Minggu, Mei 19

Jenis-jenis Bisnis dan Pemodalannya


Abstrak:
Hingga saat ini, masih banyak yang bertanya manakah bisnis yang paling menguntungkan? Apakah bisnis konvensional dengan cara lama (offline) atau bisnis yang menggunakan digital (online) yang sedang naik daun saat ini? Terutama di Indonesia ini. Juga beberapa orang masih memikirkan untuk modal dalam menjalankan bisnisnya. Memang modal sangat berpengaruh terhadap bisnis seseorang, tetapi saat ini banyak cara untuk mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis.
Kata kunci: macam-macam bisnis dan modal

Pengertian Bisnis
·         Pengertian Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi yang kegiatannya berupa menjual barang ataupun jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (Keuntungan).




·         Pengertian Bisnis Secara Historis yaitu, kata bisnis dari bahasa Inggris business, yang merupakan kata dasar dari busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam hal ini, bisnis berarti sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan.

·         Pengertian Bisnis Dalam Ekonomi Kapitalis, Bisnis dalam ekonomi kapitalis kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta, bisnis di bentuk untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan pelaku / pekerja dari sebuah bisnis tersebut akan mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.
·         Pengertian Bisnis Secara Etimologi, Bisnis secara etimologi berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, yaitu tergantung skupnya dari penggunaan singular. Kata bisnis dapat merujuk pada sebuah badan usaha, yaitu kesatuan yuridis / hukum, teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

Macam dan Jenis Bisnis
Bisnis sendiri masih terdiri dari berbagai macam tipe. Sehingga akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan macam dan jenisnya dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan untuk membedakan bisnis dan macamnya adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas /kegiatan yang dilakukannya dalam hal yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.
Beberapa Macam dan Jenis Bisnis di antaranya adalah :
·         Manufaktur
·         Bisnis Jasa
·         Bisnis Pengecer dan Distributor (Penjual)
·         Bisnis Pertanian dan Pertambangan
·         Bisnis Finansial 
·         Bisnis Real Estate 

Pengertian Modal Usaha
Pengertian modal usaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “modal usaha adalah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan”. Modal dalam pengertian ini dapat diinterpretasikan sebagai sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatankegiatan bisnis. Banyak kalangan yang memandang bahwa modal uang bukanlah segala-galanya dalam sebuah bisnis. Namun perlu dipahami bahwa uang dalam sebuah usaha sangat diperlukan. Persoalan di sini bukanlah penting tidaknya modal, karena keberadaannya memang sangat diperlukan, akan tetapi bagaimana mengelola modal secara optimal sehingga bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar (Amirullah, 2009:7).
Macam-macam Modal

1)      Modal Sendiri
Menurut Mardiyatmo (2008) mengatakan bahwa modal sendiri adalah modal yang diperleh dari pemilik usaha itu sendiri. Modal sendiri terdiri dari tabungan, sumbangan, hibah, saudara, dan lain sebagainya.

2)      Modal Asing (Pinjaman)
Modal asing atau modal pinjaman adalah modal yang biasanya diperoleh dari pihak luar perusahaan dan biasanya diperoleh dari pinjaman. Keuntungan modal pinjaman adalah jumlahnya yang tidak terbatas, artinya tersedia dalam jumlah banyak. Di samping itu, dengan menggunakan modal pinjaman biasanya timbul motivasi dari pihak manajemen untuk mengerjakan usaha dengan sungguh-sungguh.

3)      Modal Patungan
Selain modal sendiri atau pinjaman, juga bisa menggunakan modal usaha dengan cara berbagai kepemilikan usaha dengan orang lain. Caranya dengan menggabungkan antara modal sendiri dengan modal satu orang 35 teman atau beberapa orang (yang berperan sebagai mitra usaha) (Jackie Ambadar, 2010: 15).

Selanjutnya ada beberapa bisnis rumahan yang gampang untuk dilakukan dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Berbeda dengan bisnis yang membutuhkan sewa tempat yang biasanya membutuhkan modal cukup besar untuk biaya sewa.

Bisnis rumahan cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga, atau usaha sampingan yang bisa menambah pemasukan keuangan keluarga. Tidak menutup kemungkinan juga bisa dijalankan berdua, suami dan istri. Di bawah ini akan dibahas beberapa macam bisnis rumahan yang lagi tren saat ini:
·         Online Shop (Dropship)
·         Les Pelajaran Sekolah
·         Catering
·         Kedai Sarapan Pagi
·         Aneka Pembayaran Online
·         Isi Ulang Air Minum

Pentingnya Modal Dalam Membantu Mengembangkan Bisnis
Untuk menjalankan sebuah usaha yang sukses, dibutuhkan tidak hanya produk dan pelayanan terbaik untuk dijual demi mendapatkan keuntungan. Ada beberapa faktor yang menentukan apakah bisnis dapat berkembang hingga periode tertentu atau bahkan hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Salah satu hal terpenting yang membedakan apakah Anda bisa sukses menjalankan bisnis adalah, apakah Anda bisa mengakses ke permodalan dengan mudah atau tidak.

Menurut survey yang dilakukan oleh peneliti di UCLA, NYU dan Texas University, bisnis yang menerima peminjaman modal dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya hingga 50%. Kebalikannya, bisnis yang tidak mengajukan pinjaman memiliki tingkat kegagalan bisnis hingga 70%. 

Fleksibilitas keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk kesuksesan berbinis dan ini dimulai dari aliran kas yang jelas dan kemampuan untuk membeli perlengkapan dan suplai yang dibutuhkan. Aliran kas yang tidak lancar akan memberikan reputasi yang buruk kepada investor atau kepada instansi peminjam.

Kesimpulan:
Jadi pada zaman yang sudah maju akan teknologi seperti peluang bisnis lebih banyak dari pada zaman sebelum ini. Banyak model-model bisnis yang bisa dijalankan secara mandiri atau bersama-sama. Untuk pemodalan juga banyak cara untuk mendapatkannya, contohnya seperti: meminjam ke bank, mencari investor, hingga patungan.

DAFTAR PUSTAKA
Anonym. 2019. “Seberapa Penting Modal terhadap Bisnis Anda?” dan https://blog.mokapos.com/2018/05/28/seberapa-penting-modal-terhadap-bisnis-anda (diakses pada 19 Mei 2019)
Faizal, Danang. 2017. “PENGARUH MODAL USAHA, LAMA USAHA, DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA LANTING DI LEMAH DUWUR, KECAMATAN KUWARASAN, KABUPATEN KEBUMEN” dan http://eprints.uny.ac.id/53723/1/SKRIPSI.pdf (diakses pada 19 Mei 2019)
Oebit, Eril. 2018. “10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil & Untung Besar” dan https://www.jurnal.id/id/blog/2018-10-macam-bisnis-rumahan-dengan-modal-kecil-untung-besar/ (diakses pada 19 Mei 2019)
Choluoxy, 2016. “Pengertian Bisnis, Jenis dan Macam Bisnis Yang Harus Kamu Tahu” dan http://www.ambyaberbagi.com/2016/01/pengertian-bisnis-jenis-dan-macam.html (diakses padda 19 Mei 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar