Kamis, Maret 28


Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha

Menurut Griffin dan ebert (1996)
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.
      Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba.

         Menurut Zimmerer dkk (2009) 
            kreatifitas adalah kemampuan untuk megembangkan ide ide yang baru dan untuk menemukan cara baru dalam melihat masalah dan peluang. inovasi adalah kemampuan untuk              menenerapkan solusi kreatif  masalah dalam peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Jadi kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif adalah mengembangkan ide baru menjadi produk yang berguna untuk kehidupan orang-orang.
      Fungsi kreativitas dalam proses inovasi merupakan pembangkitan ide yang menghasilkan penyempurnaan efektivitas dan efisiensi pada suatu sistem. Namun memang dalam berpikir kreatif tidaklah semudah yang dibayangkan. Bagi anak-anak mungkin kreatifitas masih sangat luas karena pemikiran mereka masih dibebaskan. Tetapi semakin bertambah dewasanya seseorang, kreatifitas seakan-akan telah dikotak-kotakkan dan hal ini menjadi hambatan untuk seseorang berpikir kreatif. Adapun hambatan – hambatan untuk menjadi seseorang yang kreatif dan inovasi yaitu : yang pertama, tidak memiliki arah tujuan yang jelas sehingga kita sebagai pengusaha tidak memiliki target serta tujuan, yang kedua takut akan kegagalan dimana seseorang itu akan berfikir bahwa apa yang dia kerjakan akan membuat kesalahan atau gagal dan dapat merugikan diri sendiri, yang ketiga adalah takut dikritik orang lain. Seharusnya hambatan – hambatan tersebutlah harus diminimalisir karena dalam berwirausaha  kreatifitas sangatlah dibutuhkan dan jangan sampai hambatan menjadi permasalahan yang membuat ide kreatif kita tidak berkembang. Untuk menghilangkan hambatan – hambatan tersebut kita perlu meningkatkan kemampuan berfikir kita sebagai berikut :
1.      Mencoba hal – hal baru
Agar menambah satu pengalaman baru. Di mana kita menambah wawasan, menikmati pemandangan berbeda, tempat, waktu, situasi, dan perasaan baru.
“If you want something you’ve never had, you must be willing to do something you’ve never done.” – Thomas Jefferson
2.      Bertukar fikiran dengan orang lain
Bertukar pikiran dengan orang yang berbeda pandangan berarti mendengar dan menyimak pikiran orang lain tanpa harus mengorbankan akidah dan pendirian. Sehingga kita dapat mempunyai kemampuan menjadi pembicara yang baik harus seimbang dengan kemampuan sebagai pendengar yang baik.
3.      Mengamati lingkungan disekitar
Salah satu cara untuk menjadi seseorang yang peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
4.      Membuat sketsa atau menulis ide - ide
Salah satu hal yang terpenting, tanpa ide yang matang di tahap awal maka akan hilang esensinya.  “Tanpa ide yang komprehensif, kita tidak akan bisa maju ke tahap kreatif berikutnya,” kata Kemas.

Ciri – ciri berfikir kreatif :
1.      Mencetuskan banyak gagasan
2.      Memberikan banyak cara atau saran untuk melakukan berbagai hal
3.      Bekerja lebih cepatDapat dengan cepat
4.      melihat kesalahan atau kekurangan pada suatu objek atau situasi

Kisah sukses Nanida Jenahara Nasution (Hijab Designer, pendiri Hijabers Community).
Beberapa tahun teakhir, jilbab atau hijab menjadi sesuatu yang kembali ngetren di Indonesia. Semakin populernya hijab di industri fashion Indonesia salah satunya di pelopori oleh hijab designer Nanida Jenahara Nasution bersama komunitas Hijabers Community.
Jehan, panggilan akrabnya, mendirikan Hijabers Community (HC) pada 27 November 2010 yang memiliki berbagai kegiatan bagi muslimah dari pengajian, sharing, kegiatan sosial hingga hijab style. Jehan mewarisi darah desain pakaian dari bundanya, Ida Royani, yang juga merupakan artis terkenal. Sejak kecil, Jehan dikenalkan dengan berbagai jenis bahan kain, model pakaian dan diajak ke penjahit oleh bundanya. Lulus SMA, Jehan memulai cita citanya dengan mengambil kursus di Patter Design Esmond, lalu belajar di Susan BudiharjoFashion Design School. Awalnya Jehan ragu untuk memfokuskan diri pada desain pakaian muslimah apalagi untuk anak muda, karena saat itu, jilbab identik dengan ibu ibu. Seiring berjalannya waktu, Jehan pun mantap terjun ke fashion muslimah dengan gaya yang unik bagi muslimah muda.
Karya karya Jehan ditampilkan dan dijual di blognya jenahara-shop.blogspot.com dan jenahara.com, sehingga pasarnya sangat luas dari seluruh Indonesia. Kini Jehan memiliki berbagai butik di Jakarta, Cirebon, Surabaya, Samarinda, Padang, Makassar, bahkan sampai Malaysia dan Singapura. Tidak hanya di tanah air, karya kaya Jehan diapresiasi di Hongkong Fashion Week 2012, menjadi satu satunya busana muslimah yang ditampilkan di sana. Fashion muslimah tanah ai kini dikenal internasional, membawa wajah Islam yang semakin dapat diterima masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

3 komentar:

  1. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat. Memang benar, awal ingin mengembangkan bisnis yang inovatif pasti akan merasa ragu, namun dengan contoh yang diberikan penulis memberikan motivasi kita harus coba dulu, baru tau hasilnya.

    BalasHapus
  2. Nama: Muhammad Refiansyah
    Nim: 41617110113

    Artikel yang sangat mengembangkan cara berfikir saya tentang kreativitas dan berinovasi, artikel yang sangat bagus

    BalasHapus
  3. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Saya sangat setuju dengan artikel tersebut, karena dalam berwirausaha kita harus memiliki kreatifitas dan inovasi dalam membangun wirausaha, apabila kita tidak memiliki kreatifitas dan inovasi, wirausaha kita tidak akan berjalan lancar.

    BalasHapus