Maret 11, 2020

Sukses di Usia Muda Bukanlah Mimpi


Entrepreneurship adalah keyakinan kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Keyakinan ini kemudian ditindaklanjuti dengan keberanian mengambil risiko untuk mewujudkan ide dan inovasinya tersebut melalui organisasi yang didirikan, mulai dari membangun, memelihara, mengembangkan, hingga menghasilkan dampak nyata bagi dunia. Orang yang memiliki keyakinan tersebut disebut entrepreneur atau wirausahawan

Bagi saya menjadi seorang entrepreneur merupakan salah satu langkah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Hampir setiap orang ingin menjadi wirausahawan atau entrepreneur sukses, namun hanya segelintir orang yang serius untuk “take action” dan mewujudkan impiannya menjadi entrepereneur sukses. Risiko dan perencanaan yang terlalu lama seringkali menjadi penghambat seseorang untuk maju dan menjalankan perusahaannya. Untuk membangun bisnis dan menjadi entrepereneur, sebagai langkah awal seseorang harus menumbuhkan jiwa wirausaha dan terjun langsung membangun bisnisnya. Ada beberapa kita agar usaha kita dapat terwujud dan berkembang sesuai dengan keinginan dan cita-cita kita, diantaranya adalah :

Memulai Bisnis dengan Niat & Keyakinan
Ini termasuk kunci dasar yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Bagaimana tidak? Bila kita membuka bisnis tanpa adanya niat dan keyakinan, pasti bisnis tersebut tidak akan berjalan maksimal. Jadikan niat dan keyakinan untuk berwirausaha sebagai pondasi untuk  membangun sebuah bisnis. Jika sudah berniat untuk berbisnis, langkah selanjutnya adalah menumbuhkan keyakinan  untuk membangun bisnis menjadi nyata dan meraih sukses.

Memiliki Kecepatan Melihat Peluang
Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Peluang harus dicari, bila perlu pergilah melakukan perjalanan sekedar untuk mencari peluang-peluang bisnis. Karena setiap orang yang berwirausaha harus pandai mencari peluang. Dari peluang itulah bisa tercipta produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang.

Pelajari Kisah Sukses Orang Lain
Ada banyak kisah pengusaha sukses yang membangun kerajaan bisnisnya dari nol, dengan perjuangan yang berat, jatuh bangun dan akhirnya mencapai kesuksesan yang besar. Kisah sukses seseorang dalam berbisnis ini dapat menumbuhkan motivasi untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri dari ketakutan dan risiko yang akan dihadapi. Motivasi yang tinggi untuk berbisnis secara bertahap akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship dalam diri sendiri.

Modal
Kebanyakan orang ragu untuk memulai bisnis karena tidak ada modal (uang). Untuk mengatasi hal ini, kita yang harus mencari modal. Caranya? Kita harus kerja terlebih dahulu. Kerja pun harus serius. Tidak hanya memandang job desk kita. Kerjakan beberapa hal lain dalam pekerjaan. Selain menambah pemasukan, juga menambah pengalaman kita dalam dunia kerja. Modal juga bisa didapatkan dengan cara meminjam ke Bank ataupun pihak lain.


Fokus dalam Berwirausaha
Banyak halangan dan rintangan yang akan dihadapi dalam memulai sebuah bisnis. Oleh sebab itu sikap fokus yang dibarengi keyakinan dan optimis wajib dimiliki oleh seorang entrepreneur agar tidak mudah menyerah dan berhenti di tengah jalan.

Memiliki Kemampuan Menjual
Hal ini sangat penting dimiliki oleh calon entrepreneur. Bila tidak, semua hanya tinggal angan-angan. Kemampuan menjual adalah satu-satunya cara untuk menarik minat orang agar mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan terus melatih dan mencoba, kemampuan menjual dapat berkembang dari waktu ke waktu.

Lakukan Sekarang Juga
Banyak orang menunda dan beralasan untuk tidak memulai bisnisnya, sehingga impiannya untuk memiliki bisnis hanya jalan di tempat tanpa tindakan untuk mewujudkannya. Seorang calon entrepreneur sukses harus memiliki keberanian untuk “take action” dan menghilangkan ketakutan-ketakutannya serta langsung terjun ke dalam bisnis yang direncanakannya. Jika kita telah memulai dan menjalankan bisnis dengan konsisten, dengan sendirinya mental dan jiwa entrepreneurship akan terbentuk.


Daftar pustaka:
Aris Setyanto Nugroho, Purwanto S.K, Maman Faturohman, 2007, Kewirausahaan Membangun Sukses Sejak Usia Muda.



RENCANA BISNIS

Jenis Usaha            :  1. Minuman Beraneka Rasa
   2. Ayam Chicken
Merk Usaha            :  AHA MINUMAN DAN AHA FRIED CHICKEN “
Alamat                   :  Jl. Roda pembangunan No. 4 Rt 006/05
    Nanggewer Cibinong – Bogor
Deskripsi                :  Menjual Minuman Aneka Rasa dan Paket Hemat Chicken, Sosis, dan Kentang Goreng

Diawali dengan bosan dan jenuh setelah 25 tahun menjadi karyawan, bekerja pada Perusahaan Swasta, akhirnya berani mengambil keputusan untuk memulai berwirausaha. 

Nama “ AHA “ diambil dari singkatan nama anak-anaknya yaitu :
1.     Anisa Hidrah Azmi
2.    Aulia Hidrah Azmi
3.    Afifah Hidrah Azmi
4.    Aisyah Hidrah Azmi
Usaha ini baru saja di rintis oleh pemiliknya, melihat peluang usaha dimana saat ini banyak ibu rumah tangga yang jarang memasak karena kesibukan sebagai ibu rumah tangga atau waktu yang tidak banyak bagi  ibu yang berkarir. Ayam goreng merupakan makanan siap saji yang praktis dan ekonomis, serta diminati berbagai usia.
Foto pemilik Usaha tersebut adalah sebagai berikut :

1.     Hidayatullah, SE                                  2. Rahma Danti 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar