Kamis, Juli 25

Defini Dasar Manajemen dan Fungsi manajemen


ABSTRAK

A. Pengertian dan Definisi
Dalam bahasa Prancis kuno, kata “manajemen” berasal dari bentuk kata mena-gement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
Sedang, dalam istilah bahasa Italia, “manajemen” berarti “managiere” , yang artinya melatih kuda atau sebagai pelatih. (Jawahir Tanthowi, 1983:9)

Adapun istilah Latin dari kata “manajemen” adalah “managiere”, yang berarti ; melakukan, melaksanakan, mengurus sesuatu … sebab kata “managiere” terdiri dari dua kata, manus dan agreeManus berarti “tangan” dan Agreeberarti melakukan atau melaksanakan. Berbeda dengan istilah diatas, dalam bahasa Arab, istilah “manajemen” biasanya dipadankan dengan bentuk kata “idarah”, yang berarti mengatur atau pengaturan (kantor-an), sedang pada bahasa Perancis disebut administration.

Karena itu, banyak sudah orang memberikan arti pada istilah manajemen ini, mulau pengertian yang amat sederhana, sebagaimana tersebut diatas sampai dengan pengertian yang rinci. Beberapa pengertian itu dapat dikutipkan sebagiannya sebagai berikut.

Misalnya, manajemen adalah proses pengambilan keputusan. Ini merupakan definisi yang paling sederhana, meskipun bukan secara bahasa. Definisi yang lebih lengkap diberikan oleh Federick Winslow Taylor, yang merupakan bapak manajemen yaitu :

Suatu percobaan yang sunggu-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan, analisis, pengukuran, dan percobaan serta pembuktian.

Selain definisi tersebut diatas, ada beberapa definisi manajemen menurut generasi Taylor selanjutnya dari para ahli lain. Sebagaimana dikatakan Georgy Terry, bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan tertentu dengan menggunakan bantuan orang lain.

Menurut James A.F Stoner dalam buku manajemen dikatakan bahwa management (manajemen) adalah proses perencanaan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan. (Stoner, Freeman, Gilbert JR., 1996 : 7)

Manajemen juga dapat dikatakan sebagai suatu proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan-tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pada orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. (Nickels, McHugh and McHugh, 1997)

Menurut Hani Handoko (dalam Darsono Wisadirana, 2008 : 104), memberikan pengertian manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Masih banyak lagi definisi yang diberikan para ahli lain, namun secara umum memiliki pengertian yang hampir sama, dan jika ada perbedaan, perbedaan itu akibat titik berat pandangan yang berbeda. Dari definisi diatas, kiranya akan sudah dapat disimpulkan apa sebenarnya manajemen itu.

Dari definisi tersebut diatas, akan dapat dijabarkan kegiatan-kegiatan atau fungsi manajemen ini sebagai suatu aktivis dalam mencapai suatu hasil organisasi. Hal ini tercermin dari berbagai fungsi yang satu dengan yang lainnya, Memang dijumpai adanya variasi karena cara melihat kegiatan manajemen yang berbeda. Namun jika direnungkan dan dibandingkan fungsi yang satu dengan yang lainnya melalui pengertian-pengertian atau sisi kegiatan menurut versi masing-masing ahli hampir sama. Kata "manajemen" tampaknya sudah begitu sering kita dengar. Manajemen erat kaitannya dengan konsep organisasi. 

Sehubungan dengan hat tersebut, maka ada baiknya kita memahami dulu pengertian dari organisasi. Menurut Griffin (2002), organisasi adalah a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Atau dengan bahasa lain, penulis mendefinisikan organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.

Fungsi-fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.  Adapun fungsi-fungsi manajemen yaitu antara lain :

1.     Planning (perencanaan) adalah sesuatu yang dinyatakan hari ini untuk mencapai tujuan atau dengan kata lain bagaimana menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.
2.     Organizing (pengorganisasian) adalah fungsi manajemen bagaimana mengatur semua sumber daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing.
3.   Staffing (penyusunan staf) adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan penyusunan personalia mulai dari recruitmen, peletakan, training, dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif, pada intinya meletakan orang yang cocok sesuai pada posisi yang tepat.
4.     Directing (pengarahan) adalah fungsi manajemen dalam hal pengarahan lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kinerja dengan optimal.
5.     Controlling (pengendalian/pengawasan) adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan dengan cara mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan, melakukan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan dan memberi alternatif solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah yang terjadi.

Tujuan Manajemen Organisasi
Tujuan utama organizational management dalam perusahaan adalah untuk mencapai apa yang diiginkan oleh organisasi tersebut dengan cara seefisien mungkin. Sehingga dalam jangka panjang dapat menjamin profitabilitas perusahaan.
Manajemen organisasi bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan dalam suatu bisnis atau perusahaan, terutama dalam bisnis yang sedang berkembang. Tanpa adanya manajemen organisasi yang baik bisa menjadi penyebab kemunduran profibilitas perusahaan hingga berujung pada perpecahan secara internal.

Daftar Pustaka

Unknown. Tentang Manajemen bisnis dan organisasi bisnis . https://datakata.wordpress.com/2014/01/15/dasar-dasar-manajemen-pendahuluan/ . 15 JANUARY 2014.
Hamzali Said . Fungsi – fungsi manajemen bisnis https://saidhamzali.wordpress.com/manajemen/fungsi-fungsi-manajemen-dalam-organisasi/ . 2013




Tidak ada komentar:

Posting Komentar