Minggu, September 5

PELUANG BISNIS KOPI LOKAL DI ERA MODERN

 Oleh : Hamid Afifudin @S10-HAMID


Abstrak

Pada artikel ini akan membahas tentang kopi. Dimana kopi merupakan salah satu komoditas utama yang dimiliki oleh indonesia. Disamping itu kopi merupakan salah satu jenis minuman yang populer yang diminati oleh masyarakat di indonesia. Ciri khas dari kopi adalah ketika beda tempat ( tanah, suhu, temperatur, ketinggian dll ) akan memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Dalam bisnis ini adalah mengembangakan jenis kopi robusta dari daerah Temanggung, Jawa Tengah.


Kata Kunci : Kopi, Bubuk, Aroma, Rasa

 

Pendahuluan

Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah sejak lama menjadi kessukaan di masyarakat. Kopi bubuk adalah salah satu cara menikmati kopi yaitu dengan diseduh dengan air panas. Kopi menjadi salah satu miuman yang populer karena biasa disajikan ketika sedang berkumpul maupun menjadi sajian minuman utama di warung maupun kedai. Salah satu metode penjualannya adalah dengan dibuat dalam posisi sudah menjadi bubuk kopi.

 

Permasalahan

Masalah yang dihadapi adalah pada saat proses produksinya seperti saat proses menjadi bubuk dan alat-alat yang relatif mahal. Selain itu adalah kemasan untuk menjaga tekstur dan aroma supaya terjaga seperti aslinya karena ketika kopi terlalu lama bercampur dengan udara bebas aroma dan rasanya akan berubah. Masalah lain adalah marketing kopi yang memang luas dan banyak sehingga persaingannya. Pemasarannya juga tergantung rumit karena kopi juga dari segi varian produknya banyak.

Pembahasan

Kopi merupakan salah satu jenis komoditas utama yang populer di indonesia. Kopi juga menjadi salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat. Minuman kopi juga mempunyai aroma dan rasa yang berbeda tiap daerah. Untuk membuat kopi menjadi minuman adalah dengan membuat biji kopi yang sudah disangrai menjadi bubuk kopi terlebih dahulu. Sehingga bisnis untuk menjual kopi ini adalah dengan produk bubuk kopi supaya mudah untuk diseduh dan disajikan. Peluang pasar yang luas juga menjadi salah satu alasan dari bisnis ini selain karena pemanfaatan sumber daya alam dari daerah Temanggung Jawa Tengah yang berupa kopi. Kopi adalah salah satu minuman yang populer dan amiliar untuk semua kalangan. Aroma dan rasa adalah ciri khas utama dari kenikmatan kopi sehingga dalam pemasarannya harus mempunyai kemasan yang dapat menjaga tektur dan aromanya.

Peluang Bisnis Kopi

Peluang bisnis kopi sangat bagus. Memang petani mayoritas menjual kopi dalam bentuk biji kering untuk dijual di pasar, namun di era sekarang yang memang kopi menjadi salah satu enis minuman yang sangat populer di banyak kalangan masyarakat tentu bisni kopi sangatlah bagus untuk dikembangkan. Dari segi harga sangat bisa bersaing dengan brand yang sudah ada di cafe dll. Karena setiap daerah akan memiliki rasa dan aroma tersendiri maka peluang dalam pasar kopi itu akan terbuka. Tergantung dari bagaimana cara pemasaran dan kemasan dari produk. Pasar dan penikmat kopi juga selalu ada dan tidak pernah hilang dari masyarakat

Bahan Baku Bisnis Kopi

Melihat dari sumber daya alam di wilayah Temanggung Jawa Tengah, Kopi menjadi bahan baku dalam bisnis ini. Standar yang digunakan adalah tingkat kematangan, tingkat kekeringan biji dan jenis tanaman. Bahan baku yang dipilih adalah kopi yang 100% matang dan berawarna merah, dijemur sampai kering dan menggunakan kopi jenis robusta. Selain itu bahan juga harus disimpan ditempat yang kering karena jika lembab akan menimbulkan jamur dan merusak kopi. Sehingga bahan baku yang digunakan adalah jenis kopi pilihan yang diawasai dengan baik.

Proses Produksi Kopi

Sortasi buah kopi

Tahap pertama yang harus dilalui adalah penyortiran buah kopi yang telah didapatkan dari panen. Pemilihan buah kopi yang telah dipanen dikategorikan menjadi dua macam, yaitu buah inferior dan buah superior. Warna yang ada pada buah kopi juga termasuk ke dalam penyortiran, pisahkan buah yang masih bewarna merah dan buah yang bewarna hijau. Penyortiran yang dilakukan bisa sangat berpengaruh terhadap kualitas biji kopi yang nanti dihasilkan.

Pengeringan

Dengan proses pengeringan, biji kopi yang dihasilkan harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikupas. Hal ini berbeda dari cara basah yang mengupas biji kopi terlebih dahulu baru dikeringkan. Biji kopi yang dikeringkan biasanya memakan waktu kurang lebih dua minggu hingga kadar air yang tersisa sangat sedikit. Penjemuran atau pengeringan perlu diperhatikan sehingga mendapatkan biji kopi kering yang diinginkan.

Pengupasan kulit buah

Setelah kering sesuai kadar yang diinginkan, masuk ke dalam tahap pengupasan kulit buah. Dalam hal ini bisa menggunakan mesin atau dengan cara menumbuk untuk memisahkan kulit buah dari bijinya. Tahap ini bisa dikatakan berhasil atau tidak tergantung dengan tahap pengeringan yang telah dilakukan sebelumnya. Jika kamu keliru dalam tahap pengeringan, maka saat pengupasan kulit buah juga bisa gagal karena kadar air yang ada pada buah kopi sangat berpengaruh.

Pemilihan biji kopi

Di awal kamu sudah melakukan penyortiran, di tahap ini juga perlu untuk melakukan penyortiran karena tidak semua biji kopi yang sudah dikupas dari kulitnya menghasilkan biji kopi yang baik. Oleh karena itu di proses ini perlu untuk melakukan penyortiran ulang.

Pengemasan

Ini bisa dikatakan jadi tahap akhir dari pengolahan buah menjadi biji kopi. Biji kopi yang sudah disortir bisa langsung dikemas untuk kemudian dipasarkan ke banyak tempat. Pastikan di tahap ini kamu menggunakan kemasan kopi yang baik sehingga produk milikmu tetap aman dan terjaga setelah diproses dengan sangat baik. Saat ini semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli biji kopi asli daripada kopi bubuk. Alat-alat penggiling kopi sederhana sudah banyak dijual di pasaran sehingga konsumen bisa punya pengalaman untuk menikmati kopi versinya.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran dilakukan dan dimulai dari wilayah tempat kerja untuk mendapatkan konsumen dalam skala kecil dan untuk menimbulkan pasar lingkup kecil. Selain itu juga dengan memafaatkan media sosial sepeti WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya. Cara kedua adalah dengan menyebarkan kopi di tempat seperti cafe, warung kopi, dan angkringan yang merupakan segmen utama dan pemasaran kopi.

Jenis Produk

Kopi Bubuk

Kopi Bubuk  adalah jenis kopi yang sudah dipilih tingkat kematangan buahnya yaitu  yang berwarna merah semuanya. Kemudian disortir ketika sudah di keringkan yaitu dipilih yang bijinya baik dan yang rusak dpisahkan. Maka kopi  ini adalah produk yang terbaik karena dipilih dan disortir dengan baik. Disanrai dengan cara Tradisional modern dan menggunakan wajan dan kompor bukan dengan oven.Karena akan menjaga kualitas dan rasa dari kopi.

Kopi Biji

Kopi Biji salah satu untuk mengarah ke segmentasi pasar seperi cafe dan warung kopi maupun penikmat kopi yang mempunyai mesin roasting sendiri. Karena kopi juga dinikmati berdasarkan tingkat kehalusan saaat menggilingnya, maka kopi biji menjadi solusinya. Jenis kopi yang sudah dipilih tingkat kematangan buahnya yaitu  yang berwarna merah semuanya. Kemudian disortir ketika sudah di keringkan yaitu dipilih yang bijinya baik dan yang rusak dpisahkan. Maka kopi  ini adalah produk yang terbaik karena dipilih dan disortir dengan baik. Disanrai dengan cara Tradisional modern dan menggunakan wajan dan kompor bukan dengan oven.Karena akan menjaga kualitas dan rasa dari kopi.


Mind Mapping



Kesimpulan

Dengan sumber daya alam yang melimpah tentu bisnis di sekitar kita akan dapat berjalan, dimana bisnis berjalan adalah dengan adanya peluang pasar. Masyarakat sebgai konsumen utama membutuhkan hal yang mudah dijangkau dan praktis. Dengan begitu peluang untuk menciptakan bisnis seperti bisnis kopi ini sangat terbuka. Selain itu trend di masyarakat juga bisa berubah namun untuk kopi adalah jenis trend yang selalu stabil peminatnya. Dengan begitu bisnis kopi akan selalu berputar dalam roda ekonomi di masyarakat dan selalu menjadi peluang bisnis yang terbuka dan menjajikan. Kualitas, Mutu, Pengemasan dan Pemasaran menjadi standariasi yang harus selalu diutamakan dalam dunia bisnis.

Terima Kasih

Daftar Pustaka

https://flexypack.com/begini-engolahan-biji-kopi-hingga-menjadi-bubuk-kopi-mengharumkan/

http://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-kopi-dan-analisa-usahanya/

https://medium.com/@fegimerina/peluang-besar-dalam-membuka-bisnis-kopi-bubuk-kemasan-a4871c50ee12

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.