Rabu, April 10

komunikasi Efektif Bagi Seorang Pemimpin


Oleh : Erlangga Maulana Sakhi (M10-Erlangga)






Abstrak

Komunikasi adalah hal yang kita lakukan sehari-hari. Kegiatan ini secara tidak sadar selalu kita lakukan, namun tidak semua dapat berkomunikasi dengan baik atau efektif. Karena semua itu perlu pembelajaran terlebih dahulu. Ada yang lahir sebagai pembicara ulung, namun ada juga yang perlu pembelajaran lebih lanjut tentang komunikasi.

Kata kunci : komunikasi, efektif.


            Menurut Rokhanah (2014), Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seorang pengirim pesan atau yang disebut sebagai komunikator kepada penerima pesan/sasaran yang disebut sebagai komunikan baik secara langsung melalui lisan maupun secara tidak langsung dengan menggunakan media, yang bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran orang lain, mengubah sikap, dan mempengaruhi orang lainuntuk melakukan sesuatu. Komunikasi juga dapat disebut sebagai proses pertukaran pesan antara dua orang atau lebih, baik secara langsung maupun melalui media. Media komunikasi dapat berupa media cetak (koran, majalah, pamflet, banner, dll) dan media elektronik (radio, televisi, internet).

            Menurut saya komunikasi adalah mendengar dengan baik dan berbicara menggunakan bahasa yang baik pula. Jika menjadi seorang pemimpin pastilah kita akan mengatur orang-orang atau tim yang ada dibawah kepemimpinan kita, baik dalam ranah pemerintahan maupun perusahaan.

            Jangan pernah lupa jika anda terpilih atau menjadi seorang pemimpin anda harus dapat bertanggung jawab dengan jabatan anda. Pembawaan saat komunikasi sangatlah penting agar dapat menjaga keharmonisan antara pemimpin dan bawahbannya.
Komunikasi yang baik memiliki 4 aspek :

      ·         Kondisional
·         Sederhana
·         Tegas
·         Tepat sasaran.

Dari keempat cara tersebut kita dapat mendapatkan komunikasi yang efektif bagi seorang pemimpin

Yang pertama, kondisional, seorang pemimpin harus dapat menentukan dengan siapa dia berbicara, tetap rendah hati dengan bawahannyan namun juga dapat tegas dalam mengambil keputusan.

Kedua, sederhana, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti dan berbicaralah dengan lantang menyampaikan maksud dari pembicaran tersebut, jangan bertele-tele dalam menyampaikan informasi.

Ketiga, tegas. Tegas disini memiliki artian tetap berwibawa walaupun santai dalam menyampaikan. Jelas dan lugas dalam memberikan arahan.

Terakhir, tepat sasaran. Semua pembocaraan memiliki porsinya masing-masing, karena pemahaman seseorang sangatlah berbeda jadi penempatan dan pemilihan kata sangatlah penting.

DAFTAR PUSTAKA
·         Rokhanah,Siti. (2014). Apa Itu Komunikasi?. Dalam https://www.kompasiana.com/sitirokhanah97/552ca66b6ea834992d8b45f9/apa-itu-komunikasi , diakses pada (10 April 2019).
·         Ananda,S,Melynda. 2018. Menjadi Pemimpin dengan Komunikasi yang Baik. Dalam https://www.kompasiana.com/melynda25588/5b57c87c5e1373585d2a1312/menjadi-pemimpin-dengan-komunikasi-yang-baik?page=all , diakses pada (10 April 2019).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar