Rabu, April 8

Define Bussiness Plan

Nama: Rinaldi Hidayat

Bussiness code: R34-Rinaldi


Apa Itu Definisi Rencana Bisnis atau Business Plan?

Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja.

Untuk memulai suatu bisnis diperlukan suatu perencanaan yang baik. Suatu bisnis harus memiliki rencana agar arah dari bisnis kita nantinya memiliki pedoman dalam perjalan bisnisnya. Jadi apa sih maksud dari Bisnis Plan? Fungsi bisnis plan seperti apa sih?

Bisnis plan adalah suatu pedoman yang menjabarkan rancangan manajemen bisnis dari awal terbentuk sampai nanti evaluasi dari bisnis yang berjalan tersebut.
Salah satu ahli bisnis, Megginson mengatakan:

“It is a written statement setting forth the business’s mission and objectives, its operational and financial details, its ownership and management structure and how it hopes to achieve its objectives”

 

Fungsi rencana bisnis

Adapun fungsi rencana bisnis adalah :
1)  Sebagai bukti atau sebuah alat untuk mendapatkan investor agar yakin kepada bisnis kita
2)  Sebagai  panduan  bagi  wirausaha  dalam  menjalankan  konsep usahanya.

Untuk  memenuhi  kedua  fungsi  di  atas,  sebuah  rencana  bisnis  perlu memuat hal-hal di bawah ini:
  • Menjelaskan konsep usaha dengan baik.
  • Menggunakan data-data yang akurat, relevan, keterkinian, dan terinci.
  • Membedakan  mana  yang  merupakan  asumsi  dan  mana  yang merupakan fakta (semua asumsi dan fakta harus diungkapkan dengan jujur, detail, dan akurat).
  • Memuat perhitungan yang cermat dan akurat.
  • Konsisten antara satu bagian dengan bagian yang lain.


Beberapa alasan mengapa rencana bisnis merupakan alat yang penting:
  • Pertama  dan  terpenting  rencana  bisnis  akan  menjabarkan  dan  fokus pada  tujuan  usaha  atau  bisnis  karena  memakai  informasi  dan  analisis yang tepat;
  • Rencana  usaha  atau  bisnis  dapat  digunakan  sebagai  alat  penjualan dalam  suatu  urusan  penting  pada  usaha  yang  meliputi  segala  urusan yang berhubungan dengan kreditor, investor, dan bank;
  • Rencana  usaha  atau  bisnis  dapat  dipakai  untuk  menjabarkan  pendapat dan saran, meliputi bidang usaha yang diminati.
  • Rencana  usaha  atau  bisnis  dapat  menjabarkan  kelemahan  yang mungkin terjadi pada suatu proses perencanaan usaha.
  • Cara penetapan langkah-langkah dalam proses penyusunan rencana bisnis .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar