ilmu yang dimiliki tidak dikembangkan dengan adanya suatu kreasi dan inovasi. Banyak orang yang gagal berkembang dengan usahanya karena kurangnya kreasi dan inovasi, maka sangat penting memperluas kreasi dan inovasi agar usaha yang sedang dijalankan ataupun yang sedang direncanakan tidak kalah menarik dengan pengusaha lain.

    BalasHapus
  14. NAMA : YORGI GANDA

    NIM : 41916120058

    kesimpulan pada artikeldiatas adalah dimana kiita harus melihat keluar sana dan tangkapide ide dariluar sehingga kita dapat memecahkan masalah yang kita hadapi saat berusaha,dan menghasilkan suatu produk yang tepat.

    BalasHapus
  15. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Berwawasan luas saja memang tidak cukup tanpa dibarengi dengan kreatifitas dna inovatif, ada pepatah yang pernah berkata bahwa orang pintar akan kalah dengan orang kreatif dan orang kreatif akan kalah dengan orang beruntung. Maka ketika kepandaian ilmu kita hanya sampai situ saja tanpa sebuah kreatif dan inovatif maka belum cukup untuk melangkah kepada sesuatu yang kita capai.

    BalasHapus
  16. Nama : Feralvin Satria L.H
    Nim : 41617110045

    Dengan artikel ini para pemula wirausaha dapat menambah wawasannya, dimana artikel ini membahas tentang cara untuk mengeluarkan kreativitas

    BalasHapus
  17. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Artikel ini mengajarkan bahwa, ilmu yang tinggi itu perlu di kembangkan dengan kreatif dan inovasi untuk mengebangkan usaha.

    BalasHapus
  18. Nama : septy luthfiani
    NIM : 43117110280

    Artikel diatas mengatakan bahwa Untuk menjadi orang sukses berilmu saja tidaklah cukup apalagi ilmu yang dimiliki tidak dikembangkan dengan adanya suatu kreasi dan inovasi. Jadi menjadi pengusaha tidak melulu harus pintar dan lulusan sarjana, yang terpenting adalah kemauan dan kerja keras.

    BalasHapus
  19. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114
    apa yang dikatakan dalam artikel ini sangatlah benar. Berlimu saja tidaklah cukup jika tidak di kembangkan menjadi kreatifitas. Kreatifitasa dalam berwirausaha sangatlah penting karna berwirausaha butuh inovasi-inovasi baru dan awal dari inovasi adalah sebuah kreatifitas.

    BalasHapus
  20. nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim ; 43218110220

    Menurut Saya , artikel ini memberitahukan kepada wirausaha untuk dapat menambah wawasannya, dimana artikel ini membahas tentang cara untuk mengeluarkan kreativitas karena berilmu saja tidak cukup dan di butuhkan kretifitas dan inovasi dalam berwirausaha

    Terimakasih

    BalasHapus
  21. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Artikel yang sangat bagus, dengan kalimat penyemangat seperti ini "Jadi coba kembangkan setiap usaha dengan berpikir untuk bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dengan berinovasi dan berkreasi serta mampu melihat peluang yang ada"

    BalasHapus
  22. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dalam artikel ini saya sangat setuju tentang Cara untuk Mengeluarkan Kreativitas diantaranya :

    1.      Memulai Hari dengan Menulis Bebas

    2.      Mengambil Kursus Kreatif

    3.      Brainstroming Ketika Berolahraga

    4.      Bepergian ke Tempat Lain

    5.      Ikut Bergabung dalam Ruang Kerja Sama

    Saya pernah membacanya dan itu sudah sangat membantu saya.

    BalasHapus
  23. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Berwawasan luas saja memang tidak cukup tanpa dibarengi dengan kreatifitas dna inovatif, ada pepatah yang pernah berkata bahwa orang pintar akan kalah dengan orang kreatif dan orang kreatif akan kalah dengan orang beruntung. Maka ketika kepandaian ilmu kita hanya sampai situ saja tanpa sebuah kreatif dan inovatif maka belum cukup untuk melangkah kepada sesuatu yang kita capai.

    BalasHapus
  24. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang sangat bagus, mengajak kita untuk mencoba mengembangkan setiap usaha dengan berpikir untuk bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dengan berinovasi dan berkreasi serta mampu melihat peluang yang ada.

    BalasHapus
  25. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    NIM : 41117110111

    Artikel ini memberikan kita pengetahuan bahwa untuk menjadi orang sukses berilmu saja tidaklah cukup apalagi ilmu yang dimiliki tidak dikembangkan dengan adanya suatu kreasi dan inovasi.

    BalasHapus
  26. Nama: Saripudin
    Nim : 41617110111

    Artikel bagus,
    memberi tahu cara untuk mengeluarkan kreatifitas , cocok untuk pemula,

    BalasHapus
  27. Terimaksih untuk semua komentar, semoga artikel ini dapat membantu dan memotivasi teman-teman semua

    BalasHapus
  28. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Menurut saya, artikel tersebut sangat bagus dan bisa memotifasi untuk diri saya sendiri, dengan masih harus belajar cara mengembangkan kreatif dan inovatif.

    BalasHapus