Rabu, Maret 27

Studi Kasus : Strategi Penemuan Ide Baru




Simak tayangan yang bersumber dari YouTube tersebut. Berikan komentar secara langsung pada pada kolom komentar yang tersedia pada web-blog ini (bagian bawah). Pada bagian atas kolom komentar, cantumkan nama dan NIM Anda. Repost komentar Anda di web E-learning Kewirausahaan Anda .

77 komentar:

  1. Nama : Saskia Rizqi F
    NIM : 431611071

    Luar biasa kagum dengan kisah penemuan minuman kesehatan pocari sweat...

    dari awal tahun 1973 dicetuskan pertama oleh Penanggung jawab Mr Rokuro Harima mengajukan uji coba minuman kesehatan kepada Presdir Otsuka Pharmaceutical namun ditolak.

    Tahun 1976 muncul trend olahraga jogging dan penjualan alat jogging meningkat drastis sehingga Presdir setuju dengan ide utk mengeluarkan minuman kesehatan yg diajukan oleh Mr Rokuro Harima (penanggung jawab minuman dlm perusahan.



    Bahwa penemuan ide tidaklah mudah, tetapi melalui berbagai tahap, penemuan harus didasari dari keinginan dan tekad yang kuat, dan didasari atas manfaat besar dari produk yang akan dikeluarkan bagi orang yang akan mengkonsumsinya, dengan cara melakukan analisa produk, lalu membuat uji coba.Bahkan seorang peneliti Pocari sweat melakukan ujicoba hinga mengeluarkan 1000 jenis minuman.

    Setelah siap dipasarkan reaksi konsumen sangat buruk,Produk Pocari Sweat banyak ditolak oleh khalayak, mulai dari Presdir, para direksi lainnya, dan banyak ditolak oleh setiap toko pengecer.

    Sebab itu presdir menginstrukin agar pocari sweat dibagikan secara massive tak terbatas juga sambil menjelaskan pocari secara detail hingga kerugian mencapai angka 400 milliar.

    Semangat pantang menyerah dari seorang presdir dan seluruh Marketing Pocari sweat membuahkan hasil yang luar biasa menguntungkan dan Pocarisweat menjadi produk yang bermanfaat sampai di masa depan.

    Jadi dalam menemukan ide baru perlu proses panjang, perlu kesabaran, perlu penelitian, perlu analisa, perlu ujicoba, perlu adanya penemuan manfaat untuk jangka panjangnya, dan yang paling penting perlu adanya pengorbanan.

    Sekian

    BalasHapus
  2. Nama : Ilham Rahmaditia Arlingga
    NIM : 41816110031

    Melihat proses perkembangan dari pocari sweat sangat dramatis begitu banyak proses yang dilalui:
    Pada bulan April 1980, penjualan POCARI SWEAT dimulai. Karyawan marketing dan karyawan lainya mengunjungi toko – toko pengecer agar dipajang dilebih banyak tempat, walaupun masing – masing hanya 1 kaleng. Namun para pemilik toko menaggapi negatif POCARI SWEAT karena rasanya yang tidak enak. Untuk mencoba menawarkan secara langsung kepada konsumen, dibukalah kios diberbagai event dan menjualnya dengan harga Rp. 10.000,00. Tetapi reaksi konsumen yang meminum POCARI SWEAT sangat buruk sesuai yang dicemaskan direksi.

    Dari pengalaman tersebut mengajarkan bahwa kalau kerja keras akan membuahkan hasil karena pocari sweat sekarang sudah menjadi produk minuman teranyar.

    BalasHapus
  3. Nama : Satriya Wisnu Pradenta
    NIM : 41617120012
    Dalam menuangkan suatu ide baru, hampir selalu mendapatkan reaksi dari konsumen, owner, pedagang, dan lain sebagainya. Namun perlu kita ketahui bahwa keuletan dan ketekunan dalam membangun ide dengan kaizen/impprovement. Suatu saat pasti akan meenuai hasil yang diinginkan.

    BalasHapus
  4. NAMA : Andy Rachmat
    Nim :46116110061

    video tersebut menurut saya sangat menginspirasi sekali. dalam berbisnis, meang perlu keyakinan serta ketekunan dalam upaya yang kita tempuh. dalam berbisnis pasti ada pasang surut, namun dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah yang di lakukan oleh direktur dan team marketing sehingga membuahkan hasil yang sangat baik.

    dalam membangun usaha juga harus seperti itu, jangan pernah berhenti dalam menciptakan inovasi - inovasi baru agar tercipta hasil yang baik.

    BalasHapus
  5. Nama : Putri Fenni Rosa Uli
    NIM : 41818110067

    Dari video tersebut dapat diambil pelajaran, bahwa pada dasarnya ide-ide yang dapat dijadikan peluang itu ada asalkan kita cermat dan kritis akan peristiwa atau moment yang ada disekitar kita. Seperti Mr. Harima yang memiliki pengalaman melihat seorang dokter meminum cairan infus, sehingga dari situlah muncul ide untuk mengembangkan cairan infus menjadi produk yang layak untuk diminum. Disamping itu, adanya trend olahraga jogging semakin mendukung untuk peluncuran minuman kesehatan yang diajukan Presdir Akihiko dan Mr. Takaiki yang diberikan tanggungjawab untuk melakukan analisa. Berkali-kali penelitian dan uji coba dilakukan oleh Mr. Takaiki dan tentunya mengalami banyak penolakan (hingga 1000 jenis) oleh Mr. Harima hingga Presdir Akihiko karena dianggap kurang sesuai untuk sebuah rasa minuman ringan. Hingga akhirnya racikan minuman kesehatan tersebut pun berhasil diciptakan. Namun banyak penolakan terhadap Pocari Sweat pada pertemuan direksi. Presdir Akihiko pun tetap mengambil keputusan untuk meluncurkan produk tersebut. Selanjutnya tim marketing pun memasarkan produk minuman tersebut, namun tetap mengalami penolakan dari kalangan konsumen. Namun Presdir Akihiko tidak menyerah, ia justru berani mengalami kerugian terlebih dahulu demi mensosialisasikan konsep produk daripada menjual produk, hingga mengalami kerugian 400 milyar. Dan akhirnya, berkat usaha kerja keras dan keyakinan Presdir Akihiko beserta rekan-rekannya, Pocari Sweat pun menjadi produk minuman yang sukses.

    BalasHapus
  6. Nama : Ika Nur Suciati
    NIM : 4181610087

    Dari video diatas, saya dapat menarik kesimpulan bahwa untuk membuat suatu bisnis menjadi besar, diperlukan banyak waktu dan usaha untuk terus berkembang. Pocari Sweat benar-benar memulai usaha dari nol hingga menjadi perusahaan besar seperti sekarang.
    Dari yang awalnya menjual produk dan mempunyai respon yang kurang baik dari masyarakat, pocari sweat berusaha terus mencari peluang agar dapat sukses dalam berbisnis

    BalasHapus
  7. Assalamu alaikum Pak

    Berikut jawaban yang bisa saya berikan,

    Sandi Maulana (41615120048)



    Pertama kali dicetuskan oleh Mr Rokuro Harima untuk mengajukan uji coba minuman kesehatan (Pocari Sweat) kepada Presdir Otsuka Pharmaceutical namun ditolak.

    Presdir setuju dengan ide Mr Rokuro Harima uketika trend jogging mulai berkembang pesat di jepang. Setelah dipasarkan, ternyata produk Pocari Sweat banyak ditolak oleh konsumen, mulai dari Presdir, para direksi lainnya, dan banyak ditolak oleh setiap toko pengecer.

    Sebab itu presdir menginstrukn agar pocari sweat dibagikan secara massive tak terbatas juga sambil menjelaskan pocari secara detail hingga kerugian mencapai angka 400 milliar. Semangat pantang menyerah dari seorang Presdir dan seluruh Marketing Pocari Sweat membuahkan hasil yang luar biasa menguntungkan dan Pocari Sweat menjadi produk yang bermanfaat sampai di masa depan.

    Mencetuskan ide baru relatif mudah, akan tetapi untuk mendapatkan kepercayaan konsumen sangatlah dulit, terlebih jika ide tersebut adalah produk baru. Konsumen perlu dikenalkan terlebih dahulu seperti apa produk kita tersebut, manfaat apa saja yang bisa diambil dari produk tersebut. Dan yang tidak kalah penting, strategi pemasaran yang baik, adalah kunci dalam memperkenalkan produk baru tersebut sehingga bisa diterima olrh konsumen.

    BalasHapus
  8. Erika Surya Putra (416171200100)

    Tanggapan yang bisa saya simpulkan dari video yang cukup menginspirasi dalam hal memulai suatu usaha diatas adalah bahwasanya dalam memulai suatu usaha, tidak ada jalan yang mudah. Perlu berbagai tahapan penelitian produk hingga mencapai suatu hasil yang kita anggap sempurna. Tahapan sempurna itupun masih harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat sebagai pasar, harus dikenalkan dengan cara dan metode yang tepat agar bisa diterima dengan baik.

    Pocari sweat memberikan pelajaran bahwasanya untuk mencapai suatu target tinggi dalam memulai suatu usaha, perlu niat dan keuletan yang besar, bahkan berani mengalami kerugian selama proses pembuatan,pengembangan / improvement dan pemasaran awal karena yakin bahwasanya suatu saat produk yang akan dijual bisa diterima dengan baik di masyarakat.

    Demikian, terima kasih.

    BalasHapus
  9. Nama : Arief Dharma
    Nim : 43216110230

    video diatas sangat menginspirasi, dan yg saya tangkap hasil tidak akan kelihatan secara langsung, semua akan ada hasilnya ketika pada waktunya, yang penting bagaimana pengenalan kepada masyarakat tentang apa yg kita jual, dana tujuan pemasaran jelas kemana dari situ baru bisa berkembang .

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  10. Nama : Nur Khafi
    NIM : 41616110110


    Setelah menyimak dan mempelajari bisnis yang dikembangkan oleh produk tersebut membuat saya yakin bahwa untuk memulai bisnis pasti kita akan menemukan masalah-masalah seperti dari segi marketing produk tersebut. Bahwa pocari sebelum dikenal saat ini, mereka menawarkan produknya secara gratis untuk memahami apa yang kurang dari sebuah produknya tersebut dimata pelanggan. Mereka juga mengidentifikasi tempat-tempat yang tepat seperti pusat olahraga, rumah sakit dan lain sebagainya.
    Dari bisnis mereka sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  11. Nama : Muhamad Asnawi
    NIm : 43218110304

    Dari tanyangan diatas saya sebagai penulis sangat apresiasi dan menginspirasi bagi jiwa entrepreneurship sebab penemuan suatu ide adalah hasil dari penerapan yang sudah pernah dilakukan berulang ulang barulah ide itu muncul..jadi tidak lah seseorang dianggap sebagai penemu ide melainkan sudah mempunyai pengalaman yang cukup panjang.. jadi kita sebagai konsumen harus mempunyai gagasan ATM ( amati tiru dan modifikasi ) sehingga bisa menumbuhkan jiwa entreprenuer yang tangguh.

    BalasHapus
  12. Nama : Nazmi Aulia
    NIM : 41816110027

    Dari tayangan ini dapat saya simpulkan bahwa dalam membuat dan mengembangkan suatu hal yang baru tidaklah mudah, banyak reaksi yang tidak dapat diduga dari konsumen, pedagang maupun owner. Dalam membuat dan mengembangkan suatu ide/produk kita harus yakin akan ide/produk tersebut, dan kita harus bisa meyakinkan bahwa ide/produk itu memang bagus. Karena dalam hidup kita pasti akan melalui proses, baik itu proses yang menghasilkan hasil yang baik atau proses yang menghasilkan hasil yang buruk, kita harus tetap berusaha untuk mencapai tujuan yang baik dan lebih baik dari yang telah ada.
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Nama : Akbar Romansyah
    Nim : 41915120041

    komentar untuk video diatas adalah permulaan yang negatif dari awal sebuah bisnis baru yang sedang di kembangkan , produk yang lain dari pada yang lain yang di tolak di sebagian kalangan karena masih salah target , kemudian pengelola minuman tersebut tidak pantang putus asa karena beliau yakin produk ini akan maju jika di lakukan sesuai target , semua butuh proses dan akhirnya spekulasi beliau benar terjadi yaitu produknya laris dan banyak peminatnya

    BalasHapus
  14. Nama : Abdul Latief Revianda
    NIM : 41516110166

    Menanggapi video diatas, yaitu tentang bagaimana tim marketing pocari sweat berjuang,, dapat diambil inti dari pelajaran yaitu giat dan pantang menyerah.

    Dalam video tersebut mengajarkan jika awalnya produk yang dianggap gagal bukan berarti suatu kegagalan yang tidak menemukan solusi, tetapi hal tersebut dapat menjadi tantangan dalam sebuah bisnis.

    Kita dapat mencontoh kegigihan tersebut dalam memulai berwirausaha, jika kegagalan awal bukan berarti berakhir, tapi hal tersebut merupakan tantangan bagi kita dalam memulai bisnis yang berhasil

    BalasHapus
  15. Nama : Hari Herlambang
    NIM : 41415110054

    Setelah menyimak video tersebut ialahpenemuan ide tidaklah mudah, tetapi melalui berbagai tahap, penemuan harus didasari dari keinginan dan tekad yang kuat, dan didasari atas manfaat besar dari produk yang akan dikeluarkan bagi orang yang akan mengkonsumsinya, dengan cara melakukan analisa produk, lalu membuat uji coba sehingga terciptalah produk yang berkualitas.

    BalasHapus
  16. Nama : Tumpal Tambunan
    NIM : 41518110033

    Berdasarkan video tersebut, intinya tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, dan kemauan yang kuat. Dalam menciptakan sebuah inovasi yang benar2 dibutuhkan, diperlukan banyak pengamatan dan pengubahan nilai dari produk yang sudah ada.

    BalasHapus
  17. Nama : Maghfiroh Laila Fitri
    NIM : 41216120041

    Menurut saya setelah melihat video tersebut diatas mengenai POCARI SWEAT itu tidaklah mudah, butuh perjuangan keras dan kegagalan demi kegagalan. Seperti kata pepatah proses tidak akan mengkhinati hasil. Semangat tanpa putus asa para penilti dengan dibantu para marketing membuat semua kerja keras dan kegagalan terbayar dengan diterimanya produk luar biasa tersebut, bahkan sampai ke Negara lain sampai saat ini.

    BalasHapus
  18. Nama : Didik Kurniawan
    NIM : 41315110092

    Setelah menyimak history of pocari sweat saya merasa takjub, betapa sulitnya mencari sebuah penemuan yang layak diterima oleh masyarakat(pasar). Tentu itu tidaklah mudah, dibutuhkan teamwork, kegigihan, loyalitas dan kerja keras di setiap individunya. Bahkan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk akhirnya ide tersebut bisa terlealisasi. Dan dibutuhkan keberanian mengambil sebuah keputusan yang dianggap tidak aman, dengan berani merugi terlebih dahulu untuk mencari pasar dimasyarakat. Kegagalan yang berulang juga tidak mengurungkan semangat direktur Otsuka Pharmaceutical serta jajarannya untuk terus mengembangkan penemuannya.

    Mungkin ini yang perlu ditirukan oleh pengusaha-pengusaha yang baru merintis usaha mereka. Dimana kegagalan itu pasti terjadi, dan jangan takut menghadapi kegagalan itu, terus semangat mencari ide/inovasi baru yang mungkin akan merubah nasib mereka.

    BalasHapus
  19. Nama : Biko Azis Rj
    Nim : 41915110069

    Membuat suatu hal yang baru itu tidaklah mudah,tantangannya bukan hanya produk yang dibuat lalu sudah jadi,tetapi bagaimana caranya orang-orang bisa menikmati produk yang kita buat. maka dari itu jadikan sebuah kritikan orang menjadi masukan buat kita untuk menambahkan apa saja yang kurang didalam produk yang kita buat.
    Dan kegagalan bukan berarti sudah berakhir,akan tetapi langkah awal untuk memulai kembali dalam proses pembuatan produk yang berkualitas

    BalasHapus
  20. Nama : Alyfah Nizar
    Nim : 44316110023

    Tayangan tersebut sangat menginspirasi.Pocari adalah jenis minuman yang berbeda dengan minuman yang lainnya. bisa dilihat dari tayangan tadi bahwa ide sebuat bisnis usaha memerlukan ujian yang berat. menciptakan sebuah rasa baru dan bisa diterima oleh orang banyak bukanlah hal yang mudah, dari tayangan tersebut perusahaan Pocari Sweat rela membagikan produknya secara gratis. Hal ini dilakukan untuk mensosialisasikan produk agar produk lebih mudah diterima dimasyarakat. Tidak salah jika saat ini Pocari Sweat sangatlah bagus dalam penjualannya karena memiliki cerita dan pengalaman yang panjang dan tentunya ada pula pengalaman pahit. Kuncinya jika kita memiliki keyakinan yang kuat akan ide bisnis kita dan kita mampu memasarkannya secara efektif maka kelak hasilnya tidak akan mengecewakan. Jika kegagalan di awal membuat kita patah semangat dalam usaha, maka usaha kita tidak akan pernah berhasil. Akan tetapi jika kegagaan diawal membuat kita semakin berfikir maju maka usaha kita akan berhasil. Banyak hal yang dapat diambil dari video tersebut dan tentunya sangat menginspirasi.

    Sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  21. Nama :Hildan Reza Agranis
    nim : 41817110020

    Dengan adanya kerja keras dan mau mengambil resiko meskipun sudah mencoba berulang kali akan mendapatkan hasil yang maksimal karena hasil tak menghianati orang yang mau berkerja keras.Memahami pasar juga sangat perlu agar calon pembeli tertarik dengan prodak tersebut

    BalasHapus
  22. Nama : Rangga Darmawan
    NIM : 41518110143

    Dari video diatas, saya dapat menarik kesimpulan bahwa untuk membuat suatu bisnis menjadi besar, diperlukan banyak waktu dan usaha untuk terus berkembang. Pocari Sweat benar-benar memulai usaha dari nol hingga menjadi perusahaan besar seperti sekarang.

    Dari yang awalnya menjual produk dan mempunyai respon yang kurang baik dari masyarakat, pocari sweat berusaha bangkit mencari peluang agar dapat sukses dalam berbisnis

    BalasHapus
  23. Nama : Bambang Novianto
    NIM : 41415120008
    Ide usaha baru yang muncul, hampir selalu mendapatkan reaksi dari konsumen, owner, pedagang, dan lain sebagainya. Usaha akan bisa berkembang dengan usaha yang maksimal dan keuletan

    BalasHapus
  24. Nama : Budiono
    NIM : 44215120003
    Perencanaan usaha merupakan langkah awal yang menunjukkan bahwa seseorang serius untuk berwirausaha dan untuk menghindari factor-faktor yang menyebabkan kegagalan, serta mengantisipasi setiap tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha.
    Rencana usaha harus dibuat karena perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan. Disamping itu pembuatan rencana usaha menunjukkan sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha dan komitmen yang kuat untuk menjalankan usahanya sehingga tidak mudah menyerah dan putus asa ketika menghadapi setiap kendala dan resiko usaha.

    BalasHapus
  25. 41516110152

    Irham Ramdoni

    Membangun suatu usaha haruslah dipikirkan dengan matang dan dengan dibekali strategi dalam segala hal, seumpanya kita membangun usaha tanpa memikirkan atau merancang sebuah strategi untuk menjalankan dan mengembangkan usaha kita maka sudah dapat di simpulkan usaha yang kita bangun tidak akan berjalan dengan apa yang hanya kita harapkan. Sebuah produk besar bisa berkembang dan terus bisa di terima oleh konsumen itu memiliki strategi penjualan dan strategi promosinya yang mengarah ke jangka panjang dalam penjualan dan peminatan konsumen.

    Kalau kita hanya ikut ikutan tren atau sesuatu yang hanya berkembang di hari, bulan, tahun itu saja dipastikan produk kita tidak akan berkembang dan panjang dalam pemasarannya.

    Inti dari percakapan diatas adalah, semua orang bisa mengasilkan produk, tapi tidak semua orang bisa menghaislkan strategi yang pas dan bagus untuk memasarkan dan membuat produk yang bisa diterima di semua kalang walau waktu atau kebiasaan orang sudah berubah.

    Berpikirlah jauh dalam menghasilkan sebuah produk dan bangunlah strategi dalam jangka panjang untuk memasarkan sebuah produk.

    BalasHapus
  26. Nama : Ardena Ferenena
    NIM : 44217110126

    Dalam menuangkan suatu ide baru, hampir selalu mendapatkan reaksi dari konsumen, owner, pedagang, dan lain sebagainya. Namun perlu kita ketahui bahwa keuletan dan ketekunan dalam membangun ide dengan kaizen/impprovement. Suatu saat pasti akan meenuai hasil yang diinginkan.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. nama : Dwi efendi muchlis zaelani
    nim : 41415120051

    kesuksesan tidak dapat kita raih hanya dengan keberuntungan dan nasib semata tetapi melalui proses kerja keras, pantang menyerah terhadap kegagalan dan selalu berinovasi.

    Kita harus belajar kepada orang Jepang yang mempunyai sifat-sifat yang bagus seperti: Tekun, Pantang Menyerah, Pekerja Keras, berani, dan inovatif

    BalasHapus
  29. Nama : Mohammad Arif Fakhrurrozi
    Nim : 41216110099

    Melihat hasil dari video di atas , saya sangat terinsfirasi dengan ide atau penemuan tersebut. Dengan beberapa uji coba serta ide2 untuk menjadikan minuman
    tersebut menjadi minuman kesehatan. Kesuksesan Pocari Sweat merupakan pelajaran berharga bagi saya sendiri. Dimana sebuah kesuksesan yang tidak dengan mudah didapatkan, namun butuh perjuangan, kemauan dan tekad yang tinggi. Kesuksesan yang diraih merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi saya yang ingin mencapai tujuan atau cita cita saya. Melihat Perusahaan Otsuka yang pada saat awal peluncuran produk Pocari Sweat yang harus menanggung kerugian banyak, namun pada saat operasi pembagiah gratis Pocari Sweat para marketing juga menjelaskan konsep minuman Pocari Sweat sehingga masyarakat mengerti akan arti pentingnya minuman kesehatan tersebut. Dengan melihat video tersebut, saya terpacu agar tetap bersemangat dan berusaha, pantang menyerah dalam bidang yang saya tekuni saat ini apapun itu apabila saya menekuninya akan berbuah kesuksesan.

    Sekian

    BalasHapus
  30. Nama : Dewi Sri Utami
    NIM : 41816110015

    Dari video diatas, tanggapan saya adalah bahwa untuk menciptakan suatu bisnis menjadi besar diperlukan banyak waktu dan usaha yang tidak sebentar. Pocari Sweat memulai proses pembuatan dari nol hingga berhasil menemukan cita rasa yang sesuai sampai sekarang disukai banyak orang. Dari yang awalnya menjual produk di toko - toko kecil, membagikan secara gratis, namun masih mendapatkan respon yang kurang positif dari masyarakat, pocari sweat berusaha terus mencari peluang pasar agar dapat sukses dalam penjualannya. Dengan ketekunan ,tekad dan niat usaha yakin peluang untuk sukses pasti akan terbuka lebar walaupun terkadang harus menemui kegagalan dulu tapi dibalik itu selama kita masih yakin dan berusaha jerih payah usaha kita akan membuahkan hasil sukses.

    BalasHapus
  31. nama : zannatul anwar
    nim 41216120042

    melihat video di atas , dapat di simpulkan bahwa, segala sesuatu butuh prosses, tidak ada hasil yang instan, semuanya butuh kerja keras, dengan ide yang matang, perencanaan yang terancang, komsep yang terpat, serta target dan market yang sesuai, akan menghasilkan suatu yang sangat baik.

    BalasHapus
  32. Muhammad Huri Fikri
    41516110133

    video tersebut menerangkan bahwa penemuan ide untuk menemukan minuman pengganti energi berawal dari seseorang dokter yang meminum air infusan setelah operasi yang telah diselesaikannya di meksiko. minuman pengganti energi tersebut harus berada di bawah 10% gula, yang dimana kebanyakan minuman saat itu semuanya diatas 12%. penelitian dilakukan lebih dari 1000x percobaan karena terdapat rasa pahit & asin. ide untuk menghilangkan rasa tersebut didapat dari sebuah jeruk yg dirahasiakan jeruk apa yang dipakai hingga sekarang. dalam pemasarannya rugi hingga 400miliar karena produk digratiskan, awal pemasaran gagal karena produk tersebut dibagikan tidak pada tempatnya / kondisinya. karena minuman tersebut baik & enak diminum sesaat setelah berkeringat.

    BalasHapus
  33. Nama : Marza Harizoni
    NIM : 41617110033

    Tanggapan saya terhadap video di atas yaitu untuk menemukan suatu ide produk tidaklah mudah. Perlu berbagai penelitian dan uji coba agar didapat produk yang memiliki kualitas yang baik. Begitu juga pemasarannya, butuh usaha dan kerja keras bagaimana meyakinkan customer bahwa produk yang kita miliki mempunyai kualitas yang baik dan mereka membutuhkannya. Begitu banyak halangan, rintangan dan tantangan yang harus dihadapi untuk dapat menguasai pasar. Dengan usaha, kerja keras, keyakinan serta kaizen/ peningkatan terus menerus maka pada akhirnya kita akan dapat menikmati kesuksesan.

    BalasHapus
  34. Nama : Gilang Pratama
    NIM : 41615120063

    Tanggapan saya dalam video tersebut bahwa untuk mengembangjan suatu produk kita harus mempunyai ide-ide serta keyakinan yang kuat dan harus berani mengambil keputusan.

    BalasHapus
  35. Nama: Tri Wastiono
    Nim : 41615110023
    setelah meninjau video diatas perjuangan Mr. Rokuro Harima dalam mengembangkan minuman kesehatan dengan brand pocari sweat tidak lah mudah. Bahwa penemuan ide tidaklah mudah, tetapi melalui berbagai tahap, penemuan harus didasari dari keinginan dan tekad yang kuat, dan didasari atas manfaat besar dari produk yang akan dikeluarkan bagi orang yang akan mengkonsumsinya, dengan cara melakukan analisa produk, lalu membuat uji coba.Bahkan seorang peneliti Pocari sweat melakukan ujicoba hinga mengeluarkan 1000 jenis minuman. untuk memulai sebuah bisnis dan menjalankan bisnis memang butuh kesabaran, dan keyakinan dimana setiap usaha akan ada hasilnya . demikian yang dapat saya tanggapi . terima kasih.

    BalasHapus
  36. Nama : Andre Rizaldi
    Nim : 41516110151
    Tanggapan saya, kita belajar dari video tersebut jika ingin mengembangkan suatu produk membutuhkan keyakinan dan ide yang kuat untuk mengambil keputusan agar menjadi hasil yang memuaskan

    BalasHapus
  37. Nama : Ahmad Huzaini
    NIM : 43217110255

    pendapat saya setelah melihat video itu adalah kesuksesan tidak dapat kita raih hanya dengan keberuntungan dan nasib semata tetapi melalui proses kerja keras, pantang menyerah terhadap kegagalan dan selalu berinovasi.

    BalasHapus
  38. Nama : Afif Abdurrafi
    NIM : 41516110063

    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut bahwa, sebuah usaha harus yakin dan bisa mengembangkan dari usaha tersebut dimulai dari bagaimana kita bisa memecahkan suatu permasalahan di lingkungan sekitar

    BalasHapus
  39. Nama : Adrian Arasy

    Nim : 41215110108



    Dari video tersebut dapat diambil pelajaran, bahwa pada dasarnya ide-ide yang dapat dijadikan peluang itu ada asalkan kita cermat dan kritis akan peristiwa atau moment yang ada disekitar kita. menjadi besar, diperlukan banyak waktu dan usaha untuk terus berkembang. Pocari Sweat benar-benar memulai usaha dari nol hingga menjadi perusahaan besar seperti sekarang. Pocari sweat memberikan pelajaran bahwasanya untuk mencapai suatu target tinggi dalam memulai suatu usaha, perlu niat dan keuletan yang besar, bahkan berani mengalami kerugian selama proses pembuatan,pengembangan / improvement dan pemasaran awal karena yakin bahwasanya suatu saat produk yang akan dijual bisa diterima dengan baik di masyarakat.

    BalasHapus
  40. Nama : Ali arridho
    Nim : 41817110003

    ia lebih dari 1000x percobaan karena terdapat rasa pahit & asin. Namun beliau sangat bersabar terhadap usaha yang dijalani pasti akan membuahkan hasil. Disini saya berfikir bahwa Setiap orang pasti memiliki cara sendiri untuk sukses, namun mereka yang telah sukses memiliki beberapa kesamaan antara lain sabar dalam usaha dan ketekunan menjadi pegangannya.

    BalasHapus
  41. Nama : Dede Rosadi
    Nim : 41414120075

    Menanggapi video diatas adalah untuk memotivasi dan menginspirasi, sangat jelas dimana ada usaha yang maksimal dan sungguh-sungguh disitulah kenberhasilan akan didapat.

    BalasHapus
  42. Failussufi Ardhian2 April 2019 22.30

    FAILUSSUFI ARDHIAN A
    41215110060


    Menurut video yang saya tonton diatas, saya dapat menarik kesimpulan bahwa untuk menjadikan bisnis anda sangat sukses, harus dibutuhkan kerja keras dan keuletan dalam waktu yang lama.
    Kesuksesan anda tidak hanya diukur dari berapa materi yang anda dapat hasilkan, namun juga tentang proses apa saja yang anda alami untuk menuju kesuksesan tersebut.
    Tahap-tahap yang dilewati oleh seorang yang sukses tidak akan mudah dan instan. Mereka harus melewati beberapa tahap dalam mematangkan pemikiran mereka tentang bagaimana dunia bisnis ini bekerja.\

    Dalam perencanaannya mereka yang sukses selalu belajar dari kesalahan yang mereka timbulkan dan menemukan solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.
    Membangun suatu usaha haruslah dipikirkan dengan matang dan dengan dibekali strategi dalam segala hal

    BalasHapus
  43. Nama : Daud Riyan Stefen
    NIM : 41617120026

    Setelah menonton video diatas, saya mengerti bahwa untuk membawa perubahan besar maupun inovasi yang baru terhadap perusahaan dibutuhkan suatu komitmen yang tinggi dari setiap karyawan maupun pemimpin perusahaan untuk bisa sukses. Banyak hal yang harus dikorbankan baik itu waktu maupun dana serta dibutuhkan juga loyalitas yang tinggi untuk mencapai itu semua seperti yang telah dilakukan oleh Mr Rokuro Harima terhadap perusahaan tempat dia bekerja. Banyak pelajaran yang sudah diberikan dari video diatas yang dimana kita diajari untuk bisa melihat suatu peluang yang baru dari kondisi jaman saat itu sehingga kita bisa menghasilkan sesuatu yang baru dan besar yang membuat kita menjadi sukses dikemudian harinya.

    BalasHapus
  44. Nama : Andini Nurmaulida
    Nim : 41818110081

    Dari video tersebut saya dapat mengambil pelajaran, bahwa pada dasarnya banyak yang dapat dijadikan peluang itu ada asalkan kita cermat dan kritis terhadap peristiwa yang ada disekitar kita walau dalam prosesnya diperlukan banyak waktu dan usaha tidak instans. Pocari Sweat memulai usaha dari nol hingga menjadi perusahaanperusaha tertesar seperti sekarang. Pocari sweat memberikan pelajaran bahwasanya untuk mencapai suatu target tinggi dalam memulai suatu usaha, perlu niat dan keuletan yang besar, bahkan berani mengalami kerugian selama proses pembuatan,pengembangan / improvement dan pemasaran awal karena yakin bahwasanya suatu saat produk yang akan dijual bisa diterima dengan baik di masyarakat.


    BalasHapus
  45. Nama : Cindy Febri Safirra
    Nim : 41816110158

    Setelah menonton video diatas, saya telah menyadari betapa pentingnya inovasi dalam membuat produk supaya bisa di terima oleh masyarakat, belajar tentang kepemimpinan dan pemasaran yang hebat dari mereka yang tidak semua orang berani mengambil keputusan tersebut.

    BalasHapus
  46. Nama : Sidik Amanah
    Nim : 41815120092

    Dalam video ide pocari sweat tersebut, sangat menginspirasi sekali, bagaimana perjalanan yang panjang akan sebuah ixe baru yang sangat sulit di terima oleh masyarakat, dalam hal ini sangat mengingatkan kita para anak muda yang mambuat ide baru, bahwa semua hal yang baru banyak sekali lika liku perjalanannya, kita pastinya bisa memetik hikmah yang ada dalam video tersebut.

    BalasHapus
  47. Nama : muhammad ekky chandra
    Nim .: 41816110222

    Hikmah yang bisa saya petik dari video itu adalah kesuksesan tidak dapat kita raih hanya dengan keberuntungan dan nasib semata tetapi melalui proses kerja keras, pantang menyerah terhadap kegagalan dan selalu berinovasi. Setelah meraih sukses di Jepang, kemudian Pocari sweat pun dipasarkan ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Pola pemasarannya pun masih dengan membagikannya secara gratis kepada masyarakat. Namun lambat laun Pocari sweat juga meraih keuntungan yang besar dari negara-negara lain.

    Itulah kisah sukses minuman Pocari Sweat yang ternyata melalui proses yang amat panjang. Sebuah produk baru memang seringkali memakan waktu dan tenaga untuk laku di pasaran. Namun ketika masyarakat sudah mulai mengenal dan terbiasa dengan produk tersebut, hasilnya sangat luar biasa. Itu pula yang dialami Aqua ketika awalnya tidak laku.

    Sobat Bangun Inspirasi, kesuksesan memang terkadang harus melalui proses panjang. Namun jika kita meyakini suatu ide akan jadi kesuksesan, kita akan terus berusaha melaluinya. Meskipun perjuangannya memang tak mudah.

    BalasHapus
  48. bagi wirausaha yang merasa kurang kreatif dan inovatif, jangan putus asa, karena ide usaha tersebar dimana-mana, bahkan didepan mata tetapi, harus selalu perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil risiko. Tidak ada salahnya bersaing secara sehat di tempat yang sama dengan produk yang sama, cukup menduplikasi usaha tersebut, tapi harus memberikan nilai tambah kepada konsumen, seperti pelayanan, harga, kecepatan, keramahan.

    BalasHapus
  49. Nama: Ledy Nur Cahyanto
    Nim: 41216120016
    Dalam pengambilan keputusan, menjadi orang yang kreatif harus menghindarkan sebuah keputusan yang didasari oleh rasa “keinginan”, tetapi yang harus dilakukan adalah keputusan yang didasarkan pada “kebutuhan”. Ada 10 ide strategis untuk menjadi wirausaha sukses

    BalasHapus
  50. Nama : Roy Andreas
    NIM : 41617120006

    Dalam menuangkan suatu ide baru, bisa berasal dari sebuah pengalaman yang pernah dialami, yang selanjutnya akan harus dikembangkan. Pemilihan objek/ target dari ide yang baru juga harus jelas, sehingga keputusan yang dapat diambil lebih optimal. Selain itu perjuangan yang tidak kenal lelah tentunya akan membuahkan hasil yang baik, banyak reaksi yang menilai ide baru yang dicipkan terkadang kurang manarik, namun hal ini bukanlah sebuah pukulan yang dapat merusak ide baru yang dimiliki, melainkan sebagai motivasi untuk meyakinkan konsumen dengan kehadiran ide baru yang dibuat.

    BalasHapus
  51. Nama : Rizki Rafdiansyah
    NIM : 41818110142

    Inovasi berdasarkan pengalaman menjadi suatu kunci penting dalam mengembangkan usaha kita. kita harus berani transform mengikuti kemjuan teknologi dan menyesuaikan dengan inovasi terhadap produk kita

    BalasHapus
  52. Nama : Lisa Permata Sari
    Nim : 44215110097

    Dari tayangan tersebut, dapat dikatakan bahwa dalam menjalankan usaha sendiri dibutuhkan ide kreativitas & inovasi. Dimana hal-hal tersebut dapat muncul dari permasalahan di kehidupan kita sehari-hari. Namun tak hanya itu, saat akan meluncurkan sebuah produk, diperlukan riset pasar & target konsumennya. Namun produk tersebut juga harus berorientasi pada konsumen, baik rasa, bentuk, ataupun kandungannya. Kita harus menuangkan suatu ide bagus agar kita bisa mengetahui respon dari owner, konsumen, dan sebagainya. Kita harus mempunyai semangat yang tinggi untuk membuka ide" kreatif selanjutnya.

    BalasHapus
  53. Nama : Muhammad Darmawan
    Nim : 41215110057

    Ceritanya sangat menginspirasi jangan pernah putus asa, selalu mengembangkan inovasi.Pengalaman adalah pelajaran yang pasti dan kegagalan bagian dari awal kesuksesan.

    BalasHapus
  54. Nama : Rendi
    Nim:41615120022

    Setelah melihat video tersebut bahwa suatu ide baru dalam sebuah produk dapat muncul dari permasalahan di kehidupan sehari hari yang kemudian di kembangkan menjadi sebuah produk, Akan tetapi tidak semua produk baru dapat di terima oleh pasar, dan tugas serang enterpreneur adalah bagaimana mengembangkan dan memasarkan produk tersebut agar dapat sukses di pasaran, seperti produk pocari sweat tersebut awal kemunculanya memang belum dapat di terima oleh pasar akan tetapi berkat kerja keras suatu tim dan strategi pemasaran yang baik membuat produk tersebut laku di pasaran hingga sekarang ini.

    BalasHapus
  55. nama : Sandi Jauhar Taufiqi
    nim : 41517120120

    Kesuksesan penjualan produk pocari sweat disamping karena hebat dan tepat pada sisi pemasarannya, namun juga hebat dan tepat pada pengembangannya, mencari apa yang dibutuhkan oleh tubuh, dan memikirkan komposisi yang tepat pada tubuh serta penelitian. Walaupun menerima banyak penolakan namun direktur tetap teguh pada pendiriannya karena beliau yakin bahwa pangsa pasar untuk segmentasi ini masih kosong, dan pocari sweat adalah jawaban yang tepat untuk mengisi kekosongan tersebut, maka dari itu beliau sangat yakin pada produk tersebut. Tinggal mencari cara pengenalan dan pemasaran yang tepat sehingga pasar tahu keunggulan dari produk ini. Maka dari itu direktur memutuskan untuk mengambil beberapa keputusan yang beresiko namun penuh perhitungan.
    - pemasaran ke seluruh lapisan dan jaringan masyarakan, karena produk baru membutuhkan untuk pengenalan yang lebih.
    - mensosialisasikan lebih penting dari pada menjual di awal pengenalan produk
    - menjelaskan keunggulan dan benefit dari prodak yang dijual dapat membantu mengedukasi masyarakat akan kelebihan dan pembeda dari produk lain.
    - menjual produk pada orang yang membutuhkan, dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh pasar maka akan dengan mudah menjual dan mensosialkan produk yang dimiliki. (ex : penjualan pada bulan ramadhan dan rumah sakit)
    Itu ilmu pemasaran dan strategi marketing yang saya dapat ambil dari cerita penelitian dan lahirnya pocari sweat.

    BalasHapus
  56. nama : harun setiawan
    nim : 41216120029

    Kita harus belajar kepada orang Jepang yang mempunyai sifat-sifat yang bagus seperti: Tekun, Pantang Menyerah, Pekerja Keras, berani, dan inovatif! Dari video Sejarah Pocari Sweat itu juga tercermin sifat-sifat orang Jepang:

    * INOVATIF: Akihiko Otsuka mempunyai keinginan untuk membuat sebuah produk yang belum pernah ada dan dia tidak ingin mengekor begitu saja kesuksesan perusahaan kakek dan ayahnya, Otsuka Pharmaceutical. Perusahaan itu adalah produsen peringkat pertama di Jepang untuk cairan infus dan terkenal juga dengan minuman Orinamen C-nya. Rokuro Harima sebagai Penanggungjawab Pengembangan Minuman dan ahli rasa di perusahaan juga mempunyai ide yang inovatif untuk membuat minuman cairan infus yang bisa diminum. Lalu keputusan inovatif lainnya dari presiden direktur Akihiko Otsuka adalah membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis!

    *PANTANG MENYERAH dan PEKERJA KERAS: Akihisa Takaichi, seorang peneliti muda yang ditugasi oleh Rokuro Harima untuk membuat minuman baru ini memikirkan penelitian siang dan malam, bahkan pada hari libur juga. Dan di saat dia berhasil menambahkan pemanis alami ke dalam minuman yang masih ditelitinya, Harima menolaknya karena minuman itu terlalu manis tetapi Takaichi tidak putus asa dan bahkan dia telah menghasilkan minuman uji coba sampai 1000 jenis! Coba bayangkan betapa gigihnya perjuangan dia sampai akhirnya dia menemukan paduan yang khas dengan salah satu jenis jeruk. Selain itu, Akihiko Otsuka yang mendapatkan tanggapan negatif dari para anggota direksi tetap teguh untuk menjual produk minuman barunya.

    * BERANI: Selain inovatif, keputusan Akihiko Otsuka untuk membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis juga merupakan langkah yang BERANI banget! Bayangkan mereka membagi-bagikan lebih dari 30 juta kaleng Pocari Sweatsenilai 400 milyar rupiah! Berani banget ngambil resiko kerugian. Tapi keberanian mengambil resiko itu membuahkan kesuksesan besar bagi Pocari Sweat hingga kini bisa hadir di 16 negara.

    BalasHapus
  57. Nama : Ari Agus Pratama
    Nim : 43217110039

    Dari video tersebut dapat diambil pelajaran, bahwa pada dasarnya ide-ide yang dapat dijadikan peluang itu ada asalkan kita cermat dan kritis akan peristiwa atau moment yang ada disekitar kita. Seperti Mr. Harima yang memiliki pengalaman melihat seorang dokter meminum cairan infus, sehingga dari situlah muncul ide untuk mengembangkan cairan infus menjadi produk yang layak untuk diminum. Disamping itu, adanya trend olahraga jogging semakin mendukung untuk peluncuran minuman kesehatan yang diajukan Presdir Akihiko dan Mr. Takaiki yang diberikan tanggungjawab untuk melakukan analisa. Berkali-kali penelitian dan uji coba dilakukan oleh Mr. Takaiki dan tentunya mengalami banyak penolakan (hingga 1000 jenis) oleh Mr. Harima hingga Presdir Akihiko karena dianggap kurang sesuai untuk sebuah rasa minuman ringan. Hingga akhirnya racikan minuman kesehatan tersebut pun berhasil diciptakan. Namun banyak penolakan terhadap Pocari Sweat pada pertemuan direksi. Presdir Akihiko pun tetap mengambil keputusan untuk meluncurkan produk tersebut. Selanjutnya tim marketing pun memasarkan produk minuman tersebut, namun tetap mengalami penolakan dari kalangan konsumen. Namun Presdir Akihiko tidak menyerah, ia justru berani mengalami kerugian terlebih dahulu demi mensosialisasikan konsep produk daripada menjual produk, hingga mengalami kerugian 400 milyar. Dan akhirnya, berkat usaha kerja keras dan keyakinan Presdir Akihiko beserta rekan-rekannya, Pocari Sweat pun menjadi produk minuman yang sukses.

    BalasHapus
  58. Alfajar Septian
    41215110015

    Dalam menemukan ide baru diperlukan bebagai aspek dalam penemuannya di antaranya adalah penelitian lebih lanjut tentang apa yang kita ingin buat, lalu dukungan dari pemberi modal dan lagi keinginan yang kuat saat melakukan sebuah pencarian, selain itu kerjasama tim juga diperlukan dalam penemuan ide baru tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 44217110090-silvia Ayu devi
      Setelah melihat video tersebut. intinya tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, dan kemauan yang kuat. Dalam menciptakan sebuah inovasi, diperlukan banyak pengamatan dan pengubahan nilai dari produk yang sudah ada.

      Hapus

  59. video diatas sangat menginspirasi, dan yg saya tangkap hasil tidak akan kelihatan secara langsung, semua akan ada hasilnya ketika pada waktunya, yang penting bagaimana pengenalan kepada masyarakat tentang apa yg kita jual, dana tujuan pemasaran jelas kemana dari situ baru bisa berkembang .

    Pocari sweat memberikan pelajaran bahwasanya untuk mencapai suatu target tinggi dalam memulai suatu usaha, perlu niat dan keuletan yang besar, bahkan berani mengalami kerugian selama proses pembuatan,pengembangan / improvement dan pemasaran awal karena yakin bahwasanya suatu saat produk yang akan dijual bisa diterima dengan baik di masyarakat.

    BalasHapus
  60. Nama : Lilik Dwi Kurniawan
    NIM : 41816110198
    Assalamualaikum,
    Sekarang siapa yang tidak kenal pocari sweat? Minuman yang sudah banyak dikenal banyak
    orang yang termasuk minuman kesehatan yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang
    ketika beraktifitas. Apalagi dibulan Ramadhan saat semua umat muslim menjalankan ibadah
    puasa, maka tubuh akan banyak sekali kehilangan cairan disaat itulah orang banyak
    mengkonsumsi minuman yang langsung dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun,
    dibalik kesuksesan pocari sweat tersimpan cerita yang luar biasa menginspirasi. Usaha yang
    dilakukan untuk menciptakan produk pocari sweat yang sekarang sukses luar biasa ada banyak
    sekali kegagalan dalam percobaannya bahkan sempat beberapa kali ditolak oleh publik karena
    rasa yang menurut mereka saat itu tidak enak. Namun dengan strategi promosi yang diambil
    oleh perusahaan dengan cara “menanam benih yang banyak dan menuainya dikemudian hari”
    (dengan membagikannya secara gratis sebagai promosi dan gencar melakukan sosialisasi dalam
    mengkonsumsi produk pocari sweat). Dan sekarang apa yang telah ditanam oleh Otsuka
    Pharmacetical Co., Ltd. (Pembuat POCARI SWEAT) berbuah manis nan sukses di pasaran.
    Dari cerita tersebut kita bisa belajar bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Kegagalan
    bukanlah sebuah akhir, kegagalan adalah jalan menuju kesuksesan.

    BalasHapus
  61. Nama : Robby Wijayanto
    Nim : 41216120049

    Setelah melihat video tersebut. intinya tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, dan kemauan yang kuat. Dalam menciptakan sebuah inovasi, diperlukan banyak pengamatan dan pengubahan nilai dari produk yang sudah ada.

    BalasHapus
  62. Nama : Andrea Mahananda P
    Nim : 41216120052
    Kesuksesan itu membutuhkan usaha dan kerja keras serta harapan yang kuat.Bukan semata-mata diraih secara instan . Inovasi merupakan satu kata kunci untuk meraih kesuksesesan itu dan prosesnya pun tidaklah instan .Dibutuhkan pengamatan serta pemikiran yang kreatif untuk menaikkan nilai produk yang sudah ada dipasaran .

    BalasHapus
  63. Nama : Novita Mawardi
    NIM :41616110005

    Dari ideo tersebut, dapat diambil beberapa point menarik dalam mengembangkan suatu produk, bahwa ide dapat datang dari mana saja, bahkan ketika mengalami kesulitan.

    Sebaggai produsen, kita harus melihat tren yang sedang berkembang dimasyarakat sebagai sasaran penjualan produk, cari tahu apa yang enjadi minat pasar.

    Setelah produk dipasarkan, kta perlu menghadapi dan menganalisa reaksi pasar, produsen harus menjlaskan konsep produk dan memasarkan produknya dengan tepat.

    Dibalik keberhasilan dari suatu produk, ada keyakinan dan strategi seorang pemimpin dengan didukung sumberdaya yang ia manfaatkan dengan baik.

    BalasHapus
  64. Nama: Fathuludin Syahrul Ramdhani
    NIM: 41215110030

    Menurut saya, sejarah panjang Pocari Sweat sangat menginspirasi bagi saya, ketika direktur perusahaan berani mengambil keputusan yang mungkin tidak terfikirkan oleh siapa pun, dia berani mengambil keputusan untuk membuat sebuah produk minuman yang berbeda yaitu minuman yang rasanya tidak manis, karena masyarakat menggemari minuman manis pada saat itu, sehingga terlihat dalam video bahwa Pocari Sweat pada awalnya sulit untuk di terima masyarakat karena rasa minuman yang sangat aneh (tidak manis dan tidak pahit). Sehingga membuat direktur tidak kehilangan akal untuk menjual minuman tersebut agar diterima masyarakat, yaitu membagikan Pocari Sweat secara gratis untuk aksi promisinya, kerugian yang di dapatkan tidaklah sedikit untuk aksi promosinya tersebut, sehingga pada saat itu masyarakat mulai menerima keberadaan Pocari Sweat. Sampai sekarang Pocari Sweat di jual di 16 negara di dunia termasuk di Indonesia sendiri.

    Kesimpulan yang dapat di ambil dari sejarah Pocari Sweat tersebut adalah, bahwa dalam berwirausaha, seorang pengusaha harus bisa berfikir kreatif, inovatif, dan mampu berani untuk menjual produk yang berbeda dari yang lain, meski pada awalnya usaha tersebut mungkin tidak dapat di terima masyarakat, jika seorang pengusaha yakin akan kesuksesan dalam produk usahanya serta mampu meyakinkan masyarakat, maka konsumen atau masyarakat akan menerima produk yang kita jual.

    BalasHapus
  65. Nama : Daulica Lyundira
    NIM : 41117120061
    Selamat malam, setelah menonton video sejarah pocari sweat tersebut saya cukup terinspirasi. Karena usaha nya yang sangat gigih, pantang menyerah dan sangat kritis tidak puas hanya dengan satu pujian. Beliau melakukan beberapa percobaan agar mendapatkan produk yang dapat diterima oleh masyarakat walaupun perjuangan nya sangat sulit dan penuh rintangan. Namun, karena kegigihan nya produk tersebut bisa laris.
    Video ini memberikan pelajaran bahwa untuk mencapai suatu target dalam memulai suatu usaha, membutuhkan niat dan keuletan yang besar dan tidak pantang menyerah, berani mengalami berbagai macam kerugian serta pro kontra dari konsumen. keberanian seorang pemimpin dalam menentukan keputusan sangat patut di contoh. Walaupjn mengalami kerugian yg sangat besar tapi itu semua demi memberikan kepercayaan kepada konsumen dan meyakinkan konsumen bahwa produk ini adalah produk berkualitas.
    Semoga kita semua dapat membuat lapangan pekerjaan melalui bisnis dan usaha yang sukses

    BalasHapus
  66. Dwika Muhamad Dien
    41216120044

    Pocari Sweat memang salah satu produk yang berani tampil beda dari produk minuman lainnya, perusahaan pembuat produk ini memikirkan kesehatan para konsumennya tanpa menurunkan cita rasanya, mereka berani mengambil resiko yang besar untuk mendapatkat minat dari para konsumen dan meyakinkan para konsumen untuk bisa menikmati produk mereka, mereka juga terus berusaha walaupun mengalami banyak kegagalan demi kesuksesan dimasa depan.

    BalasHapus
  67. Nama : Luthfi Firdaus
    Nim : 41215110045

    Kesimpulan dari video tersebut, dalam berwirausaha, seorang pengusaha harus bisa berfikir inovatif, kreatif dan berfikir secara kritis dalam memanfaatkan peristiwa di lingkungan sekitar, untuk membuat produk yg beda dari yang lainnya. meski produk yg di pasar kan awal nya di tolak masyarakat, namun si pengusaha tidak putus asa akan produk tersebut, dia yakin akan produk ini akan menjadi suatu kesuksesan pada usahanya, dia memiliki strategi pemasaran yang menurut saya cukup berani, dengan cara memasarkan secara gratis, agar produk yang ia miliki di sukai oleh masyarakat sekitar, walaupun akan mengalami banyak kerugian , akan tetapi bisa menjadi ambang kesuksesan di masa depan jika produk tersebut di sukai banyak masyarakat.

    BalasHapus
  68. Nama : Candra Andika Putra
    NIM : 41617110106

    Berinovasi dalam berwirausaha adalah hal yang sangat bagus jika dalam inovasi tersebut diperhitungkan secara matang. Seperti halnya pada brand pocary sweat ini, perusahan mempunyai inovasi dan diperhitungkan dengan teliti mengenai rasa, tekstur, dan warna. Dan yang terpenting, inovasi tersebut di senangi oleh para pelanggan.

    BalasHapus
  69. Seto Dwiki Kurniawan - 41815120043



    Dalam Video tersebut dapat Disimpukan dalam Menciptakan Produk Baru atau ide bisnis baru harus berani ambil resiko sekalipun akan merugi.,
    untung atau Rugi itu urusan belakang, Yang Paling penting yaitu "mensosialisakn konsep produk secara tepat daripada menjual produk".
    Ciptakan Pasar kita, Kenalkan Produk kita Ke konsumen, seiring waktu Produk akan di terima oleh konsumen

    BalasHapus
  70. Nama : Rizky Khoiruttamami
    Nim : 44115010033

    Video singkat tentang perkembangan pocaru sweat ini sangat menginspirasi bagi kalangan wirausaha yang ingin memulai usaha maupun yang sudah memulainya. Kesuksesan suatu perusahaan akan diraih ketika mereka memulai sesuatu yang baru, menciptakan inovasi yang baru atau mengembangkan sesuatu yang ada akan.

    BalasHapus
  71. Nama : Aan Budi Setiawan
    Nim : 41314110024

    Inovasi dan kegagalan seperti 2 mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Untuk mendapatkan sesuatu yang baru dalam bisnis memerlukan banyak sekali percobaan yang harus dilakukan, dan juga waktu yang lama. Namun berkat tekat kuat dan didukung dengan fasilitas yang ada akhirnya pocari dapat membuat minuman kesehatan yang belum ada sebelumnya.

    BalasHapus
  72. Nama : Fahrul Rozi
    NIM : 41617120013

    Akihiko Otsuka mempunyai keinginan untuk membuat sebuah produk dan keputusan inovatif lainnya dari presiden direktur Akihiko Otsuka adalah membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis. Lalu Akihisa Takaichi, seorang peneliti muda yang ditugasi oleh Rokuro Harima untuk membuat minuman baru ini memikirkan penelitian siang dan malam. betapa gigihnya perjuangan dia sampai akhirnya dia menemukan paduan yang khas dengan salah satu jenis jeruk. Selain itu, Akihiko Otsuka yang mendapatkan tanggapan negatif dari para anggota direksi tetap teguh untuk menjual produk minuman barunya.
    Keputusan Akihiko Otsuka untuk membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis juga merupakan langkah yang berani.

    Kesimpulan berdasarkan video tersebut sangat menginspirasi untuk menemukan dan mempertahankan ide bisnis pada dunia usaha.

    BalasHapus
  73. Nama: Alfiansyah Kurnia Romadhon
    Nim: 41915110023

    Dari tayangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dibutuhkan kerja keras, penelitian/riset, inovasi, dan pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yang yang kita inginkan. Selain itu juga bila kita melakukan sesuatu secara bersungguh sungguh, niscaya akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena menurut saya kerja keras tidak akan membohongi hasil.

    BalasHapus
  74. Nama: Alfiansyah Kurnia Romadhon
    Nim: 41915110023

    Dari tayangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dibutuhkan kerja keras, penelitian/riset, inovasi, dan pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yang yang kita inginkan. Selain itu juga bila kita melakukan sesuatu secara bersungguh sungguh, niscaya akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena menurut saya kerja keras tidak akan membohongi hasil.

    BalasHapus
  75. Irfan Siddik Pakpahan4 April 2019 22.42

    nama: Irfan Siddik Pakpahan
    nim: 41815110165

    Melihat tayangan video tersebut saya menyimpulkan bahwa untuk memulai suatu bisnis bukanlah perkara mudah. perlu suatu itikad dan semangat yang besar untuk menjalankan bisnis. contohnya saja bagaimana bisnis pocari sweat ini berkembang. mulai dari penelitian siang dan malam, kemudian produk ini di tolak oleh market namun dengan usaha yang gigih pada akhirnya pocari sweat ini menjadi minuman yang dikenal seluruh dunia. jiwa pantang menyerah dan terus berusaha mengembangkan produk inilah yang harus dimiliki oleh seorang enterpreneur.

    BalasHapus
  76. Nama : Achmad Chendy Fradana
    Nim : 44215110047

    Bahwa penemuan ide tidaklah mudah, tetapi melalui berbagai tahap, penemuan harus didasari dari keinginan dan tekad yang kuat, dan didasari atas manfaat besar dari produk yang akan dikeluarkan bagi orang yang akan mengkonsumsinya
    Semangat pantang menyerah dari seorang presdir dan seluruh Marketing Pocari sweat membuahkan hasil yang luar biasa menguntungkan dan Pocarisweat menjadi produk yang bermanfaat sampai di masa depan.

    BalasHapus