Rabu, April 1

Empati dalam menemukan ide bisnis




Kode pebisnis : @R35-CHAIRRUNNISSA

Disusun oleh : Chairrunnissa rahmatussadiah

NIM : 44219110197

Jurusan : Public Relations

Tema : emphathy Anda dalam menemukan ide bisnis"


empati adalah sebuah tindakan yang baik. Sikap empati sangat diperlukan supaya kita bisa bertindak tanpa menyakiti orang lain. Dengan kata lain, empati adalah sikap yang sangat penting untuk menjalin relasi dengan orang lain. Empati untuk menjalin relasi perlu dilakukan, namun bukan berarti kita memiliki sikap empati berlebihan. Empati berlebihan berpotensi membuat orang lain merasa jika sikap yang kita tunjukkan tidak tulus. Membangun empati untuk menjalin relasi selain membutuhkan ketulusan juga membutuhkan cara yang tepat sehingga sikap empati kita dapat diterima dengan tepat oleh orang lain.

banyak inovator melewatkan empati dalam pengembangan inovasi mereka, banyak diantara mereka hanya melihat masalah lalu membuat sebuah inovasi, tidak sedikit pula yang melihat peluang lalu membuat inovasi. Masalah dan peluang memang awal dari sebuah ide itu lahir, namun empati yang kita miliki yang akan membuat kita terus bergerak dan meluaskan dampak. Empati memberikan kita meaning dan membuat kita terus mengejar mimpi untuk mewujudkan visi mulia itu.

Dalam pelayanan jika kita menggunakan empati
1. Memberikan pelayanan dengan keramahan dan kenyamanan , sikap kita berempati pada orang lain pasti akan membuat orang merasa nyaman dan senang diskusi product dengan kita.
2. Mengerti apa keinginan konsumen , dengan empati kita bisa membaca dan mengetahui apa yang konsumen pikirkan dan inginkan agar tidak terjadi kesalah pahaman.
3. Menerima kritik dan saran dari konsumen .

Target pemasaran menggunakan empaty
1. karyawan/karyawati
Bila mana seorang karyawan/karyawati tidak lagi dapat terus bekerja di suatu perusahaan,
disini mereka membutuhkan suatu keterampilan,
yang dimana nantinya mereka bisa mengembangkan keterampilan tersebut untuk membuka suatu usaha dibidang Fashion.

2. Pemerintah Daerah
Mengajak Pemerintah Daerah untuk bekerjasama membuat suatu Program kesejahteraan Masyarakat, Membangun masyarakat mandiri, kreatif dan inovatif

3. Ibu-ibu PKK
Kita melihat banyaknya masyarakat di indonesia terutama untuk kaum wanita/Ibu-ibu
yang membutuhkan suatu keterampilah lebih seperti menjahit, yang dimana kemampuan tersebut bisa dikembangkan
untuk membuat/membangun suatu usaha untuk menunjang perekonomian keluarganya.

Product
1. Menjaga kualitas barang dan jasa dengan empaty karena kita mempunyai pemikiran dan ekspetasi yang sama dengan si customer sehingga hasilnya bisa maksimal

2. Menjaga kepercayaan konsumen

3. Berinovasi membuat product baru

Manfaat empaty
1. Meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen , jika di dalam bisnis kita menerapkan empaty maka kita bisa merebut hati si customer untuk meningkatkan dan loyal terhadap pemesanan barang.

2. memberikan keuntungan antara kedua belah pihak , empaty membuat penjual dan pembeli merasa untung karena pembeli puas dengan hasil produk dan penjual senang

3. Membangun relasi bisnis lebih luas , jika menggunakan empaty dalam berbisnis maka customer akan mempromosikan ke teman atau tetangga dari mulut ke mulut sehingga membuat relasi bisnis. Dan dengan empaty orang akan merasa senang dan nyaman ketika sedang berhubungan dengan kita.

Sekian menurut saya terima kasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar