Kamis, Juli 4

Manajemen Bisnis

ABSTRAK

Banyak orang mengatakan bahwa “Ide atau gagasan” mahal harganya. Tentunya

tidak sembarang ide, tetapi ide yang mempunyai nilai komersial dan ide itu ditulis dalam suatu rencana usaha atau rencana bisnis. Sebenarnya banyak orang mempunyai ide cemerlang, ide yang hebat-hebat serta mempunyai nilai komersial tinggi tetapi ide itu tetaplah hanya sekedar ide bahkan hanya sekedar impian yang numpang lewat, karena ide yang hebat tadi tidak pernah ditulis atau dikomunikasikan kepada pihak lain ataupun diimplementasikan.

Manajemen secara umum merupakan suatu proses dari serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian/pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, dasar-dasar manajemen sangat penting dipahami bagi seseorang yang sedang mengembangkan bisnis.

Efektif artinya, tidak asal tujuan tercapai meskipun dengan biaya, tenaga, waktu yang banyak, tetapi dimaksudkan dengan biaya yang seminim mungkin, hasilnya dapat memuaskan atau mendapatkan hasil yang bermanfaat terhadap masyarakat. Jadi singkatnya tujuan manajemen adalah mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil mungkin. Dengan kata lain, untuk memperoleh efisiensi (daya guna) dalam kerja atau guna mendapatkan suatu teknik/metode dengan cara bagaimanakah yang sebaik-baiknya kita lakukan dengan menggunakan sumber-sumber yang terbatas dapat diperoleh hasil yang sebesar-besarnya.

Organisasi apa pun itu tentu perlu sebuah kegunaan manajemen yang bagus di dalamnya, baik organisasi itu dalam bentuk perusahaan, pemerintahan, kemahasiswaan ataupun organisasi sosial lainnya. Karena sebuah kesatuan manajemen tidak dapat bisa berjalan dengan baik andaikan tidak jelas tugas pokok dan fungsinya. Sudah banyak contoh masalah manajemen yang buruk dalam organisasi.

DAFTAR PUSTAKA
Budi. 2018. Pengertian Manajemen dan Empat Fungsi Dasar Manajemen.https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-empat-fungsi-dasar-manajemen/
Amalia, Dina. 2017. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen.https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-fungsi-dan-unsur-unsur-manajemen/
Andrias Harefa. (2008). Berwirausaha dari Nol 10 Kiat Sukses dengan ModalSeadanya. Jakarta: Gramedia.

Feddy Rangkuti. (2000). Business Plan, Teknik Membuat Perencanaan Bisnis danAnalisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar