Selasa, April 7

DEFINE RENCANA BISNIS

Nama : Muhammad Rasyid Wahyu  Pratama
NIM : 41319010014
Kode Pebisnis : @Q08-RASYID



DEFINE RENCANA BISNIS

Untuk apa saya melalukan define rencana bisnis?
Untuk mengetahui apa yang saya bisniskan dan keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis ini.
Apakah saya bisa melakukan bisnis ini sampai jenjang ke depannya dan sanggup dengan resiko yang terjadi saat bisnis berjalan?
Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut.
Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja. Setujukah Anda dengan pernyataan ini? Menurut pendapat pribadi penulis, saya sangat setuju ketika berbisnis salah satu hal yang penting adalah jalankan atau just do it. Tetapi jalan tanpa rencana adalah perbuatan yang kurang bijak.

1. Ringkasan eksekutif
Bisnis yang saya jalankan adalah memasarkan produk orang lain yaitu buku.
visi atau tujuan : mengembalikan atau meningkatkan literasi membaca. Yang juga menjadi salah satu masalah di negera ini.
misi : mempermudah orang orang mendapatkan buku yang mereka cari.
2. Analisis Pasar dan Pemasaran
Di Indonesia sendiri sudah banyak toko buku yang berdiri. Contohnya Gramedia dan sebagainya. Namun, di jaman serba teknologi ini, pekerjaan mencari buku dengan datang ke toko buku itu sudah jarang dilakukan orang dan mungkin dianggap kuno. Karena mereka sudah paham untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk contoh hal seperti itu.
3. Analisis Sumber Daya Manusia
Pada dasarnya, melakukan bisnis seperti ini tidak membutuhkan banyak SDM.
karena kita tidak harus memiliki toko, dan produk untuk melakukan ini.
4. Analisis Keuangan
Untuk keuangan, contoh untuk modal. Bahkan kita tidak perlu modal. Ya mungkin hanya perlu internet. Dan untuk harga produk, menyesuaikan harga produk asli.
5. Rencana Pengembangan Usaha.
Mungkin cara terbaik untuk mengembangkan usaha atau bisnis ini adalah perluas jaringan dan pematokan harga yang relatif terjangkau. Ya mungkin itu adalah salah satu strategi yg efektif untuk mengembangkan usaha agar mendapat daya tersendiri dari orang lain.
6. Risiko Usaha
Karena sudah banyak pesaing yang melakukan bisnis ini juga, dan itu adalah salah satu risiko usaha ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar