Senin, April 6

Define Rencana Bisnis (Bussines Plan)


Rencana bisnis adalah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana bisnis juga dapat mengandung informasi tentang latar belakang organisasi atau tim yang bertanggung jawab memenuhi tujuan itu. (Wikipedia, 2014)

Menurut Tompi (2016), Business Plan juga berisi tentang rincian profit, neraca pembayaran, proyeksi aliran kas untuk dua tahun yang akan datang. Selain itu juga memuat pandangan dan ide dari untuk dua tahun yang akan datang, pandangan dan ide dari anggota tim manajemen serta menyangkut strategi dan tujuan perusahaan yang hendak dicapai.

Tujuan Rencana Bisnis

Bisnis plan sangat penting dilakukan karena memiliki beberapa tujuan utama yang dapat menguntungkan perusahaan ke depannya. Berikut ini beberapa tujuan dari adanya bisnis plan:

- Membantu Anda agar tetap kreatif dan fokus pada tujuan yang telah ditetapkan saat awal ingin membuka sebuah bisnis.

- Alat untuk mencari dana, sehingga Anda dapat mengatur keuangan  dan berhasil dalam bisnis.

- Sarana komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana. Hal ini akan membuat mereka mengerti tujuan dan cara operasional bisnis Anda.

- Mempermudah untuk menjalankan usaha dengan mengetahui langkah-langkah praktis dalam menghadapi persaingan, membuat promosi, dan sebagainya, sehingga usaha akan lebih efektif dan menghasilkan keuntungan.

- Membuat pengawasan lebih mudah dalam operasional yang akan dilakukan.

Format Membuat Rencana Bisnis
Bagi seorang pengusaha, membuat Business Plan atau Rencana Bisnis menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Selain dapat dijadikan sebagai panduan untuk menjalankan roda bisnis, proposal usaha ini juga bisa digunakan untuk menarik investor.
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat business plan untuk bisa menarik investor agar bersedia menanamkan modalnya. Membuat business plan yang baik dibutuhkan kecermatan dalam menyusun berbagai elemen didalamnya, mulai dari pembuatan cover proposalnya, membuat rangkuman eksekutif, membuat profil perusahaan, dan berbagai analisis usahanya.

1. Jangan Sepelekan Halaman Depan
Di bagian halaman depan inilah pertama kali seseorang akan melihat baik-buruknya sebuah business plan. Untuk itulah buatlah desain sampul ini semenarik mungkin, cukup sederhana namun elegan untuk dipresentasikan pada orang-orang yang berkepentingan. Halaman depan ini berisi berbagai informasi mengenai  judul proposal bisnis, nama usaha yang akan dijalankan, nama yang membuat proposal, dan alamat lengkap beserta kontak yang bisa dihubungi.

2. Buatlah Daftar Isi untuk mempermudah pembacaan
Halaman Daftar isi dibuat untuk memberikan kemudahan pada pembaca tentang apa yang ada di dalam busnisess plan. Halam ini berisi tentang judul setiap bab, sub judul beserta nomor halaman business plan. Untuk membuat daftar isi yang baik usahakan memiliki alur yang jelas serta adanya kesesuaian antara isi business plan dengan daftar isinya.

3. Buat Rangkuman Eksekutif
Halaman rangkuman eksekutif berisi deskripsi singkat tentang bisnis yang akan dijalankan. Halaman ini sebisa mungkin dibuat secara singkat, padat, jelas, dan mampu meyakinkan pembacanya.

4. Jelaskan Tentang Data Perusahaan
Setelah rangkuman eksekutif dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat profil perusahaan yang berisi berbagai hal tentang perusahaan. Beberapa poin penting yang harus disampaikan lewat halaman profil ini diantaranya adalah : Latar belakang usaha, Sejarah berdirinya perusahaan, Pihak yang bertanggung jawab, Kondisi keuangan, Produk atau jasa yang dihasilkan, dll.

5. Analisa Produksi (production analysis)
Analisa produksi merupakan analisa mengenai berbagai hal yang terkait dengan proses produksi perusahaan. Pada halam ini dibahas secara tuntas mengenai peralatan produksi yang digunakan, proses produksi yang dilakukan, bahan baku yang digunakan, jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan, waktu yang diperlukan, hingga pengemasan produk yang akan dijual. 

Manfaat Rencana Bisnis untuk Usaha

- Membuat rencana bisnis sebagai petunjuk arah
- Sebagai alat untuk mencari modal usaha
- Rencana bisnis dapat meminimalisir kegagalan usaha
- Rencana bisnis bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi
- Rencana bisnis berguna untuk mengkaji berbagai strategi usaha
- Dengan rencana bisnis yang baik, kegiatan usaha bisa berjalan lebih focus

Daftar Pustaka

Wikipedia. 2014. Rencana Bisnis. https://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_bisnis (Diakses pada tanggal 06 April 2020)

Tumpi. 2016. Rencana Bisnis. https://tumpi.id/rencana-bisnis/ (Diakses pada tanggal 06 April 2020)

Amalia, Dina. 2017. Tujuan dan Cara Menyusuk Bisnis Plan dengan Baik https://www.jurnal.id/id/blog/2017-tujuan-dan-cara-menyusun-bisnis-plan-dengan-baik/ (Diakses pada tanggal 06 April 2020)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar