September 05, 2021

Membangun Team Management Dalam Berwirausaha

Oleh : Alwan Nurfadli @S13-ALWAN 

                

Dalam konteks bisnis, mereka akan selalu berhubungan dengan aktivitas-aktivitas keuangan atau akuntansi, pemasaran, proses bisnis dan juga sumber daya manusia. Semuanya itu harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis tersebut.

oleh karena itu, apa yang perlu diperhatikan oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis adalah aspek manajemen dalam setiap aktivitas bisnis yang dijalankan tersebut. manajemen berhubngan dengan bagaimana setiap orang bekerja dengan dan melalui orang lain.

seperti yang sudah diketahui bahwa setiap bisnis tersebut memiliki sumber daya yang terdiri dari man, money, machine, method, material, minute, material dan information yang saling berhubunugan dalam bisnis. Tidak bisa dipisahkan.

Oleh karena itu, diperlukan manajemen untuk mengelola seluruh sumber daya tersebut. Itu yang paling penting agar bisa menghasilkan produk yang bagus secara efektif dan efisien dan menjadi dasar yang kuat untuk itu.

Tips Agara Manajemen Bekerja Efektif

1.Konsisten
Ini adalah aturan pertama yang juga akan diterapkan pada aturan-aturan lainnya. Sebelum pendekatan manajemen Anda bisa efektif, maka terlebih dahulu harus konsisten. 

2.Fokus pada kejelasan, ketepatan, dan ketelitian dalam berkomunikasi

Cara Anda berkomunikasi dengan tim akan mempengaruhi kesuksesan Anda.
Saat memberikan instruksi, berbicara dalam meeting atau meng-update informasi perusahaan, pastikan untuk menyampaikannya secara jelas, tepat, dan benar.

3.Menetapkan tujuan kerja sebagai tim.

Jika Anda ingin anggota tim bekerja sama, buatlah mereka mengerjakan sesuatu bersama. Menentukan tujuan yang hanya fokus pada departemen atau individu tertentu akan membatasi ruang gerak mereka dan kinerja anggota tim tidak maksimal.

4.Memberikan penghargaan dan pengakuan secara terbuka

Ketika anggota tim Anda menunjukkan prestasi, berikan penghargaan, dengan bonus, tropi, atau hanya sekedar ucapan selamat. Lakukan ini di hadapan rekan-rekannya. Hal ini akan membuat karyawan Anda merasa dihargai dan memotivasi rekan-rekan yang lainnya bahwa kerja keras mereka mendapatkan pengakuan.

5.Menjadi panutan

Sebagai seorang pemimpin, sikap dan perilaku Anda hendaknya harus bisa dijadikan sebagai panutan. Jika Anda datang terlambat, maka tim Anda akan tidak tepat waktu.

6.Jangan pernah menyamaratakan anggota tim

Tim Anda terdiri dari individu-individu yang memiliki keunikan, minat, kekuatan, kelemahan dan ide yang beragam.

7.Bersikap transparan

Sikap keterbukaan atau transparansi menunjukkan integritas Anda selaku seorang pemimpin dan membangun kepercayaan dalam tim Anda.

8.Mendukung opini atau ide

Semakin banyak orang yang terlibat aktif dalam diskusi dan mencoba untuk melakukan perbaikan atau peningkatan dalam organisasi, akan semakin baik

9.Membantu tim untuk menikmati pekerjaannya

Anda dapat menciptakan suasana kerja yang lebih menyenangkan dengan melakukan makan siang bersama di luar kantor atau berbincang ringan saat jam istirahat. 

10.Mendengar dan bertanya

Jika salah satu anggota tim Anda tidak setuju denga gaya manajemen Anda atau tidak sepaham dengan arah perusahaan, jangan bersikap cuek atau membenci orang tersebut.

 

Membangun tim adalah sekelompok orang yang saling bekerja sama untuk sebuah tujuan yang telah ditentukan bersama. Dalam sebuah tim, setiap orang memiliki tugas masing-masing di mana tugas tersebut saling berkaitan untuk mencapai sebuah tujuan.

Dalam menjalankan bisnis, tim merupakan salah satu pondasi penting yang harus Anda kelola dengan baik. Sebuah tim memiliki peran penting dalam perkembangan sebuah bisnis.

Di mana, jika tim yang Anda miliki kurang maksimal dan tidak dapat bekerja sama, maka perkembangan bisnis akan mengalami kendala dan hambatan. Sedangkan, jika tim Anda solid dan mampu bekerja sama dengan baik, bisnis akan mendapatkan peluang besar untuk terus berkembang dan bertahan menghadapi persaingan bisnis.

Berikut adalah 5 Tips Membangun Tim yang Solid untuk Bisnis

1.      Pilih Anggota Berkualitas

Mulailah pilih anggota tim yang berkualitas seperti team leader yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, tim manajemen dengan pandangan bisnis yang luas dan memiliki ide-ide kreatif.

2.      Tentukan Tujuan Bersama

Sebelum mulai bekerja, semua anggota tim harus mengetahui apa tujuan yang sebenarnya ingiin dicapai.

3.      Tentukan Peran Masing-Masing

Setelah mengetahui tujuan yang harus dicapai, selanjutnya adalah menentukan peran dari masing-masing anggota tim. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui skill dan pola pikir dari masing-masing anggota tim.

4.      Kerjakan Secara Efisien

Jika seluruh anggota tim sudah mengetahui peran masing-masing untuk mencapai tujuan bersama, langkah berikutnya adalah melakukan pekerjaan dengan cara terbaik.

5.      Ciptakan Kebersamaan & Kepercayaan

Dua hal ini adalah kunci utama untuk membangun sebuah tim yang solid dalam mencapai tujuan bersama. Untuk menciptakan kedua hal ini, cobalah untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam keadaan suka maupun duka.

Referance :

https://strategidanbisnis.com/artikel/3351/entrepreneur-dan-man

https://zahiraccounting.com/id/blog/10-aturan-agar-manajemen-efektif/

https://www.jurnal.id/id/blog/2017-5-tips-membangun-tim-yang-solid-untuk-perkembangan-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.