April 02, 2020

kuis 5 "define rencana bisnis"

Nama: KHAERUL ANAM (@Q10-KHAERUL)
Nim: 41319010025

Assalamualaikum, 
petama-tama yang saya lakukan untuk melakukan define rencana bisnis adalah dengan mengetahui apa yang akan saya bisniskan dan apa keahlian yang saya miliki untuk melakukan bisnis. apakah saya mampuh untuk melakukaknnya untuk jangka kedepan? apakah saya sanggup dengan resiko yang akan terjadi pada saat bisnis berjalan?

Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan.
Saya membuat sebuah usaha yaitu menjua oli mpx 1. Kenapa saya lebih memilih menjual oli mpx 1 ?, karena oli mpx 1 bisa membuat  power pada meesin motor metic,bebek atau motor sport dan lebih hemat sehingga tidak banyak polusi
Analisis Pasar dan Pemasaran
 Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kita melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Dipasaran sendiri banyak orang yang memakain motor matic, bebek dan sport. Itulah salah satu sarasan konsumen kita. Dan kita juga menawarkan usaha kita ke bengkel-bengkel.

 Analisis Sumber Daya Manusia

Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.

Orang orang yang saya butuhkan dalam usaha ini adalah orang yang ahli dan berkompeten dalam bidang marketing. Karena orang yang ahli dalam bidang marketing biasanya bisa menarik konsumen.
Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
No
Barang
Jumlah
Harga
Harga jual
Keunungan
Bulan
1
oli mpx 1
1
Rp.50.000
Rp.60.000
Rp.10.000
1

Rencana Pengembangan Usaha

Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar atau exit strategy dari bisnis kita.
Rencananya kita akan menjual lewat online, karena dengan jaman sekarang yang sudah maju. Dengan harga yang sama. Kita juga akan menawarkan ke bengkel-bengkel karena banyak orang saat ganti oli langsung kebengkel.

Risiko Usaha

Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misal risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya.
Resikonya yaitu mungkin kurang peminat, karena kita hanya menjual. Kebanyakan orang saat ganti oli langsung kebengkel dan biasanya bengkel sudah menyediakan oli tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar