Rabu, Maret 11

Berwirausaha adalah impian, sukses adalah bonus.




Nama: Rinaldi Hidayat
Nim: 44216110200
Fakultas Ilmu Komunikasi

Salam Wira, Salam Usaha!

Pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya (Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),
Saya lahir dari keluarga wirausaha dan mulai memahami kewirausahaan sejak SMA, di keluarga saya berwirausaha produksi celana jeans atau konveksi, jual-beli kendaraan, jual beli hewan qurban dan usaha kontrakan, Itulah yang memotivasi saya menjadi wirausaha dengan cara yang berbeda. Tapi sebelum menjadi berwirausaha saya bekerja menjadi karyawan swasta dan posisi terakhir saya adalah supervisor area di bidang tata udara atau biasa kita sebut Air Conditioner / AC selama 4 tahun.
Selama itu saya mempelajari bisnis di bidang tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk tidak bekerja lagi menjadi karyawan dan kini saya membuka perusahaan yang sedang merintis di bidang tersebut yang sudah berjalan 2 tahun, kini saya mempunya 7 karyawan.
Wirausaha, bukan sekedar tentang modal, keberanian dan tekad tapi juga inovasi, kreativitas dan implementasi ini adalah prinsip-prinsip awal yang menumbuhkan jiwa wirausaha, jika didalam diri kita tidak mempunyai ini atau tidak mempelajari dan menanamkan di dalam diri, dikasih modal 100juta pun pasti akan selalu merugi dalam berbisnis. karena prinsip-prinsip ini saling berhubungan tidak bisa terpisah.
Ciri-ciri:
  • Memiliki keberanian mempunyai daya kreasi
  • Berani mengambil risiko
  • Memiliki semangat dan kemauan keras
  • Memiliki analisis yang tepat
  • Tidak konsumtif
  • Memiliki jiwa pemimpin
  • Berorientasi pada masa depan

Tidak punya biaya untuk marketing atau pemasaran?
Dan di era digital saat ini, kita sudah sangat di permudah oleh jaringan yang luas yaitu media sosial yang bisa kita peroleh secara gratis untuk mendapatkan networking untuk ekspansi pasar pada bisnis kita.

Tidak punya modal?
Tentu sangat lebih mudah lagi, kita bisa menjadi dropshiper di toko-toko online, ini juga bentuk baru dari wirausaha.

Tidak punya tempat untuk menyewa kantor atau toko?
Kita bisa menjual nya di online berupa media sosial.

Takut rugi?
Rugi itu hal wajar, semua akan untung pada waktunya seiring ilmu dan networking yang bertambah.

Tidak punya alasan lagi untuk takut berbisnis?
Berarti itu adalah permasalahannya ada di diri kita takut akan mengambil resiko, takut rugi, takut bersaing dan banyak ketakutan-ketakutan yang ada di diri kita tanpa kita sadar kita ciptakan ketakutan itu sendiri dan menyebabkan kita hanya bagian jadi penonton orang-orang yang sudah susah payah berkonsisten dengan usaha nya lalu menikmati hasil nya dengan bangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar