Jumat, Maret 22

KEKUATAN PIKIRAN DAN PERUBAHAN BESAR DALAM HIDUP

Pola Pikir, disini saya akan menjelaskan secara detail apa itu pola pikir dalam kehidupan sehari hari, Pola pikir kata lain yaitu ‘Mindset’ adalah cara orang untuk berfikir/memandang terhadap sesuatu yang tertangkap dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan ‘nasib’.
Pola pikir disini mempunyai beberapa bagian yang terdiri dari 3 bagian yakni :
1. Produktif
            Adalah ; sesuatu hal yang bisa menghasilkan atau mendatangkan keuntungan secara besar atau banyak. Contohnya : nilai barang yang semakin meningkat serta pertumbuhan yang cenderung naik dalam jangka panjang. 
            2. Kreatif
            Yakni ; memliki daya cipta, mempunyai kemampuan untuk menciptakan atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Contohnya : sesuatu barang yang relatif tidak dapat dipergunakan atau tidak dapat bisa dipakai lagi dapat membuat atau mengelola dalam suatu kerajinan yang dapat dinikmati dan dapat dipergunakan di lingkungan kita.
            3. Inovatif
            Yakni ; menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Contohnya : penemuan penemuan suatu hasil karya yang awalnya tidak ada semakin ada dan bermanfaat bagi globalisasi atau bagi konsumen. Misalkan produk handphone, cosmetik, fashion, dsb.
                Jadi, beberapa penjelasann tersebut dapat kita ketahui yakni sesuatu usaha dapat kita jalankan dengan usaha serta pola pikir yang lebih efektif dalam menjalankan kewirausahaan yang dapat bermanfaat atau yang dapat menciptaka sesuatu hal penemuan yang dapat mengunntungkan bagi para pelaku pelaku yang terlibat untuk mewujudkan hal hal yang baru.
Dan disini mungkin ada beberapa hambatan yang mungkin lebih relatf dalam menjalan suatu yang mungkin saja dialami oleh semua orang dalam berwirausaha. Misalnya : terhadap MODAL, atau beberapa proses yang mungkin lebih cenderung memerlukan waktu yang cukup lama atau usaha yang begitu lama, merasanya dirinya kurang mampu dalam berbagai bidang  atau kurang berbakat dalam mengambil suatu usaha. Mungkin ada beberapa hal hal yang dapat diatasi atau dilakukan dalam memulai suatu usaha yakni :
1. Motivasi yang kuat.
2. Mindset yang tepat (produktif, kreatif, inovatif)
3.  Lakukan saja (just do it).
Memiliki pola pikir yang berkualitas dapat membawa kita menjadi pengusaha besar. Ini berlaku tidak hanya dalam berbisnis dan dapat kita jalanin dalam kehidupan kita sehari hari baik dilingkungan sekitar maupun dalam berkomunikasi yang baik.
Ada beberapa yang mungkin dapat kita lakukan yakni :
1. Percaya bahwa semuanya mungkin.
Pertama dan pelajaran yang paing terpenting menjadi orang yang dapat berguna untuk menjalankan suatu kepimpinan atau usaha yang dapat kita kembangkan.
2.  Luangkan waktu untuk mengapresiasikan prestasi kecil.
Mugkin kita sering gagal dalam menjalankan hal hal yang dapat berpegaruh bagi kehidupan kita pribadi maka tampak kelihatan apapun manfaat dari hasil kerja keras tersebut. Maka dari hal hal terkecil lah yang harus kita perhatikan dan jangan mengangap remeh terhadap pencapaian serta berkomunikasi yang lebih relatif.
3. Jangan melakukan sendiri.
Disini kita pasti banyak berpikir tetapi tidak semuanya dapat kita lakukan, sebab kita masih membutuhkan kerja sama yang lebih meningkat dalam menjalankan opini serta gagasan yang dapat berpacu dalam kemandirian dan meningkatkan kualitas yang bermanfaat.
4. Fokus dengan apa yang harus dikerjakan.
Disini pemikiran kita dilatih lebih menjadi seseorang yang perfeksionis atau kata lain kunci untuk pencapaian. Dan menargetkan sesuatu dengan usaha apa yang harus kita idekan da dapat berfokus terhadap peningkatan kreativitas hidup.
Didalam menjalankan suatu usaha pasti adanya Motivasi yang dapat membangun hal hal positif serta peran yang lebih penting. Apasih Motivasi, disini bahwa motivasi yang dimaksud adalah kemauan untuk berbuat sesuatu, sedangkan motif adalah kebutuhan, dan keinginan serta dorongan untuk maju.
Prinsip motivasi yakni prinsip yang dapat meningkatkan atau dapat dikembangkan dalam membangkitkan minat berkomunikasi dengan seseorang, masyarakat serta kelompok.
Adapun faktor faktor yang dapat mempengaruhi motivasi dalam usaha yakni :
1. Kondisi lingkungan seperti sistem hukum.
2. Industri.
3. Pasar Modal
4. Kondisi ekonomi nasional mempengaruhi usaha
Tetapi alangkah baiknya jika kita dapat meningkatkan motivasi didalam diri sendiri, dan hal itu dapat kita jalankan sangat tepat untuk melakukan pembelajaran/mentor terhadap orang lainyang ingin menggali dan ngin menyadari hal potensial apa yang mereka dapatkan dan dapat dikembangkan.
“Kalau anda tidak punya "Iman" atau keyakinan, anda tidak bisa sukses.

Enterpreneur bukan dari turunan tapi dari disiplin yang bisa dipelajari.


Seorang enterpreneur bisa mengubah kotoran dan sampah menjadi emas.


Anda pasti bisa menjadi world class enterpreneur kalau rajin mengikuti pelatihan. 

Jadilah world class enterpreneur by design dan by training.”


Daftar Pustaka




14 komentar:

  1. Nama : Siti Salmah

    Nim : 43117110046

    Dengan membaca artikel ini kita jadi semakin bisa lebih menjadi seseorang yang perfeksionis. Dan menargetkan sesuatu dengan usaha apa yang harus kita idekan dan dapat berfokus terhadap peningkatan kreativitas hidup.

    BalasHapus
  2. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang sangat menarik, sesuatu usaha dapat kita jalankan dengan usaha serta pola pikir yang lebih efektif dalam menjalankan kewirausahaan yang dapat bermanfaat atau yang dapat menciptaka sesuatu hal penemuan yang dapat mengunntungkan bagi para pelaku pelaku yang terlibat untuk mewujudkan hal hal yang baru.

    BalasHapus
  3. nama: yorgi ganda
    nim :41916120058
    artikel yang cukup baik untuk mengubah pola pikir , dimana kita bisa menentukan atau menghasilkan nasib untuk kedepannya , sebagai pengusaha.

    BalasHapus
  4. Nama: Hana Kartika
    Nim : 42317110015
    Setelah membaca artikel ini kita dapat jadikan pelajaran dalam memulai sesuatu kewirausahaan untuk sedikit mencegah hasil akhir yang terkadang tidak sesuai dengan baik

    BalasHapus
  5. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Saya dangat setuju dengan artikel ini, dengan memiliki pola pikir yang efektif dalam menjalankan kewirausahaan kita dapat menciptakaan usaha yang bermanfaat.

    BalasHapus
  6. Nama:Anggi Yos Indra
    NIM:41617110049

    Sedikit mengutip dari artikel diatas, beberapa point yang perlu kita perhatikan juga sebagai faktor eksternal.
    Adapun faktor faktor yang dapat mempengaruhi motivasi dalam usaha yakni :
    1. Kondisi lingkungan seperti sistem hukum.
    2. Industri.
    3. Pasar Modal
    4. Kondisi ekonomi nasional mempengaruhi usaha
    selain motivasi internal harus kuat dan mindset yang proakrif,kreatif dan inovatif, 4 point diatas perlu kita garis bawahi juga.

    BalasHapus
  7. Nama: Mahfudin
    Nim: 41617110014
    Kreatif dan inovatif adalah bagian penting dalam berwirausaha, dimana hal tersebut bisa menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan usaha

    BalasHapus
  8. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Menurut saya, isi artikel sudah cukup jelas, bagaimana maksud pola pikir dalam kehidupan sehari hari, cara orang untuk berfikir/memandang terhadap sesuatu yang tertangkap dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan ‘nasib’.

    BalasHapus
  9. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel yang bagus untuk meningkatkan motivasi didalam diri,untuk menggali dan menyadari potensial apa yang kita dapatkan dan dapat dikembangkan dalam menjalankan usaha

    BalasHapus
  10. Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104

    Mungkin kreatif dan produktif harus ada di dalam diri kita sebagai pengusaha muda,karna di usia kita yg sekarang kesempatan kita untuk lebih produktif..dan berfikir kreatif

    BalasHapus
  11. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Artikel yang menarik & lengkap untuk menjadi motivasi, karena seorang owner harus memiliki pola pikir yang berkualitas dapat membawa kita menjadi pengusaha besar.

    BalasHapus
  12. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Untuk memiliki perubahan besar dalam hidup pastilah ada hambatan seperti modal, dan proses yang panjang. Namun kita harus memiliki pola pikir yang membuat kita tetap semangat untuk menjalaninya seperti kita harus percaya bahwa itu akan berhasil dan fokuslah pada apa yang harus dikerjakan.

    BalasHapus
  13. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Artikel yang sangat bagus.terkadang apa yang sudah kita lakukan atau cita - citakan dalam berwirausaha tak sesuai apa yang di harapkan.makanya penting sekali kita harus memahami artikel ini.

    BalasHapus
  14. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Artikel yang sangat menarik, sesuatu usaha dapat kita jalankan dengan usaha serta pola pikir yang lebih efektif dalam menjalankan kewirausahaan yang dapat bermanfaat atau yang dapat menciptaka sesuatu hal penemuan yang dapat mengunntungkan bagi para pelaku pelaku yang terlibat untuk mewujudkan hal hal yang baru.

    Terimakasih

    BalasHapus