Jumat, Mei 10

Pentingnya Sebuah Model Bisnis

Oleh : Aris Akbar Setiawan (41618010012)

Abstrak

Mau mengembangkan bisnis yang sedang running saat ini? Semua bisnis harus memiliki bisnis model. Jika tidak jelas bisnis modelnya maka hal ini akan menyulitkan di masa depan. Orang sering mengatakan berbisnis sambil mencari bentuk dan menemukan bentuk. Secara ideal sebenarnya sebelum mulai berbisnis harus menentukan dulu bentuknya seperti apa. Namun yang terjadi pada kebanyakan bisnis adalah berjalan seperti “air mengalir”.Membuat bisnis baru atau pun yang sudah ada perlu dibuatkan bisnis modelnya agar jelas apa yang akan, sedang, dan sudah dikerjakan.
Definisi
Business model sebenarnya adalah frame dari sebuah rencana bisnis dengan memikirkan bagaimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau pendapatan dengan memperhitungkan semua komponen bisnis. Pengertian sederhananya adalah bagaimana perusahaan akan menghasilkan uang. Itulah yang harus dipikirkan! How to make money!

Seseorang yang bernama Alexander Osterwalder menciptakan sebuah canvas pada tahun 2008, dirancang untuk business model yang dikenal dengan Lean Canvas. Dengan menggunakan Lean Canvas ini maka aktivitas utama dalam bisnis terlihat jelas dan dapat di-explore lebih jauh untuk menentukan business modelyang baik. Lean Canvas ini tampak ramping dengan 9 blok yang sederhana namun mengandung 9 key activities dalam sebuah model bisnis. Canvas ini adalah sebuah strategic management yang baik untuk digunakan dalam start up business ataupun mengembangkan existing business. Para entrepreneur maupun intrapreneur dengan mudah menggunakan Lean Canvas ini untuk model bisnis mereka.mau mengembangkan bisnis yang sedang running saat ini? Semua bisnis harus memiliki bisnis model. Jika tidak jelas bisnis modelnya maka hal ini akan menyulitkan di masa depan. Orang sering mengatakan berbisnis sambil mencari bentuk dan menemukan bentuk. Secara ideal sebenarnya sebelum mulai berbisnis harus menentukan dulu bentuknya seperti apa. Namun yang terjadi pada kebanyakan bisnis adalah berjalan seperti “air mengalir”.Membuat bisnis baru atau pun yang sudah ada perlu dibuatkan bisnis modelnya agar jelas apa yang akan, sedang, dan sudah dikerjakan.
Model bisnis merupakan salah satu elemen penting dalam memulai bisnis. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus memiliki model bisnis yang akan menjadi bagian penting dalam tahap perencanaan:
  1. Model bisnis membuat perusahaan menjadi lebih terarah mengenai bagaimana, di mana dan kapan produk yang dihasilkan akan berfungsi dengan maksimal. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan simulasi produk. Contohnya, target pasar memengaruhi desain kemasan produk. Di samping itu, dengan model bisnis, kamu bisa fokus mengembangkan dan menekuni 1 jenis bisnis.
  2. Model bisnis dapat membantu kamu mendeteksi kelemahan produk/jasa kamu dan menemukan tindakan pencegahan untuk kelemahan tersebut. Kamu juga dapat mendeteksi kelemahan produk/jasa kamu jika dibandingkan dengan produk/jasa sainganmu. Dengan begini, produk/jasa kamu sudah sangat siap saat diluncurkan.
  3. Saat memulai bisnis, kamu tentu harus melakukan riset seperti riset pasar, riset bahan baku dan riset lainnya untuk mempersiapkan produk/jasamu untuk diluncurkan. Model bisnis akan membantu kamu agar kamu tidak kewalahan saat melakukan riset sehingga kamu tahu riset apa saja yang harus kamu lakukan sehingga tidak ada yang terlewat.
  4. Menjalankan bisnis seperti pergi berperang, kamu membutuhkan strategi yang tepat. Model bisnis yang kamu rancang akan membantu kamu untuk menentukan strategi produksi, strategi pemasaran dan strategi penjualan.
Kesimpulan.
Itulah 4 keuntungan membuat model bisnis sebelum benar-benar memulai bisnis. Menjalankan bisnis sama seperti pergi berperang, kamu harus memiliki amunisi dan rencana yang tepat untuk menang. Model bisnis yang kamu rancang akan menjadi pedoman untuk kamu menjalankan bisnismu dengan baik, teratur dan terarah. Duduklah bersama co-founder mu atau rekan kerja mu dan mulailah membuat model bisnis untuk usaha kamu.
Daftar Pustaka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar