Senin, Maret 23

quiz kewirausahaan q-34 indah ayu lestari

Nama : Indah Ayu Lestari
Jenis usaha : Menjual pakaian 
nim: 43119010338

pembahasan.
Apa sih itu distro ?' 'Apa sih itu clothing' 'Apa perbedaannya ?' mungkin itu adalah pertanyaaan-pertanyaan yang sering kita dengar dari orang-orang yang baru mengenal dunia fashion. Namun tidak apa-apa itu adalah hal yang lumrah bagi orang baru. Dan ingat, jangan mengejek mereka karena anda juga belum mesti tau pengertian dan perbedaan keduanya. Dilihat dari segi etimologis dan terminologis keduanya memang memiliki perbedaan yang mencolok, hanya saja kita yang terlalu sok tau terhadap pengertian dan perbedaannya.


Distro adalah singkatan dari Distribution Store atau Toko Distribusi. Maksudnya adalah toko atau tempat atau outlet yang mendistribusikan atau menjual produk dari pabrik atau penghasil produk tersebut. Namun sekarang ini istilah distro lebih merujuk terhadap toko-toko yang menjual pakaian dan aksesorisnya, padahal toko yang menjual makanan pun bisa disebut sebagai toko distro. Mungkin saja tidak enak didengar kalo toko makanan disebut sebagai toko distro karena sekarang kata 'distro' sangat identik dengan pakaian.

menjual pakaian ala kekinian merupakan salah satu usaha peluang usaha yang sangat cocok digeluti anak muda. Saya katakan demikian karena dalam membuat desain dan model dalam pakaian tersebut dibutuhkan kreatifitas, baik dari segi desain maupun strategi promosi produknya. Cakupan bisnis kaos distro cukup luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan. Tergantung pada konsep fashion yang hendak kita bangun  .
berikut adalah mind mapping mengenai perencanaan bisnis tim saya.

Mind mapping diatas merupakan tujuan dan perencanaan bisnis fashion brand saya dan tim saya atas pemasaran dan penjualan barang tsb.

-Pada minggu pertama  saya dan tim saya mencari model yang menarik untuk dilaksanakannya photo shoot di tempat tempat yang view nya bagus 
-Pada minggu kedua saya memperkenalkan clothing brand saya dan mengupload foto foto pakaian yang di pakai model saya ke instagram clothing brand saya dan menerjunkannya ke dunia pemasaran online lalu mempromosikannya 
-pada minggu ketiga banyak sekali peminat pakaian yang saya jual seperti dikalangan teman,saudara,atau publik , pakaian yang saya dan tim saya jual pun sudah mulai sold out 

Beberapa manfaat dan peranan  business plan dalam berwirausaha antara lain :
  • Peta jalan. Business plan adalah juga peta jalan bagi perusahaan. Seperti kapan kita harus mulai berhenti untuk melakukan manuver seanjutnya. Dalam hal ini business plan dibutuhkan untuk pencapaian target yang telah kita tetapkan di awal tahun memulai suatu usaha. Dalam pembuatan peta, kita wajib melihat dari sisi global baru perlahan menuju sisi yang lebih lokal.
  • Contingency plan. Alangkah baiknya jika kita juga menyediakan beberapa versi business plan. Karena kondisi yang juga tidak akan pasti. Diperlukan banyak alternatif business plan. Meningkatkan daya nalar. Business plan diharapkan dapat meningkatkan daya nalar dari semua orang yang terlibat di dalamnya. Sehingga semua orang yang ada dalam perusahaan bisa menjadi dewasa. Karena kedewasaan penting dimiliki setiap karyawan yang ada di perusahaan.
  • Alat evaluasi. Business plan bisa dijadikan sebagai alat evaluasi. Karena di dalam business plan harusnya terdapat aturan – aturan yang harus dipatuhi sehingga juga memudahkan bagi pengusaha untuk mengetahui alasan dia mengalami peningkatan atau penurunan.

demikianlah penjelasan saya mengenai manfaat dan peranan business plan dalam kewirausahaan. Penting sekali untuk membuat bisnis plan dan melaksanakannya karena dengan adanya bisnis plan kita jadi tahu usaha apa yang ingin kita perjual belikan untuk kedepannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar