Senin, Maret 23

Kuis 3 ( Ide Bisnis )


Menjadi Pengusaha Muda

Hi, namaku Yuni. Seorang mahasiswi yang memiliki mimpi yang besar. Sejak berada di bangku SD, jiwa bisnisku sudah terlihat. Dulu aku selalu mengupayakan bagaimana caranya aku bisa berbisnis dengan modal seadanya, yaa berhubung dulu keluargaku sangat sederhana. Ketika SMP hingga SMK, saya mempunyai olshop, untuk mencari uang tambahan. Saya juga sering membeli panel website yang bias dijadikan sebagai modal bisnis.
Di kelas 1 SMK, saya menjadi asisten pengajar dengan shift partimer. Hingga kelas 2 SMK, saya meninggalkan pekerjaan sebagai asisten pengajar, dan saya mulai bekerja secara freelance di sebuah Wedding Organizer. Wedding Organizer adalah ide yang bagus. Di sana saya dapat merasakan, betapa bahagianya saya bisa menjadi seorang Wedding Organizer. Penghasilannya juga lumayan memuaskan. Saya juga mendapat sangat banyak pengalaman. Di tengah-tengah itu, karena seringnya merencanakan dan mengurus acara, saya pun tertarik untuk menjadikan Wedding Organizer sebagai bisnis masa depan saya. Ya walaupun lebih tepatnya akan saya jadikan usaha sampingan. Namun usaha yang saya inginkan bukanlah Wedding Organizer, namun Event Organizer. Di mana cakupannya lebih luas dan lebih umum. Karena Wedding Organizer hanya berfokus pada acara pernikahan, tetapi di dalam Event Organizer, dapat mencakup pesta ulang tahun, pesta opening perusahaan, event perusahaan, dan lain-lain.
Kemudian di kelas 3 SMK, seiring berjalannya saya menjadi freelancer Wedding Organizer, saya juga tertarik dengan Florist Stylish atau yang biasa disebut dengan Florist. Dikarenakan barang dan bahan florist lebih mudah ditemukan, jadi saya awali bisnis saya dengan florist. Saya mulai membuka florist kecil-kecilan di penghujung tahun 2018.
Saya sangat bahagia bisa menjalankan usaha florist, meskipun belum terlalu besar. Setiap merangkai bunga yang dipesan oleh customer, saya merasakan kebahagiaan tersendiri. Karena saya tahu, orang memesan bunga di toko saya pasti untuk membahagiakan orang lain. Dengan begitu, berarti saya telah berkontribusi untuk membahagiakan orang lain. Senang rasanya melihat orang puas dengan apa yang kita jual.
Saya jalani pekerjaan saya sebagai freelancer Wedding Organizer, di samping itu saya jalani bisnis kecil saya, sebagai florist. Keuntungan terbesar pertama saya adalah ketika pesta perpisahan sekolah. Acara tersebut membuat banyak siswa/i memesan flower bouquet di toko saya. Di saat itu, saya sangat Bahagia sekali. Kemudian seiring berjalannya waktu, bisnis daya semakin berkembang, terutama kepada tetangga sekitar. Mereka tidak hanya memesan flower bouquet, namun ada juga yang memesan snack bouquet, dan money bouquet.
Sekarang pertengahan tahun 2019 akan berlalu. Saya pun akan pindah ke Jakarta, karena ingin berkuliah di sana. Jakarta, kota besar, tempat mengadu nasib. Walaupun saya berkuliah jalur beasiswa, namun untuk biaya hidup, berat hati rasanya jika masih membebankan orangtua. Ya, rasa berat hati itu muncul dikarenakan terbiasa mandiri. Jadi, sebelum berkuliah saya bekerja full-time selama 1bulan, untuk membiayai hidup saya selama 2bulan. Well, biaya hidup itu murah, gengsi yang membuatnya mahal.
Selagi berkuliah, saya sementara memberhentikan bisnis florist saya terlebih dahulu, dikarenakan saya tidak memiliki banyak kenalan, ditambah saya harus mempersiapkan kuliah dengan baik agar tidak terjadi suatu kecerobohan. Namun rezeki dapat datang darimana saja, beberapa kali ada teman saya memesan flower bouquet untuk diberikan kepada temannya yang ulang tahun.
Kemudian, bisnis saya berjalan lagi di awal tahun 2020. Saya juga memunculkan varian baru untuk bisnis saya, yaitu “frame edition”. Hingga saat ini, saya telah memiliki beberapa customer, namun belum sebanyak ketika saya di kampung.
Untuk kedepannya, saya ingin florist saya dapat berkembang dan memiliki pasar yang luas. Saya ingin terus berinovasi di dunia florist, terus menciptakan produk-produk baru, agar semakin bermacam juga cara orang menyatakan rasa kasih sayangnya. Kemudian untuk Event Organizer, saya sedang memperbanyak kenalan dan membangun relasi. Well, channel itu diperlukan, agar terciptanya suatu kepercayaan. Agar di masa nanti, dapat bekerjasama hingga terbentuknya usaha yang besar.
Mau tau apa yang sedang berada di pikiran saya saat ini? Berikut saya berikan mind mapping saya, agar Anda dapat mengenal, dan menaruh rasa percaya kepada saya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar