Rabu, April 8

kode pembisnis @R30-DHEA




Nama : Dhea enggi mey wulandari
Nim : 43219110276
Kode : @R30-DHEA


Definisi Rencana Bisnis

Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan Formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis atau business plan disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja. Setujukah Anda dengan pernyataan ini?
Menurut pendapat pribadi penulis, saya sangat setuju ketika berbisnis salah satu hal yang penting adalah jalankan atau just do it. Tetapi jalan tanpa rencana adalah perbuatan yang kurang bijak. Apakah dengan membuat rencana bisnis atau business plan dapat menggaransi bisnis akan sukses? Tentu saja tidak ada kepastian. Jadi mengapa Kita harus membuat rencana bisnis atau business plan? Beberapa alasan mengapa Kita memerlukan sebuah rencana bisnis atau bussines plan adalah

Blue Print

Rencana bisnis atau business plan dapat dijadikan blue print bisnis Anda. Perusahaan yang akan dibuat memiliki tujuan apa (visi)? Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut? Siapa saja anggota tim yang terlibat? Kapan bisnis dapat memulai memenuhi tujuannya?
Berikut ini 9 hal pentingnya sebuah rencana bisnis atau business plan:
1.      Kejelasan apa yang akan dikerjakan.
2.      Mengenal struktur dan strategi perusahaan.
3.      Mendapatkan penjelasan detil mengenai pasar.
4.      Mengetahui cara memasarkan bisnis.
5.      Menggali ide atau pemikiran awal.
6.      Mengetes perhitungan bisnis.
7.      Mempertajam sistem operasional.
8.      Mengenal pesaing
9.      Sumber perdanaan.
Sumber pendanaan dari pihak ketiga misal perbankan, investor atau modal ventura memerlukan dokumen tertulis untuk mengetahui bisnis yang akan dibuat. Oleh sebab itu tantangan pertama seorang calon entrepreneur adalah membuat rencana bisnis atau business plan yang menjual.
Ada banyak versi yang menjelaskan mengenai bisnis dan rencana bisnis. Salah satunya adalah pendapat dari Garret Sutton seorang pakar dalam hukum bisnis dan penulis buku The ABC’s of Writing Winning Business Plan, disebutkan bahwa “Bisnis adalah sebuah rencana, bukan produk atau prosedur.” Perencanaan bisnis harus menjawab 3 pertanyaan penting bagi investor atau kreditur:
Apakah saya dapat menghasilkan uang dengan berinvestasi di bisnis ini? Pertanyaan ini ingin berusaha menyakinkan kepada investor atau kreditur mengenai risiko dan imbal hasil, jika mereka berinvestasi di bisnis Kita.
Apakah saya menyukai dan mengerti bisnis tempat saya berinvestasi ini?
Apakah saya mempercayai orang-orang dengan siapa saya berinvestasi?
Berkomunikasi dengan Seluruh Pemilik Saham
Bisa jadi dalam bisnis yang Kita buat, melibatkan beberapa pihak, misal ada beberapa rekan bisnis. Oleh sebab itu business plan dapat digunakan untuk memberikan persepsi yang sama mengenai bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar