April 03, 2020

Define Rencana Bisnis


Nama : Bella Ayu Kartika (@Q29_BELLA)
Nim : 43118010253

Define rencana bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu bisnis akan mencapai tujuannya. Biasanya rencana bisnis ini dibuat oleh bisnis baru. Di dalamnya menjabarkan rencana tertulis dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional.

  • Ringkasan Eksklusif  


Ringkasan eksekutif  mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan. 

saya membuat sebuah usaha yaitu usaha kaos sablon. kenapa memilih kaos sablon?, karena bisnis kaos sablon ini hanya membutuhkan modal yang cukup sedikit.

  • Analisis Pasar & Pemasaran 


Analisis pasar & pemasaran mengenai bagaimana strategi kita untuk melakukan pemasaran produk. Biasanya sebagaian orang menggunakan rencana pemasaran (Marketing Plan ) untuk menjelaskan strategi pemasaran.

Dipasaran sendiri banyak orang yang menyukai kaos sablon mulai dari kalang anak-anak remaja, mahasiswa, hingga dewasa. Kaos sablon yang mempunyai desain unik/ gambar yang unik membuat para konsumen tertarik untuk membelinya.

  • Analisis Sumber Daya Manusia


Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.

Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah orang yang ahli dan berkompeten dalam bidang marketing dan desain. Karena orang yang ahli dalam bidang marketing dan desain biasanya bisa menarik konsumen.
Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.

No.
Barang
Jumlah
Harga
Harga jual
Keuntungan
Bulan
       1
Kaos polos
1
Rp. 50.000
Rp. 100.000
Rp. 50.000
1


  • Rencana Pengembangan Usaha


Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar atau exit strategy dari bisnis kita.
Rencananya bisnis ini akan menjual lewat media sosial karena dengan jaman sekarang yang sudah banyak menggunakan teknologi dalam berbisnis. Dengan harga yang sama dan kualitas yang bagus.

  • Risiko Usaha

Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misal risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya.

Resikonya yaitu mungkin sudah ada banyak yang bisa meniru produk kaos sablon ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar