Rabu, Maret 25

Ide Bisnis dan Mind Mapping




Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghabisakan waktu luang dengan cara yang menghasilkan , salah satunya berwirausaha. Banyak usaha atau bisnis yang bisa dijalankan tanpa membuka toko, di era sekarang “belanja online” atau “jasa pesan antar” dapat digunakan atau dimanfaatkan bahkan untuk keuntungan bisa lebih daripada membuka toko.  
kunci sukses dalam berwirausaha adalah kemampuan pebisnis dalam menuangkan ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Sebuah ide akan ditulis dalam suatu rencana usaha atau rencana bisnis yang merupakan langkah awal membangun sebuah usaha. Sebenarnya banyak orang sudah memiliki ide tetapi sulit merealisasikan ataupun tidak memiliki keinginan untuk memulainya. Hal ini sangat penting bagi saya ataupun orang lain dalam membuka bisnis.
Alasan saya membuka bisnis kue ini adalah saya ingin membantu mempermudah karena sebagian masyarakat yang ingin membuat acara tanpa harus repot membuat sendiri sajian kepada tamu undangan. Dan menurut saya ini adalah Salah satu bisnis yang bisa jadi awalan dengan prospek yang menjanjikan. Peluang untuk mendapatkan pasar dalam bisnis kue terbilang cerah dan besar. Bahkan, seorang pemula sekalipun bisa mencetak untung dari bisnis ini.

Beberapa strategi yang saya ingin buat untuk bisnis ini adalah,
1. Perencanaan yang  matang
Apa pun jenis bisnisnya selalu membutuhkan perencanaan yang matang, termasuk dalam berbisnis kue. Selalu pastikan bahwa kita memang benar-benar merencanakan bisnis tersebut dengan matang. Tentunya berbagai hal dan langkah yang diambil memang benar-benar telah diperhitungkan dengan baik dan tepat. Hal ini akan membantu dalam mengatasi berbagai masalah yang merintangi jalannya bisnis. Bahkan, di luar dugaan, perencanaan yang matang sanggup mengantisipasi beberapa masalah yang mungkin tidak diperhitungkan sejak awal. Penting bagi kita untuk memiliki perencanaan mendetail dan sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu, berbagai kendala dan risiko bisa diatasi dengan baik. Jangan menyusun rencana yang tidak masuk akal.
2. Mencari pasar yang tepat
Temukan dan bidik pasar yang paling tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Kita harus benar-benar yakin bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik. Artinya, kita harus jeli dan pintar dalam melihat peluang dan berbagai risiko di pasar yang akan dimasuki nantinya. Jangan memaksakan diri untuk menembus pasar yang peluangnya kecil. Pasar yang menjanjikan adalah pasar yang masih memiliki kemungkinan untuk selalu berkembang dan memiliki tingkat persaingan yang minim.
3. Mempersiapan modal dan konsep yang jelas
Konsep dan modal menjadi poin penting yang akan membantu. Kedua poin tersebut diperlukan keberadaannya dalam bisnis apa pun. Konsep yang baik dan tepat akan melancarkan kita untuk bisa mendapatkan untung dari pasar yang dibidik.Tak mengherankan jika sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu untuk membuat konsep bisnis dengan matang. Tak jauh beda dengan konsep, modal yang dimiliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tak ada jaminan modal besar akan melahirkan untung yang besar. Justru modal kecil yang memberi untung besarlah yang membuat orang mendapat predikat pebisnis sukses, tak terkecuali pebisnis kue.
4. Selalu berinovasi
Inovasi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Meskipun bisnis tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan lancar, bukan berarti kita berhenti untuk berinovasi. Semapan-mapannya bisnis pada akhirnya akan ambruk karena nihilnya inovasi. Selalu lahirkan inovasi produk yang membuat pasar tetap bergairah dan setia dengan kue buatan. Selalu ingat, dunia bisnis penuh persaingan dan yang berbisnis kue bukan hanya kita seorang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar