Selasa, April 21

5 tahap design Thinking Beserta Outputnya

Nama: CORRY CORIAH H / 41819010081
KODE PEMBISNIS @Q26-CORRY
Kuis 07 Tugas Individu

5 tahap design Thinking Beserta Outputnya





Apa Itu Design Thinking?

Design Thinking adalah proses membuat ide baru dan inovasi yang biasanya dipakai untuk memecahkan masalah. Design thinking ini diawali dan digagas oleh pendiri IDEO yaitu David Kelley dan Tim Brown. IDEO sendiri merupakan lembaga konsultan desain  yang berlatar belakang desain produk berbasis inovasi. Tujuan diciptakannya design thinking oleh David Kelley dan Tim Brown tersebut adalah untuk menyelesaikan masalah dengan berfokus pada kebutuhan pengguna atau user. Dari konsep yang dihadirkan oleh David Kelley dan Tim Brown inilah, design thinking dikenal dan berkembang pesat. Proses dengan metode design thingking akan menghasilkan produk tidak hanya dapat dijual atau menggunkan teknologi yang paling canggih .
Metode ini menggabungkan kebutuhan teknologi yang sesuai dan tetap membuat sesuai yang dapat berhasil sebagai sebuah bisnis. Didalam design thinking juga terdapat  beberapa elemen penting yaitu :
People centered : dalam metode ini, perlu ditekankan bahwa setiap tindakan yang dilakukan berpusat pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh user
Highly creative : dalam menggunakan metode ini, dapat digunakan kreativitas sebebasnya, tidak perlu aturan yang terlalu kaku dan baku
Hands on : proses desain memerlukan percobaan langsung oleh tim desain, bukan hanya pembuatan teori atau sebuah gambaran di kertas
Iterative : proses desain merupakan sebuah proses dengan tahapan-tahapan yang dilakukan berulang-ulang untuk melakukan improvisasi dan menghasilkan sebuah produk atau aplikasi yang baik

Selain elemen-elemen diatas ada proses Flow Design Thinking yang terdiri dari Eksplorasi, Identifikasi, Ideasi, Visualisasi, Evaluasi dan Persuasi. 

Eksplorasi disebut juga penjelajahan atau pencarian merupakan tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu. Dalam hal ini penjelajahan dalam konteks proses mencari usaha didalam dunia bisnis dengan mencari tujuan untuk mengembangkan suatu bisnis yang akan dibangun.
 
Identifikasi dalam mengidentifikasi kegiatan usaha yang akan dilakukan harus menggunakan metode kualitatif. Dimana dengan penelitian ini membantu dalam ketentuan design thinking yang akan ditetapkan di usaha atau bisnis yang akan dibangun. Untuk mendekatkan dan menghasilkan uraian dalam usaha yang akan ditulis dan menganalisis dari sudut pandang. 

Ideasi dalam Design Thinking akan melalui ideasi dimana tahap ini merupakan tahap menciptakan ide untuk mendapatkan kreativitas yang dimana mengasah imajinasi seorang wirausaha. 

Visualisasi merupakan model gambar pada produk yang akan dikembangkan dibidang usaha.

Evaluasi bentuk dari ide yang akan digali lebih dalam untuk menggali lebih banyak masukan.

Persuasi adalah tahap akhir dari proses flow design thinking.

Kemudian ada lima tahap Design Thinking ialah: Empathize, Define, Ideate, Prorotype, dan Test.


 

1. Empathize (Emphati) dalam tahapan ini adalah kondisi dimana melihat masalah orang-orang (user) yang ada disekitar. Berinteraksi dengannya akan membuat tahu apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Maka dengan begitu akan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian bisa menggali pemikiran untuk bisa menjawab apa saja yang mereka katakan pada saat berinteraksi. Emphaty pada Design think ini adalah metode yang membantu cara berpikir untuk berpusat pada manusia untuk menciptakan inovasi yang menarik . Dengan adanya design think dalam menciptakan inovasi yang menarik sehingga kita mampu mengembangkannya melalui teknologi saat ini. Ada tiga hal penting dalam design think ini yaitu Desirable, Viable, Feasible.
Desire merupakan design thinking yang memikirkan apa yang diinginkan oleh manusia untuk kebutuhan dalam mencari jawaban dari masalah , sedangkan Viable merupakan solusi yang menjawab dari permasalahan dan Feasible adalah teknologi yang memadai untuk merealisasikan setelah menemukan solusi dari permasalahan. Design think atau biasa disebut dengan empati juga memiliki kemampuan dalam memahami dan berbagi perasaan yang dimiliki orang lain. Sehingga Empati membuat kita mampu untuk memahami perbedaan yang ada dan melihat sesuatu dari sudut pandang lain, bukan hanya sudut pandang kita sendiri. Dengan adanya empati dapat membantu kita untuk lebih terhubung dengan cara yang tepat dan dapat memperluas wilayah juga pola pikir yang yang dimiliki seseorang serta mampu untuk menguji ide-ide baru yang belum diketahui sebelumnya. Dengan adanya empati Inilah yang menjadi bagian dalam proses menciptakan inovasi dan membuat inovasi sangatlah penting bagi kemajuan karier terutama pada kemajuan bisnis. Sehingga Inovasi membuat kita terus bertumbuh dan mengalami peningkatan Dengan memiliki empati berarti memiliki kepekaan yang tinggi dan cepat tanggap dalam melayani customer. Empati adalah intangible asset yang dapat memberikan benefit yang nilainya lebih tinggi dari pada sekadar nilai uang yang dibayarkan customer. Sehingga empati berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas dalam bisnis, khususnya dunia bisnis. Dan dibawah ini adalah bentuk empati yaitu meliputi 

Thinking & feeling
Hear 
See
Gains
Pains
Say & Do. 
 


Dengan kata lain emphaty merupakan kemampuan untuk melihat dunia dari sisi orang lain, yang dapat kita dapatkan dari cara melihat :
  Orang lain lihat
  Orang lain rasakan
  Pengalaman yang sama dari orang lain cara yang digunakan adalah mendekatkan diri dengan subyek .
IDEO’s Human – Centred Design Toolkit menjelaskan bahwa empati adalah suatu pemahaman yang mendalam terhadap masalah dan realita dari kehidupan dari orang yang menjadi subyek pemecahan masalah .
Identifikasinya melalui : ekspresi  obyek yang menjadi subyek yang kita amati 
Emphati  : cara melihat, memahami dan berinteraksi dengan dunia orang/ subyek. 
Tidak sama dengan marketing tradisional  riset, maka empati riset tidak berfokus pada fakta saja tetapi tentang motivasi dan pikiran si obyek, sehingga dapat menjelaskan keinginan  dari yang obyek katakan.  
Dalam emphathy tahap pertama dari proses desain thingking. Tujuannya adalah kita sebagai desainer mendapatkan pemahaman terhadap si obyek dan mencoba menyelesaikannya . Dalam Proses ini melibatkan : observing, engaging,  dan empahising dengan orang lain menjadi subyek permasalahan dan kita mencoba memahami motivasi dan pengalaman mereka sehingga kita menyatu dengan lingkungan subyek, harapannya kita akan dapat memahami lebih dalam lagi permasalahan permasalahan yang terjadi, kebutuhan si obyek dan tantangannya. 
3 Bagian penting Emphati
Observe (amati) : mengapati perilaku User dan cara mereka berinteraksi  dengan lingkungan agar dapat memahami hal yang sebenarnya  dibutuhkan oleh mereka.
Engage (terlibat) : merupakan cara untuk terlibat secara langsung dengan user, seperti turut serta dalam membantu mengungkapkan pikiran dan nilai yang mereka pegang.
Immerse  (Merasakan Langsung ) : merupakan cara untuk merasakan situasi yang user rasakan. 
Emphati membantu  mendesain pemikiran untuk mengatur asumsi dari si pemikir tentang permasakahannya. Pemikir bisa jadi memberikan masukan dari keingiannnya pada user sehingga Informasi yang didapat memberikan masukan yang sangat baik bagi desainer meskipun waktu pengamatan singkat namun dengan ini terbangun rasa empati, pemahaman, pengalaman, pandangan 
Metode empathy 

Assume a beginner’s mindset
Ask What-How- Why
Ask the 5 Whys
Conduct interviews with emphaty
Build emphaty with analogies
Use photo and Video user-based studies
Use personal photo and video journals
Engage with extreme users
Story share and cupture
Body Strom
Create Journey maps 


2. Define 
 
Pada tahap ini mengenai tahapan-tahapan yang akan direncanakan dalam bisnis. Rencana bisnis adalah proses kedua setelah emphathy untuk mengembangkan apa yang akan menjadi tujuan bisnis tersebut. Rencana bisnis juga memiliki strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan dalam sebuah bisnis dengan tujuan mencapai target. Dengan rencana bisnis ini membantu dalam memudahkan seorang pembinis untuk mengembangkan usahanya. 
Apa saja manfaat dari sebuah rencana bisnis?
  Membantu dalam bekerja untuk mempertimbangkan secara rinci usaha agar selama tahap pembuatan konsep. Rencana bisnis bermanfaat bagi yang baru mau memulai suatu usaha (start-up), maupun bagi yang mempunyai rencana untuk memperluas usaha yang dimiliki saat ini.
  Sebagai alat bantu dalam mempertajam arah tujuan bisnis dan bagaimana cara mencapainya. Selain itu, rencana bisnis juga berfungsi sebagai indikator dasar untuk evaluasi kemajuan perkembangan usaha.

  Mengantisipasi tantangan dan meminimalkan risiko kegagalan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha di masa depan.

  Menghemat waktu dan membuat investasi efisien dalam meraih sukses.

  Berfungsi sebagai resume ketika akan mencoba rencana bisnis. Rencana Bisnis tertulis diperlukan tidak hanya untuk kepentingan kreditor dan investor tetapi juga untuk meminimalkan resiko kegagalan sebuah investasi.

  Sebagai salah satu perangkat manajemen untuk menjalankan bisnis adalah usaha besar yang melibatkan kerja tim. Sangat mudah bagi tim untuk kehilangan fokus, dan tanpa disadari memungkinkan akan memberikan perhatian pada hal-hal yang tidak berkontribusi untuk tujuan yang diinginkan.

Rencana bisnis yang baik mengingatkan pada tim agar tetap fokus pada tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Rencana bisnis yang baik, akan menyediakan struktur dasar yang terarah dalam mengarahkan keseharian operasional perusahaan bersama tim, sehingga tidak hanya terarah tetapi juga berjalan secara harmoni dalam mencapai target dan menghadapi situasi yang dinamis di dalam linkungan usaha dan situasi pasar.

3. Ideate


 

Tahap ini merupakan tahap untuk menghasilkan ide. Semua ide-ide akan ditampung guna penyelesain masalah yang telah ditetapkan pada tahap define. Penting untuk mendapatkan ide sebanyak mungkin atau solusi masalah di awal fase ide. Untuk tahap akhir ialah penyelidikan dan pengujian ide-ide tadi untuk menemukan cara terbaik untuk memecahkan masalah atau menyediakan elemen yang diperlukan untuk menghindari masalah-masalah yang nantinya terjadi didalam bisnis. 
Ada 3 hal penting pada tahap ini, yaitu:
1. Kreativitas: menggabungkan ide yang rasional dengan imajinasi.
2. Sinergi Kelompok: memanfaatkan kelompok untuk menciptakan ide-ide baru dengan memadukan ide satu sama lain.
3. Jangan dulu mengevaluasi: ciptakan terus ide yang imajinatif dan kreatif. jangan batasi ide yang diberikan oleh teman kelompok kita, karena di tahap ini kita harus menampung semua ide yang ada dan setelah semua ide terkumpulkan maka kita akan melakukan evaluasi untuk menentukan ide mana yang cocok untuk dipakai nantiTahapan yang ditujukan untuk mentransformasi sifat-sifat abstrak dari sebuah ide menjadi lebih berwujud. Tahapan ini tidak hanya berupa proses visualisasi ide tetapi juga proses pembangunan ide.Secara umum, Prototype memiliki dua kategori: low-fidelity dan high-fidelity. Proses prototyping yang digunakan di dalam Design Thinking adalah low-fidelityatau Rapid Prototyping. Proses ini menekankan kepada pembuatan proses pembuatan yang cepat, mudah, murah dan basic.

4. Test 
Dilakukan untuk hal pengujian dan evaluasi terhadap produk kepada konsumen dan hasilnya akan dilakukan perubahan dan penyempurnaan untuk menyingkirkan solusi dari suatu masalah dan dapat memahaminya tentang produk dan penggunaannya. Pada tahap ini akan Kembali ketahap ideate dimana tidak menghasilkan penyelesaian masalah makan akan Kembali ke tahap emphatize.


OUTPUT SAYA : 



1. Emphatize

Diera sekarang ini tentunya banyak produk yang sedang trend salah satunya case custome untuk kamu yang sedang mencari pelindung handphone atau case . Saat ini bingung mau beli case custom dimana dan bosan dengan motif dan warna yang itu-itu aja . Sekarang kami sudah menyediakan berbagai design menarik mengenai case custom ini . Buat kamu penggemar case tidak usah bingung , sekarang di orye case custom bisa pilih case sesuka hatimu, mulai dari design 2D hingga 3D warna yang menarik serta barang dengan kualitas yang bagus, bahan dan tipe handphone disesuaikan dengan keinginan dan tentunya harga yang terjangkau. Buat yang sedang cari kado untuk teman atau souvernir kenang-kengan untuk seseorang atau teman yang sedang ultah , sekarang bisa juga beri teman mu hadiah case . Karna hadiah yang beri mudah didapatkan . Ada info menarik bagi penggemar case akan diberi diskon untuk pembelian pertama atau sudah sering menjadi pelanggan dari produk kami. Dan saya harap produk saya ini bisa jadi langgan. Jadi buat apalagi yuk buruan order hanya di orye case custom.

2. Define


Di setiap hari bingung memikirkan tampilan case yang sudah kusam dan bosan dengan motif yang itu-itu aja dan melihat case yang dimiliki oleh orang-orang lebih menarik  tentunya mereka menginginkan sebuah tampilan yang baru, bukan sebaliknya. Tentunya orye case custom sangat ingin berpartisipasi dalam mengindahkan tampilan case handphone agar lebih trendy dan menarik. Tak hanya itu case ini juga bertujuan melindungi handphone dari benturan keras disaat handphone jatuh. Di tahap ini yang harus kami lakukan adalah produk / barang case custom ini agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Seperti mahasiswa, anak sekolah, dan bagi penggemar case. Sehingga ketika mereka sewaktu-waktu ingin memberikan hadiah kepada seseorang dengan hadiah yang berbeda yaitu sebuah case mereka akan memilih Orye Case menjadi pelanggan setianya.

3. Ideate

Dalam menyelesaikan permasalahan yang telah dibahas pada tahap sebelumnya atau tahap define diatas, Orye Case memiliki beberapa solusi, yaitu memanfaatkan teknologi digital, dengan terus berinovasi melakukan promo menarik. akan memanfaatkan media sosial dan website untuk memperkenalkan Orye Case Custom ke banyak orang atau melalui media sosial sebagai media promosi agar menarik pelanggan. Dengan menawarkan harga dan kualitas yang bagus. Dengan ini pelanggan akan mudah melihat dan membelinya. Produk Case Custom handphone ini sangat menggiurkan sesuai dengan trend saat ini dan meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Produk case custom handphone memberikan kemudahan bagi pengguna dengan berbagai tipe model handphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Apple, Huawei, Advan, Nokia dll. Selain tipe handphone ada bahan untuk membuat case custom handphone diantaranya:
Silicon case yaitu bahan plastic tetapi lebih tipis dan biasanya berwarna bening dengan tekstur lentur dan mudah ditekuk. Tetapi dalam melindungi handphone kualitasnya kurang baik karna terlalu lentur sehingga mudah longgar dan sobek. 
Softcase berbahan silikon yang tebal dari pada silicon case sebelumnya. Bagian belakang case lebih keras dan lebih kuat. Print hanya di bagian belakang saja. Softcase Anticrack berbahan silikon bening yang lentur. Pada tiap ujung ada bagian yang lebih tebal untuk meredam benturan. Sehingga melindungi handphone secara aman. Dalam hal material produk softcase ini terbuat dari bahan bernama TPU (Thermoplastic Polyurethane) yang merupakan golongan bahan turunandari plastik. 
Hardcase berbahan PC atau bahan yang setara dengan plastic, tetapi teksturnya lebih kuat dan kokoh serta mudah dibentuk, tak hanya itu PC memiliki bobot yang ringan dan tahan penghantar panas.
Fuzecase merupakan bahan case yang dikombinasi dari berbagai bahan seperti silicon, softcase, dan hardcase. Kenapa dikombinasi seperti ini karna bagian casenya memiliki karakternya sendiri yaitu tampilannya keras pada bagian case, sementara lentur dibagian pinggir dan berbahan silicon untuk melindungi bazelnya.
Flipcase yang satu ini adalah case yang menyerupai tampilan case-case sebelumnya. Hanya ditambah pada penutup dibagian depan layar handphone atau bisa dibilang sampul/cover. Bahan ini bervariasi ada yang satu jenis dengan TPU, atau jenis PC. 


4. Prototype

Dengan menentukan prototype bertujuan untuk mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) tertentu yang hampir sama. Target pasar ini saya akan mempromosikan produk yang dijual yaitu berupa case custom handphone yang dijual via online dengan target konsumen seperti mahasiswa, anak sekolah serta untuk konsumen umum lainnya yang menginginkan produk dari case custom ini. Alasan saya memilih bisnis ini karena mudah dan sedang trend dikalangan anak muda.serta produk yang ditawarkan sangat menggiurkan terutama bagi pelanggan pecinta casing handphone. Orye Case Custom telah menyedikan dan menjual barang yang unik, sehingga tidak terkesan mainstream. Bahan-bahan yang berkualitas serta pemesanan online yang memudahkan bagi para konsumen. Aksesoris case custom handphone ini sudah menjadi kebutuhan bagi orang Indonesia yang cenderung konsumtif, suka ganti-ganti aksesoris case handphone dengan design yang menarik mampu memikat pelanggan tentunya dengan harga case aksesoris yang terjangkau dan beragam. Model bisnis yang saya kembangkan yaitu Online Shop dan Market Place. Online shop adalah tempat jual beli online melalui media sosial berupa whatsapp, Fcebook, dan Instagram. Dengan membangun model bisnis seperti ini mampu menghemat waktu, biaya dan tenaga karna dengan menawarkan produk lewat media sosial pelanggan akan lebih mudah untuk melihat produk yang dipajang dimedia sosial tersebut. Dengan ini membantu pengusaha untuk lebih sering menawarkan produk lewat media sosial karna mayoritas pengguna atau pelanggan sudah banyak yang memakai media sosail sebagai alat promosi untuk jual beli. Dan tak hanya online shop saya juga mengembangkan model bisnis market place dimana model bisnis ini membantu pelanggan untuk mencari produk lewat internet atau website sehingga membantu pengusaha untuk mempromosikan menjadi lebih mudah. Adapun bahan untuk pembuatan case custom ini ada 4 bahan diantaranya silicon, softcase, hardcase , flip case . keempat bahan ini merupakan jenis bahan plastic dengan berbagai tekstur yang berbeda-beda tegantung sesuai selera pelanggan ingin menggunakan bahan yang seperti apa.
Untuk itu Orye Case Custom menyediakan media sosial bagi yang ingin mencari kebutuhan case bisa kunjungi yaitu @oryecase__
Atau bisa klik link https://www.instagram.com/oryecase__?r=nametag




  

Diatas merupakan media sosial case custom di Instagram. Kemuadian akan dibuat media sosial facebook dan website. Tapi masih dalam proses..
5. Test 

Setelah melalui tahap prototype selanjut adalah testing . testing pada produk yang akan di Dilakukan untuk hal pengujian dan evaluasi terhadap produk kepada konsumen dan hasilnya akan dilakukan perubahan dan penyempurnaan untuk menyingkirkan solusi dari suatu masalah dan dapat memahaminya tentang produk dan penggunaannya. Pada tahap ini produk yang dihasilkan oleh case custom menjadi produk yang siap di luncurkan dilingkungan masyarakat .
Berikut adalah Flyer Produk Case Custom Handphone. Dengan flyer ini saya berharap produk yang dibuat mampu memikat daya Tarik pelanggan. Sehingga banyak yang menyukai dan membelinya.
Produk/Merk:  “ORYE CASE SHOP”
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar