Senin, September 6

INOVASI PEMBUATAN FUDDGY BROWNIES DENGAN TEPUNG TALAS

 

Oleh    : Annisa Suci Kurniawati_41619110008

@S08-Annisa

Email:annisasucik0712@gmail.com

 

Abstrak

            Pada artikel ini saya akan membahas,mengenai inovasi rasa pada usaha fuddgy brownies. Di mana inovasi ini dicoba dengan membuat fuddgy brownnies yang biasanya berbahan dasar terigu serta coklat dirubah dengan menggunakan bahan dasar talas tanpa mengurangi cita rasanya. Talas yang berkualitas menjadi salah satu bahan utama dalam pengolahan. Kelebihan dari fuddgy brownies talas ini adalah kandungan protein yang terkandung lebih besar dibanding dengan terigu.

Kata kunci :Fuddgy brownies,Talas,Terigu

Pendahuluan

 

Pada era globalisasi dewasa ini,salah satu Industri yang berkambang sangat pesat adalah bisnis olahan makanan dan minuman atau kuliner. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya tempat pariwisata yang terkenal akan wisata kuliner. Usaha kuliner seperti restoran ini  merupakan salah satu aspek yang berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran serta menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Ditambah lagi sejak beberapa dekade terakhir semenjak pemerintah menetapkan kasus pandemic COVID 19 tinggi dan semua pekerjaan dilakukan dirumah.orang-orang mulai berlomba menciptakan jenis kreasi makanan baru untuk menambah kebutuhan ekonomi. Dengan adanya restoran baru, maka terbitlah olahan menu makanan baru, sesuai dengan kapasitasnya. Ada yang bersifat wajib, demi menunjang kebutuhannya,ada pula makanan yang dimakan untuk menemani di kala santai.

Salah  satu  produk cemilan yang digemari oleh banyak kalangan adalah  kuliner olahan pastry  and bakery. Yaitu cake Menurut  Syarbini (2014) cake merupakan  bagian  dari  produk bakery yang  memiliki  karakteristik berbeda dengan produk bakery lainnya. Secara definisi, cake termasuk dalam produk baked confectionery, artinya cake merupakan  produk  makanan  manis  yang  banyak mengandung  gula  yang  terbuat  dari  4  bahan  utama  yaitu  tepung  terigu,  gula,  telur, dan  margarin.  Pembuatannya  pun  melalui  proses pemanggangan,  tetapi  dalam perkembangannya  di  Indonesia, cake tidak  hanya  melalui  proses  pemanggangan, tetapi juga melalui proses pengukusan. Maka cake atau kue bolu dikenal luas dengan produk  bolu  kukus  dan  brownies  kukus maupun panggang  yang  saat  ini menjadi  salah  satu  produk terlaris di pasar kue Indonesia. Menurut  Syarbini  (2014)  brownies adalah  makanan  manis  yang  terbuat  dari campuran  tepung  terigu, butter,  gula,  telur  dan  cokelat  dengan  bentuk  padat  dan datar.  Tekstur  brownies  merupakan  perpaduan  antara tekstur cake dan cookies, sehingga terkesan agak padat namun tetap empuk dan moist.

Salah satu yang tercipta adalah fuddgy brownies cemilan coklat yang sedang memenuhi kebutuhan trend makanan saat ini merupakan salah satu bentuk evolusi dari brownies kukus, perbedaanya hanya pada segi pengovenan dan segi tata hias dimana kue dengan bahan dasar coklat dan tepung ini memiliki tekstur lebih cruncy, namun kali ini tepung yang digunakan diubah dengan talas,untuk menciptakan sebuah inovasi dari rasa dan perbedaan pada fuddgy brownies sebelumnya, selain itu fuddy brownies memiliki beberapa varian toping yang bisa direquest sesuai dengan keinginan. Yang membuat produk ini ungul adalah dalam segi pengemasan yang dipotong sesuai dengan kebutuhan membuat fuddgy brownies memiliki daya tarik tersendiri untuk teman minum kopi dan bersantai semua kalangan

Permasalahan

            Adapun masalah yang dihadapi terdapat pada proses:

1.   1.    Pengujian pengolahan masih perlu dikaji kembali, disamping terdapat perbedaan pada bahan dasar yang digunakan antara terigu dan talas

2.    2.   Peluang pasar yang ada sehingga ide produk yang sedang diinovasikan dan dikembangkan dapat lebih menghasilkan

3.      Aspek pemasaran dan sumber daya,pembuatan fuddgy brownies masih belum memilik logo atau identitas yang tepat, karena bersifat home industri, pemasaran hanya dilakukan door to door sehingga membuat pemilik usaha belum berani menyetok fuddy brownies, disamping minim modal dan waktu serta tempat 

Metode yang tepat sebagai solusi

Dari perumusan masalah yang telah dijabarkan sebelumnya, tentunya dibutuhkan metode yang tepat sehingga mampu menyelesaikan persoalan tersebut. Berikut ini merupakan metode yang kami pakai dalam menyelesaikan masalah tersebut:

INOVASI PEMBUATAN FUDDGY BROWNIES

DENGAN TEPUNG TALAS

 


 

 

Masalah yang dapat diselesaikan

 

1.      Pembuatan brownies ini perlu dikaji secara matang dan dilakukan berulang kali demi menghasilkan produk yang unggul

2.      Pembisnis perlu mendalami peluang pasar dan pola konsumtif pembeli

3.      Pembuatan merk atau brand yang berkesinambungan dengan sumber daya dan aspek pemasaran merek adalah tanda yang ditampilkan berupa logo, gambar, kata, huruf, susunan warna baik dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi untuk membedakan barang atau jasa yang diproduksi.Umumnya, produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, perorangan, maupun organisasi bisa kita bedakan melalui merek, baik itu berupa barang maupun jasa.Nama brand tersebut dibuat dari salah satu singkatan nama pemilik usaha,dengan harapan produk tersebut bisa dikenal oleh masyarakat luas dan mampu bersaing di pasaran. Berikut adalah tampilan desain dari brand kami :




 

 

 

 

 

 

 

Diharapkan produk akan mempunyai daya tarik tersendiri dan berdampak pada loyalitas pelanggan. Sehingga di masa depan.

 

Strategi Pemasaran ke konsumen

 

Pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang berkaitan dengan arus penyerahan barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke konsumen.Dengan demikian, pemasaran adalah hal terpenting dalam melakukan kegiatan usaha demi tercapainya suatu tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan pemasaran hal yang perlu di perhatikan adalah tempat pemasaran produk dan siapa target dari pemsaran tersebut.

Sehubungan dengan produk yang kami buat yaitu Mocho Cake , maka tempat pemasaran yang tepat untuk produk yang diproduksi adalah daerah sekitar tempat tinggal.

Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang diinginkan :

1. Tempat dimana digemari masyarakat

2. Lingkungan yang mendukung

3. Akses yang mudah dijangkau

4. Pengiriman dan Tempat pembelian bahan baku yang mudah

5.  Mudah dijangkau konsumen

Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang direncanakan :

l  Rekan kerja dan Teman Kampus

l  Lingungan sekitar tempat tinggal

l  Toko dan Warung makanan

l  Lingkungan bekerja dan Kampus

Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram, serta melayani COD (Cash On Delivery). Selain itu karena produk adalah makanan sehingga pengiriman harus cepat supaya menjaga kondisi dan kualitas dari produk.

Setelah berhasil pada usaha pertama ini. Kami akan mencoba memasarkan melalui platform Instagram, WhatsApp dan Gojek. Go Food dalah salah satu sasaran dimana masyarakat menggunakannya untuk transaksi di era pandemi maupun dunia kerja yang sibuk.

 

 

 

 

Dalam proses pembuatan  Fuddgy brownies perlu ditetapkan beberapa hal, alat dan bahan yang digunakan diantaranya yaitu:

Alat dan bahan yang digunakan

·         Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan yaitu:

·         Bahan – bahan :

·         120 gram butter

·         225 gram coklat batang

·         3 sdm coklat bubuk

·         200 gram gula pasir

·         3 butir telur ukuran besar

·         ¼ sdm garam

·         130 gram tepung terigu

·         1 sdt vanila cair

·         Varian toping :

·         Kenari/almond

·         Keju/chocolate cip

 

·         Alat-alat yang digunakan :

·         Wadah untuk adonan

·         mixer

·         saringan pengayak terigu

·         spatula

·         pisau

·         sendok makan dan sendok teh

·         oven listrik

·         loyang uk. 20 X 20 cm

 

 

Target  Pasar

A.     Pemasaran

Produk cake dari “Mocho Cake ”  bisa dinikmati semua kalangan.

Cake termasuk makanan yang sudah  populer bagi masyakarakat Indonesia sehingga sehingga cukup baik untuk memasarkan produk ini. Harga jual produk kopi ini disesuaikan dengan harga para pesaing dan dari modal awal  yakni seharga

Rp. 65.000  - 90.000 untuk toping  bisa disesuaikan dengan pesanan dan.  untuk satu kardus isi 25 skat,

Sasaran Pembeli

Sasaran pembeli dari produk Mocho Cake ini adalah para penikmat Cake dan coklat yang biasanya adalah remaja, dewasa dan orangtua . Karena kebanyakan penikmat cake adalah saat kumpul – kumpul atau nongkrong maupun sedang santai di rumah, maka pemasaran cake dilakukan dengan cara promosi ke masyarakat sekitar . Selain itu juga masuk ke media sosial seperti Instagram dan WhatsApp supaya dapat menarik minat dari luar daerah tempat sehingga akan menarik konsumen lebih banyak. Tentunya sasaran utama adalah anak muda dan keluarga.

Deskripsi dan Jenis Produk

 

Cake merupakan merupakan  bagian  dari  produk bakery yang  memiliki  karakteristik berbeda dengan produk bakery lainnya. Secara definisi, cake termasuk dalam produk baked confectionery, artinya cake merupakan  produk  makanan  manis  yang  banyak mengandung  gula  yang  terbuat  dari  4  bahan  utama  yaitu  tepung  terigu,  gula,  telur, dan  margarin.  Pembuatannya  pun  melalui  proses pemanggangan,  tetapi  dalam perkembangannya  di  Indonesia, cake tidak  hanya  melalui  proses  pemanggangan, tetapi juga melalui proses pengukusan

 

 

 

 

 

 Mocho Cake punya beberapa jenis  varian , yaitu:

1.Nama Produk Pisang Bolen



            Definisi Produk :

Perpaduan tekstur yang lembut dengan isian pisang yang manis melebur dengan nikmatnya cokelat maupun keju, mampu membuat hati bahagia saat memakan camilan satu ini.

2. Nama Produk Fuddgy Brownies


            Definisi Produk :

Fuddgy brownies cemilan coklat yang sedang memenuhi kebutuhan trend makanan saat ini merupakan salah satu bentuk evolusi dari brownies kukus, perbedaanya hanya pada segi pengovenan dan segi tata hias dimana kue dengan bahan dasar coklat dan tepung yang diubah menjadi talas ini memiliki tekstur lebih cruncy serta memiliki banyak toping yang bias direquest sesuai dengan keinginan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mind mapping

 


Kemasan


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

Dengan melihat peluang yang ada dipasaran, dimana cake ini sudah menjadi salah satu makanan yang sangat disukai, kami berinovasi untuk membuat jajanan sederhana khas Indonesia ini bisa dapat terus berkembang di pasaran. Usaha cake ini cukup menjanjikan selain dikarenakan peluang pasar yang ada, serta tingginya peminat cake membuat peluang bsinis cake semakin diperhitungkan dimana menawarkan laba yang terbilang besar. Sebenarnya usaha cake sudah ada , namun hingga kini usaha ini sangatlah menjanjikan. Modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis cake tidaklah besar namun ada resiko kegagalan adonan. Dimana bisnis kopi dapat dimulai dengan langkah yang mudah dan menguntungkan. Diharapkan bisnis ini bisa bersaing  dengan produk cake dan menjadi suatu trend yang dapat disukai di masyarakat, selain terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang sehat dan unik bagi masyarakat.

Saran

Dari rencana model bisnis ini diharapkan usaha ini dapat berjalan lancar, sesuai yangdiharapkan dan banyak diminati konsumen. Saran yaitu dalam berbisnis apapun yang kita miliki harus dapat mempunyai sikap kreatifitas dan inovasi yang tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat. Karena untuk modern ini , jika kita tidak berkreasi sebaik mungkin, kita dapat terkalahkan oleh para pesaing yang sebenarnya setara kemampuannya dengan diri kita. Dalam berbisnis ide kuliner fudgy brownies ini kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan minat masyarakat untuk pengembangan produk kita, dan juga kita harus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli.

 

 

 

 

 

 

 

Daftar pustaka

tp://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/09/tepung-talas/ht

https://patendo.co.id/pengertian-merek/

https://accurate.id/akuntansi/pengertian-modal/

http://repository.unpas.ac.id/27580/4/BAB%20I.pdf

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.