April 04, 2020

DEFINE RENCANA BISNIS


NAMA : RENDY PANGESTU . (@Q07-RENDY )
NIM     : 41319010011.



Assalamualaikum wr.wb
petama-tama yang saya lakukan untuk melakukan define rencana bisnis adalah dengan mengetahui apa yang akan saya bisniskan dan apa keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis. apakah saya mampuh untuk melakukaknnya untuk jangka kedepan? apakah saya sanggup dengan resiko yang akan terjadi pada saat bisnis berjalan?
Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan.
Usaha saya adalah bisnis ikan hias.alasan saya memilih berbisnis ikan hias adalah menurut saya bisnis ini gampang walaupun ada saja resiko yang menghambat ,tapi saya pantang menyerah.
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.
Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kita melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Target pemasaran usaha ikan hias tidak dipengaruhi oleh usia. Karena dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki hak yang sama dalam menyukai hobi satu ini. bahkan, dari berbagai kalangan juga dapat menyukai ikan hias ini. maka dari itulah, anda mendapatkan peluang besar dalam melancarkan usaha.
Hanya saja, anda harus mencoba mengerti tentang keinginan konsumen dan wawasan lebih mengenai ikan hias agar mendapatkan kriteria hingga langkah tepat untuk memulai usaha ikan hias ini.
 Analisis Sumber Daya Manusia
Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah orang yang ahli dan berkompeten dalam bidang marketing. Karena orang yang ahli dalam bidang marketing biasanya bisa menarik konsumen.
Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
Hal yang terpenting yaitu kita harus detail tentang pengeluaran kita selama kita membuat usaha dan pemasukannya.
Rencana Pengembangan Usaha
 Pengembangan produk adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh suatu bisnis untuk mempertahankan eksistensi yang telah diraih, menarik lebih banyak konsumen, serta mempertahankan keunggulan kompetitif bisnis tersebut di banding para pesaingnya.
Rencananya saya adalah akan menjual lewat online, karena dengan jaman sekarang yang sudah maju. Dengan harga yang sama.Dan juga rencana saya adalah membuat toko yang besar jika ada modal .Dan saya akan melengkapkan ikan hias yang beraneka ragam .
Resiko Usaha
Resiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misal risiko operasional, risiko bisnis,resiko likuiditas atau resiko keuangan dan lainnya.
Resiko saya mungkin kurang peminat karena dikalangan masyarakat saat ini hanyalah beberapa saya yang menyukai bisnis seperti  jenis saya yang buat ini.Dan juga harus mengeluarkan modal yang lumayan besar .
Mungkin itu saja yang saya dapat sampaikan tentang usaha saya ,kurang lebihya mohon maaf
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar