Senin, April 6

Defini Rencana Busnis atau business plan.


Nama : Silvia Jihan Dwi Arind
NIM   : 41618010042

Rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu bisnis akan mencapai tujuannya. Biasanya rencana bisnis ini dibuat oleh bisnis baru. Di dalamnya menjabarkan rencana tertulis dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional.
Rencana bisnis adalah alat mendasar yang dibutuhkan bisnis startup sebelum memulai operasinya. Biasanya, bank dan perusahaan modal ventura membuat rencana bisnis yang layak sebagai prasyarat untuk investasi dana dalam bisnis.
Rencana bisnis yang baik harus menguraikan semua biaya dan kejatuhan dari setiap keputusan yang diambil perusahaan. Rencana bisnis, bahkan di antara para pesaing dalam industri yang sama, jarang identik. Tetapi mereka semua cenderung memiliki elemen yang sama, termasuk ringkasan eksekutif dari bisnis dan termasuk deskripsi rinci tentang bisnis, layanan dan / atau produknya. Ini juga menyatakan bagaimana bisnis bermaksud untuk mencapai tujuannya.
Elemen Rencana Bisnis
Ringkasan eksekutif: Bagian ini menguraikan perusahaan dan menyertakan pernyataan misi beserta informasi apa pun tentang kepemimpinan, karyawan, operasi, dan lokasi perusahaan.
Produk dan layanan: Di sini, perusahaan dapat menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkannya, dan mungkin juga mencakup harga, masa pakai produk, dan manfaat bagi konsumen. Faktor-faktor lain yang mungkin masuk ke bagian ini termasuk proses produksi dan manufaktur, paten apa pun yang mungkin dimiliki perusahaan, serta teknologi yang dipatenkan. Setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan (R&D) juga dapat dimasukkan di sini.
Analisis Sumber Daya Manusia : Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Analisis pasar: Suatu perusahaan membutuhkan penanganan industri yang baik serta target pasarnya. Ini akan menguraikan persaingan dan bagaimana faktornya dalam industri, bersama dengan kekuatan dan kelemahannya.
Strategi pemasaran: Area ini menjelaskan bagaimana perusahaan akan menarik dan mempertahankan basis pelanggannya dan bagaimana bermaksud untuk menjangkau konsumen. Ini berarti saluran distribusi yang jelas harus diuraikan.
Perencanaan keuangan: Untuk menarik pihak yang membaca rencana bisnis, perusahaan harus memasukkan perencanaan keuangan dan / atau proyeksi. Laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya dapat dimasukkan untuk bisnis yang sudah mapan. Bisnis baru dapat mencakup target untuk beberapa tahun pertama bisnis dan calon investor.
Anggaran: Setiap perusahaan yang baik perlu memiliki anggaran. Ini termasuk biaya yang terkait dengan kepegawaian, pengembangan, produksi, pemasaran, dan pengeluaran lain apa pun yang terkait dengan bisnis.
Pertimbangan Khusus
Proyeksi Keuangan
Rencana bisnis yang lengkap harus mencakup serangkaian proyeksi keuangan untuk bisnis. Laporan keuangan proyeksi masa depan ini sering disebut laporan keuangan pro-forma. Mereka termasuk keseluruhan anggaran, pembiayaan saat ini dan yang diproyeksikan, analisis pasar, dan pendekatan strategi pemasarannya.

Daftar Pustaka
Melvin.2020. Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis
Anon.2020. Apa itu rencana bisnis?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar