Jumat, Maret 20

QUIZ IDE BISNIS (Q14-FATUR)


Di buat oleh : FATUR RAHMAN
 (Q14-FATUR)
Nim : 41319010037
Tugas : Buatlah ide bisnis anda



Usaha / Bisnis Jasa

Assalamualaikum, sebelum nya, menurut saya jadi pengusaha itu menjanjikan masa depan karena, Salah satu kunci kesuksesan ialah memulai suatu usaha dan adanya kemampuan menuangkan ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Bisnis / usaha saya ada di jasa dan  konveksi, mau itu baju, jaket atau almamater semua saya jalankan, karena saya tau dimasa modern sekarang banyak sekali orang yang ingin membuat baju dengan desain sendiri, lalu dipromosikan melalu media online atau pun media lainnya, maka dari itu saya dan teman saya sedang menjalankan dan mempromosikan brand yang saya dan teman saya buat, Dari kita membuat brand atau usaha kecil – kecilan, kita juga harus melihat yang namanya S.W.O.T karena sangat berpengaruh bagi setiap pengusaha atau pembisnis.

Iya pertama kita harus tau :

S : Kekuatan (Strenghts) : adalah sumber daya, keterampilan, atau keungulan-keungulan lain yang berhubungan dengan para pesaing perusahaan dan kebutuhan pasar yang dapat dilayani oleh perusahaan yang diharapkan dapat dilayani.
W : Kelemahan (Weakness) : adalah Keterbatasan tersebut daoat berupa fasilitas, sumber daya keuangan,kemampuan manajemen dan keterampilan pemasaran dapat merupakan sumber dari kelemahan perusahaan.
O : Peluang (Opportunities) : adalah meningkatnya hubungan antara perusahaan dengan pembeli atau pemasokk merupakan gambaran peluang bagi perusahaan.
T : Ancaman (Threats) : adalah  Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan perusahaan. Adanya peraturan-peraturan pemerintah yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi kesuksesan perusahaan.


Setelah meneliti SWOT kita mendapatkan strategi dalam :

1). Modal : Karena ini bisnis dan usaha kecil – kecilan, jadi modal itu sendiri dari saya dan teman saya tetapi lebih sering modal dari konsumen , contohnya: misalnya ada siswa smp ingin membuat almamater untuk seangkatannya misalnya 200 siswa, nah saya dan teman saya harus menerima uang almamater tersebut minimal 100 siswa sudah lunas atau 50% dari total semuannya untuk modal bahan dan jaittan, kalau masalah desain bebas dan ada contohnya

2). Mencari dan menetapkan supplier : kadang supplier kita berbeda beda, karena untuk baju, jaket, dan almamater harga nya berbeda beda disetiap tempat (pembuat bahan), contohnya : untuk baju kita beli dicititex karena bahan adem dan murah dan nyaman, untuk jaket kita ada ditanah abang, dan untuk almamater kita juga sudah ada tempat langganan. Intinya kita mencari yang terdekat dan murah nyaman dipakai oleh konsumen

3). Bangun Kepercayaan : insyaallah untuk kepercayaan sudah terjalani dari pihak kita sendiri antara fatur dan dody maupun antar konsumen.

4). Amati tren pasar atau promosi : kita telah mengamati, sebagaimana jaman sekarang banyak sekali komunitas – komunitas atau tongkrongan yang ingin membuat suatu gaya tarik mereka itu terlihat, jadinya tongkrongan itu sendiripun membuat baju dengan nama tongkrongan tersebut lalu menjualnya dengan berbagai cara.

5). Menejemen keuangan : keuangan ini diatur oleh teman saya, karena saya terkadang suka sibuk dengan perkuliahan, teman saya sudah lebih awal terjun didunia jasa ini, jadi saya percaya dengan dia, untuk masalah hasil atau laba kami berdua tidak ada yang dirugikan, sebenarnya laba saya dan teman saya berbeda, karena disini saya hanya mempromosikan dan mencari konsumen, terima kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar