Rabu, April 8

Define (Design Thinking)


Setelah memahami dengan seksama penjelasan pada modul dan juga ppt, saya awali tulisan ini dengan mengutip pendapat Raymond E. Glos dalam bukunya “Business : Its Nature and Environment: An Introduction” Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perindustrian dimana sebuah perusahaan atau organisasi melakukan perbaikan-perbaikan standar serta kualitas produk mereka. Mengapa hanya dengan pendapat ini? Karena Bisnis plan yang saat ini benar – benar serius saya jalani adalah penyedia jasa manpower untuk proyek – proyek infrastruktur spesifik pada sub bidang MEEP ( Mekanikal, Elektrikal, Elektronik dan Plumbing).
saya dan beberapa rekan bertolak ukur pada suatu idiom yaitu memanusiakan manusia. Mengapa hal tersebut menjadi acuan? Karena saya masuk kedalam dunia proyek ini juga menjadi seorang manpower atau tenaga harian lepas. Selama atau sepanjangn yang saya dan rekan – rekan pahami bahwasanya tidak ada satu pun perusahaan mau memperdayakan pekerja sampai pada tahap ini. Umumnya adalah menjadi perusahaan outsourcing hanya untuk tenaga ahli saja atau tenaga kebersihan kantor/parkir. Hal tersebut menjadi dasar saya dan rekan – rekan berpikir untuk memudahkan perusahaan – perusahaan kontruksi dalam menyediakan tenaga lepas harian yang lebih terorganisir.
Pada tahap define bisnis ini, hal yang menjadi standar kami adalah menyediakan tenaga harian lepas yang terdidik, rapi anbekerja penuh dedikasi. Sehingga jika perusahaan tersebut sangat memperhatiakan masalah K3 dalam proyek, akan lebih mudah mengkontrol dan memonitor setiap pekerja harian sehingga lokasi kerja yang rapi dapat dilihat begitujuga tujuan untuk zero incident. Kami memperkenalkan method upgrade dari yang selama ini sudah ada di lingkungan proyek. Yaitu menjadikan tenaga kerja harian ini sebelum terjun kelapangan telah dibekali dengan pentingnya menjaga keaman dan kenyamanan pemberitugas agar hasil yang dicapat tidak hanya memmuaskan anmun juga menjadikan pemberitugas terkesan.
Mungkin itu saja sebagai pengenalan secara garisbesar bentuk bisnis yang saya jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar