Selasa, Maret 31

NAMA : FATHIMAH AZZAHRA ALAYDRUS

NIM  : 41819010078

EMPATHY SAYA DALAM MENEMUKAN IDE BISNIS




Empati sangat penting dalam sebuah bisnis. Pebisnis perlu menyadarinya agar dapat membangun koneksi yang personal dengan pelanggan.
Saat pembisnis  berempati, pelanggan akan merasa bahwa kita peduli dan bersungguh-sungguh dalam melayani.  Akhirnya, pelanggan akan menjadi loyal terhadap bisnis kita.

7 Sikap Empati yang Harus Dimiliki Pemimpin Bisnis

1. Menjaga Sikap Yang Baik

Dalam menjalani bisnis yang saya bangun dengan kelompok saya, saya akan bersikap baik dengan pelanggan saya, karena menurut saya itu sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja dan perasaan konsumen saya.

2. Hal Hal Di Luar Bisnis

Masalah yang membebani diluar urusan bisnis tidak akan saya bawa dalam bisnis ini, karena saya harus proesional urusan bisnis harus menjadi utama saat berkumpul dengan anggota kelompok bisnis saya. Karena orang lain bisa menganggap saya  tidak lagi memberikan perhatian penuh pada perusahaan.

3. Memperhatikan Kebutuhan Anggota Kelompok

Pemimpin yang berempati akan bersikap dinamis dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan, karena saya memperhatikan kebutuhan kelompok pembisnis saya. Karena saya tahu kebutuhan anggota kelompok saya juga akan berpengaruh pada usaha bisnis yang saya jalankan

4. Tenang Dalam Menghadapi Masalah

Empati membuat perasaan saya tetap tenang dan rasional saat sedang tertekan. Jika bisnis saya mengalami masalah, saya tetap bersikap dewasa dalam menyikapinya dan menenangkan anggota kelompok saya yang juga stres menghadapinya. Karena berlarut dalam kestresan hanya akan menimbulkan masalah bagi bisnis saya

5. Berani Menanggung Risiko Dalam Kelompok

Karena pemimpin yang memiliki sikap empati tidak akan egois. saya harus berani menanggung risiko yang terjadi di dalam kelompok bisnis saya. Karena saya menginginkan perubahan dalam bisnis saya, maka saya harus siap apabila perubahan tersebut tidak sejalan dengan yang saya dan kelompok saya inginkan.

6. Kesuksesan Adalah Milik Bersama

Pemimpin yang berempati tidak hanya mementingkan kesuksesan pribadi. Orientasi saya adalah kelompok bisnis saya, sehingga kesuksesan yang diraih harus dapat dirasakan oleh  semua kelompok bisnis saya.

7. Mengerti Perasaan Kelompok Bisnis

Pemimpin yang memiliki empati harus bisa mengenali perasaan diri sendiri dan juga perasaan kelompok bisnis nya. Saya harus tahu apakah kelompok bisnis saya lagi merasakan kesedihan atau kesenangan, apabila kesedihan maka saya harus menghiburnya.

Saya Juga Memiliki Beberapa Tips Dalam Meningkatkan Kepuasan Bisnis Yang Saya Jalankan Ini :

1. Saya Selalu Memprioritaskan Pelayanan Berdasarkan Kepentingan

Saya mengetahui tidak semua percakapan dengan customer saya penting, jadi saya memutuskan pelayanan yang mendesak terlebih dahulu agar lebih bermanfaat dan pekerjaan lebih efisien

2. Menyelesaikan Akar Masalah Di Bisnis Saya

Tidak dapat dipungkiri semua bisnis pasti mempunyai masalah walaupun kita sudah memberikan usaha yang semaksimal mungkin. Disini saya selalu menyelesaikan masalah sampai ke akar akarnya supaya masalah tersebut tidak timbul lagi

3. Meminta Maaf Apabila Melakukan Kesalahan

Saya harus segera meminta maaf serta harus mencari solusi apabila terjadi complain agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan.


4. Mempunyai  Pendirian
Seorang pemimpin bisnis harus mempunyai pendirian yang tidak mudah goyah, agar tidak membingungkan serta mengarahkan ke solusi yang terbaik. Hal ini lebih efektif dalam menuntaskan permasalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar