Senin, Maret 23

IDE BISNIS

Nama: Febe Putrianne
NIM: 41819010057

Nama Usaha: JASTIP BY FE.
Jenis Usaha: Jasa Titip

Dewasa ini, bisnis jasa titip (jastip) tengah menjadi peluang usaha yang menarik. Jasa titip merupakan bisnis yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang tengah melakukan traveling, baik di dalam negeri maupun luar negeri, dan kemudian membuka jasa pembelian barang-barang yang diinginkan oleh orang lain, dalam artian konsumen. Munculnya pelaku bisnis jastip biasanya berawal dari seseorang yang melakukan pembelian produk dalam rangka hanya untuk memenuhi pesanan kerabat ketika pelaku bisnis jastip tengah melakukan travelling. Lambat laun, para pelaku bisnis jastip melihat peluang usaha dari kegiatan jastip.  Pelaku bisnis jastip dapat mengambil keuntungan dari setiap titipan barang yang dititipkan. Bermodalkan smartphone, koneksi internet, dan media sosial, kegiatan jastip bertransformasi menjadi sebuah bisnis personal shopper yang menguntungkan di tengah berbagai kehadiran online marketplace yang ada. Di tengah dominasi berbagai bisnis online shop kehadiran bisnis jastip tetap dapat menghasilkan keuntungan dan menarik minat konsumen.
Pesatnya perkembangan teknologi, maraknya penggunaan media sosial, serta sifat konsumtif masyarakat Indonesia yang relatif tinggi melatarbelakangi pertumbuhan minat masyarakat melakukan bisnis jastip.  Bisnis jastip yang berkonsep personal shopper tidak mengharuskan pelaku usaha jastip untuk menyetok barang dalam jumlah besar dan beragam seperti layaknya online shop. Pelaku usaha jastip hanya akan membeli barang yang diminta oleh konsumen. Beberapa jenis produk utama yang kerap menjadi sasaran konsumen pengguna layanan jastip antara lain kosmetik, fashion wanita, makanan kemasan, perabotan rumah tangga, pernak-pernik keramik, produk elektronik, dan lain-lain.
Berikut ide bisnis untuk memulai bisnis ini:

  • Datang ke pusat perbelanjaan tertentu yang selama ini paling populer dan punya stok barang cukup lengkap
  • Ketahui produk yang sedang jadi tren
  • Cari produk-produk tersebut dan mulai memfotonya
  • Pajang hasil jepretan itu di akun media social
  • Buatlah promosi yang menarik, menawarkan jasa titip beli ke Instagram dengan menawarkan tarif jasa untuk itu
  • Ketika ada yang berminat, bisa membelikannya dan mengirim ke alamat yang sesuai dan pastikan orang yang berminat untuk dibelikan barang tersebut sudah mentransfer dana berikut tarif titip beli.
Berikut merupakan mind mapping kelompok bisnis saya:



Untuk mendorong keberhasilan usaha jastip kami serta mencegah terjadinya kerugian, hal yang dapat kami lakukan yaitu:
1.       Menjual Barang Ready Stock
Dengan survei terlebih dulu ke toko. Setelah itu, baru potret dan jabarkan barang-barang yang ready stock agar tidak diribetkan dengan masalah pengembalian dana.
2.       Memilih Layanan Ekspedisi Terpercaya
Memastikan layanan ekspedisi  terpercaya agar barang bisa sampai dalam waktu yang ditentukan tanpa kerusakan.
3.       Membuat Jadwal Belanja
Untuk mengurangi  jika tidak ingin berkeliling ke toko-toko, kami dapat membuat jadwal belanja sesuai dengan kedekatan lokasi antar-toko. Cara ini juga akan lebih mengefisien waktu belanja.
4.       Menjaga Kepercayaan Konsumen
Kami menerapkan pemasaran interaktif, maka dari itu kami dapat bangun kepercayaan konsumen. Sebab usaha jastip rentan dengan penipuan, baik dari pihak penyedia jasa maupun pembeli. Sehingga kepercayaan dari keduanya sangat penting untuk mengembangkan usaha.
5.       Memaksimalkan Strategi Penjualan
Selalu jeli untuk mencari cara agar pembeli tertarik membeli. Selain promosi lewat aplikasi chat messanger dan media sosial, dan menawarkan jasa di e-commerce. Ada beberapa e-commerce yang memberi subsidi biaya ongkir. Sehingga menguntungkan untuk pihak penyedia jasa titip dan pembeli.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar