Senin, April 6

Define Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis atau business plan disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja. Hal ini sangat penting bagi pebisnis untuk menjalankan usahanya.Business Plan alias Rencana Bisnis itu berguna dalam memberikan gambaran baik ke diri sendiri, calon investor serta calon pelanggan, tentang bagaimana pemilik usaha akan menjalankan bisnisnya untuk 1 tahun atau beberapa tahun ke depan. Karenanya, Business Plan harus dibuat se rinci dan selengkap mungkin agar dapat memberikan gambaran yang sejelas-jelasnya. Rencana Bisnis biasanya akan berisikan poin-poin seperti: 1. Gambaran Umum dari Usaha 2. Analisis Pasar beserta strategi pemasaran 3. Struktur Organisasi 4. Proyeksi penjualan dan keuangan

Hal-hal yang harus ada dalam plan bisnis:
  1. Target yang ingin dicapai Menuliskan target apa saja yang ingin dicapai bersama dengan bisnis yang sedang dijalankan. Menuliskannya secara jelas beserta tahun ke berapa target bisa tercapai.
  2. Deskripsi Bisnis Menuliskan apa saja yang akan dilakukan selama proses mencapai target yang telah tuliskan sebelumnya, serta menuliskan harapan pasar terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Sebenarnya ini lebih ke Visi.
  3. Produk yang ditawarkan Membuat daftar produk atau jasa yang ingin ditawarkan. Serta memberikan keterangan atau informasi, seberapa penting produk atau jasa tersebut bagi konsumen.
  4. Analisis Pasar Mengetahui pasar dengan cara seberapa besar pasar membutuhkan produk atau jasa.
  5. Analisis Pesaing Mengetahui kompetisi atau tinggat persaingan dari bisnis yang sedang dijalani. Misalnya, berapa banyak pesaing kita?, apa saja cara atau strategi yang akan digunakan pesaing untuk mendapatkan konsumen? dan berapa harga yang ditawarkab oleh pesaing? .
  6. Strategi Pemasaran Bisa dengan cara membuka jasa periklanan atau Media sosial
  7. Keuangan Membatasi pengeluaran dengan menuliskannya, sehingga kita dapat memperhitungkan secara cermat berapa jumlah yang dikeluarkan dan berapa yang akan didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar