Jumat, Juni 21

Manajemen Bisnis dan Fungsinya


ABSTRAK
            Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang di dalam bidang perindustrian. Teori manajemen banyak ragamnya, demikian pula fungsi-fungsinya, dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks maka dari itu dibuat model manajemen dalam suatu organisasi. Artikel berikut akan membahas mengenai manajemen dan fungsinya

KATA KUNCI: dasar manajemen dan fungsi-fungsinya

Definisi manajemen didefinisikan  secara  beragam  berdasarkan  pakar  manajemen. Teori manajemen banyak ragamnya, demikian pula fungsi-fungsinya, dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks maka dari itu dibuat model manajemen dalam suatu organisasi. Ilmu manajemen dapat diterapkan bagi semua bentuk organisasi, seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, politik, keagamaan, dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, seseorang mempelajari manajemen diharapkan memiliki pengetahuan dasar manajemen dan dapat menerapkannya pada situasi yang ada, dan mampu fleksibel terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya.
Mengapa Manajemen dibutuhkan :
  1. Untuk mencapai tujuan
  2. Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
  3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
Secara etimologi, kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Manajemen adalah suatu cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien yang bersifat masif, kompleks dan bernilai tinggi tentulah sangat dibutuhkan manajemen. Sebagai contoh, karya-karya seni peradaban manusia seperti menara Eifel, tembok besar Cina, candi Borobudur dan lain sebagainya merupakan hasil dari suatu proses manajemen yang sukses. Ilmu Manajemen sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada orang yang melaksanakan manajemen sehingga mampu merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Kegiatan – kegiatan dalam fungsi manajemen, menurut Nickels, Mc Hugh and Mc Hugh tahun 1997, beberapa kegiatan yang terkait dengan setiap fungsi manajemen adalah :
  1. Fungsi perencanaan (planning)
·         Menetapkan tujuan dan target bisnis
·         Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis
·         Menentukan sumber – sumber daya yang di perlukan
·         Menetapkan standar atau indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
  1. Fungsi pengorganisasian (organizing)
·         Mengaaan umber daya, mermuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
·         Menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
·         Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengenbangan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
  1. Fungsi kepemimpinan (leading)
·         Mengimplementasikan proses kepemimpinan , pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
·         Memberikan tugas dan penjelasan mengenai pekerjaan
·         Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
  1. Fungsi pengawasan (controlling)
·         Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator yang telah di tetapkan.
·         Mengambil langkah klasifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
·         Melakukan berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

KESIMPULAN
            Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Fungsi kepemimpinan merupakan kunci yang paling utama dalam kegiatan manajemen, maka dari itu peran seorang manajer sangatlah penting. Untuk membuat orang lain mengerjakan sesuatu mencapai suatu tujuan organisasi tentu bukanlah hal yang mudah, karena dibutuhkan seni dan skill dari seorang manajer yang handal. Manajer handal yang baik adalah manajer yang mampu membentuk orang lain sebagai pengganti dirinya. Keberadaan manajer yang handal merupakan aset terbesar sebuah organisasi atau perusahaan yang sangat bernilai.
DAFTAR PUSTAKA
·         Anonim. “modul kewirausahaan I:dasar manajemen dan fungsi manajemen dalam organisasi” (diunduh 20 juni 2019)
·         Z, Umanansyah. 2015. “fungsi manajemen” dalam http://digilib.uinsby.ac.id/4084/5/Bab%202.pdf (diunduh 20 juni 2019)
·         Wijaya, Yoga Permana. 2014. “pengertian dasar-dasar manajemen” dalam https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/09/14/pengertian-dan-dasar-dasar-manajemen/ (diakses 20 juni 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar