Selasa, Maret 24

Design Bisnis PT. Maju Sekawan Mandiri (ACKITA)




Salam Wira Salam Usaha,


Di era yang serba digital (Era 4.0) ini semakin di mudahkan nya pelayanan, sudah saat nya kita beradaptasi dengan teknologi dan zaman, kita tidak bisa melawan arus agar tidak tergerus. Bisnis yang saya jalani adalah di bidang tata udara atau Air Conditioner Maintenance, Repair & Installation, bertahun-tahun saya membangun bisnis ini dengan networking yang ada, dari mulai pertemanan komunitas, keluarga besar, teman-teman yang baru di temui, dan teman akademis semua adalah calon customer kita yang tidak harus kita prospek secara terus menerus, kita hanya perlu membangun hubungan yang baik karena perkenalan sebelum ada kebutuhan adalah yang terbaik daripada anda membutuhkan orang itu lalu berkenalan. Maka sejak saat saya menyadari hubungan baik itu perlu di bangun, saya terus mengasah skill komunikasi, empati dan simpati saya.

‘’Proses dengan metode design thinking akan menghasilkan produk tidak hanya dapat dijual atau menggunkan tiknologi yang paling canggih . Metode ini menggabungkan kebutuhan teknologi yang sesuai dan tetap membuat sesuai yang dapat berhasil sebagai sebuah bisnis’’.

Saya sangat setuju dengan kata-kata ini yang saya temui di modul kewirausahaan yang di buat oleh bapak Dosen. Saya menggabungkan kebutuhan akan pelayanan yang cepat, tepat dan efektiv, yaitu saya mulai membangun website perusahaan dengan itu calon customer bisa melakukan order di website saya, saat ini website sedang di design oleh saya sendiri.  Dan setelah website ini selesai, saya akan mulai merambah ke aplikasi, aplikasi yang bisa di download di playstore untuk pengguna android dan App Store pengguna apple.

Ini adalah bentuk dari Teknologi dan inovasi, dan tentu pelayanan nya bukan hanya di seputar Air Conditioner saja, saya akan ekspansi ke hal yang relate dengan air conditioner, contoh saja perbaikan Refrigerator, water pump, Kelistrikan, water heater, mesin cuci, dispenser, cooker hood, dsb yang berhubungan.

Pemasaran:
Untuk pemasaran nya saya melakukan Digital Ads, yaitu melakukan iklan di youtube, facebook dan instagram karena 3 medsos ini sangat efektiv untuk melakukan pemasaran, selain banyak pengguna nya dan biaya untuk Ads nya tidak terlalu mahal, dibanding menyebarkan flyer di lampu merah, sosial media menjangkau orang-orang yang tidak terjangkau oleh iklan offline.
Dan saya meminta bantuan kepada kerabat dan keluarga untuk share poster digital, link website dan aplikasi atau melakukan endorsement kepada akun-akun influencer yang mempunyai follower ribuan, tapi hal ini dilakukan setelah account media sosial, website dan app sudah benar benar proper untuk di publish dan dikatakan sebagai sesuatu yang pantas mewakili perusahaan. Tentu sayang sekali jika kita sudah melakukan blast tapi akun sosial media masih berantakan, website belum terdesign dengan baik.


SDM:
pemasaran sudah harus di barengin dengan kesiapan SDM, karena jika pemasaran sudah dilakukan secara masiv dengan memakan modal yang tidak sedikit, tentu saja SDM harus di persiapkan dengan baik, jika ada order atau lonjakan order maka sudah harus siap, karena proyek yang banyak adalah tujuan dari design bisnis yang baik dan terstruktur serta perhitungan yang benar-benar matang.

Equipment:
Ini tidak kalah penting dan memang hal yang harus di perhatikan juga, kelengkapan peralatan dan proper atau memadai adalah alat pendukung dari keberhasilan pekerjaan atau proyek yang di kerjakan.



Creator and Editor: Rinaldi Hidayat (as Founder/CEO PT. Maju Sekawan Mandiri (ACKITA)
Bussiness Code: R34
Nim: 44216110200

Tidak ada komentar:

Posting Komentar