Jumat, September 24

KEUNTUNGAN MENERAPKAN ETIKA DALAM BERBISNIS


Direview Oleh :

Rohmah Fitriani (@S14-ROHMAH) 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pentingnya etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai pengontrol kita dalam berperilaku agar sesuai dengan adab sopan santun. Etika menjadi bagian yang pentingdalam menilai seseorang.  Menjunjung etika sangat penting karena kita hidup di negara yang memiliki banyak sekali perbedaan. Dengan adanya etika maka kita diwajibkan untuk saling menghargai dan bertoleransi terhadap sesama.

Begitu juga dalam dunia bisnis, etika digunakan untuk dapat membangun hubungan yang baik terhadap sesama rekan kerja.Etika dalam bekerja digunakan untuk dapat memberikan kesan yang baik dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur orang dalam melihat karakter, sifat, dan juga tingkah laku seseorang.Sangat penting untuk memiliki rekan kerja yang memiliki karakter yang baik. Prinsip-prinsip etika bisnis terwujud dalam sutu pola hubungan yang bersifat interaktif.

 

1.2 Rumusan Masalah

      a. Apa yang dimaksud Etika menurut para ahli?

      b. Apa alasan pentingnya etika dalam bisnis di era modern?

      c. Bagaiman menerapkan etika yang baik dalam berbisnis

1.3 Tujuan

      a. Mengetahui pengertian etika secara general.

      b. Mengetahui pentingnya etika dalam berbisnis di era modern

      c. Dapat mengimplementasikan etika yang baik dalam berbisnis

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Etika

Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.

Etika adalah suatu ilmu yang membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Dan etika profesi terdapat suatu kesadaran yang kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukan.

Menurut W. J. S. Poerwadarminto .Etika merupakan ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak atau moral. Menurut K. Bertens. Etika merupakan nilai-nila dan norma-norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilaku. Sedangkan sedangkan Menurut Drs. Sidi Gajabla. Etika merupakan teori tentang perilaku atau perbuatan manusia yang dipandang dari segi baik & buruknya sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.


2.2  Pentingnya Etika Dalam Berbisnis Di Era Modern

Tujuan utama dari berbisnis adalah untuk mendapatkan profit dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Etika bertujuan untuk menjaga reputasi bisnis yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen yang dilayani. Berikut ini 7 alasan pentingnya etika dalam bisnis untuk membangun reputasi yang lebih baik:

1. Menciptakan kepercayaan

Kepercayaan adalah nomer satu dalam sebuah bisnis. Bisnis yang dipercaya merupakan bisnis jangka panajng. Dengan adanya kepercayaan akan tercipta loyalitas terhadap bisnis tersebut. Dengan menerapkan etika dalam bisnis, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari banyak lingkup. Mulai dari kepercayaan para pelanggan, hingga kepercayaan dari rekan bisnis. Terlebih lagi, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari para karyawan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kepercayaan dari segala stake holder.

2. Menjalin Hubungan Jangka Panjang

Bisnis atau usaha yang bagus adalah yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Disinilah alasakan kenapa menerapkan etika bisnis itu penting bagi para pengusaha. Sebab, ini bisa menjalin hubungan jangka panjang. Terutama hubungan kamu dengan rekan bisnis dan pelanggan yang sudah menggunakan produk milikmu.

3. Menjaga Reputasi

untuk menjaga reputasi sebuah bisnis. Bisnis yang dilakukan tanpa etika, tentu akan kurang dipercayai. Sehingga hasilnya mendapat reputasi buruk di mata publik. Bisa kamu lihat beberapa perusahaan yang bangkrut karena melakukan hal-hal curang yang tidak beretika, ketika berbisnis. Ini menghasilkan reputasi buruk terhadap perusahaan tersebut. Sehingga tak aneh jika mereka bisa gulung tikar.

4. Memperkuat Brand Image

Etika yang baik, pelayanan yang baik dan stategi yang ramah, bisa menciptakan kesan tersendiri di mata para konsumen. Atau di mata para perusahaan yang bekerjasama denganmu. Kesan tersebut akan selalu diingat, kemudian selanjutnya akan melahirkan brand image yang baik. Ketika Barand Image semakin kuat, maka loyalitas pelanggan akan semakin kuat pula. Sehingga mereka tak segan untuk terus-terusan menggunakan produk milikmu itu.

5. Memperluas Koneksi Dan Jaringan

Sebuah bisnis yang baik adalah yang bisa menjalin koneksi dan jaringan dengan baik. Kemudian bisa memperluas jaringan tersebut. Sehingga, bisnis bisa semakin maju. Ini juga menjadi alasan pentingnya etika dalam bisnis, ketika kamu menerapkannya dalam berbisnis. Sudah tentu, bisa memperluas koneksi dan memperluas jaringan. Dengan demikian, bisnis yang dijalani bisa semakin berkembang dan semakin maju. Karena memiliki banyak relasi dan banyak pelanggan.

6. Menghindari Persaingan Tidak Sehat

Etika bisnis yang buruk, bisa menyebabkan persaingan yang tidak sehat. Sebab ketika kompetitor merasa dikecewakan dengan bisnis milikmu yang tidak beretika. Maka mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mengalahkan bisnis milikmu. Intinya, dengan etika bisnis yang baik—kamu bisa menjaga hubungan dalam persaingan tersebut. Meskipun bersaing, tapi bersaing secara sehat. Sehingga tidak saling merugikan bagi kedua belah pihak.

7. Menjaga Kesehatan Bisnis

Bisnis yang sehat adalah bisnis yang bisa menjaga ke enam poin sebelunya, yang sudah dijelaskan. Mulai dari terciptanya kepercayaan hingga adanya persaingan yang sehat. Dengan demikian bisnis yang kamu jalani bisa dikatakan sehat. Terlebih jika kamu bisa memiliki banyak pelanggan dan banyak keuntungan.

 

2.2  Menerapkan Etika Kerja Yang Baik Dalam Berbisnis

Setiap pebisnis harus memiliki etika dalam bersikap, tanpa adanya etika persaingan bisnis menjadi tidak sehat dan akan ada banyak pihak yang dirugikan. Berikut contoh dalam menerapkan etika yang baik dalam berbisnis :

1. Jujur

Jujur adalah salah satu nilai paling dasar yang harus dimiliki dalam berbisnis, jika Anda sampai ketahuan dalam menjalankan bisnis tidak jujur maka reputasi bisnis Anda akan hancur dalam waktu yang singkat.

2. Bersikap Dewasa

Anda perlu menjauhkan sikap kekanak-kanakan dan tidak mengedepankan ego diri sendiri. Anda harus berfikir panjang karena bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa berkembang secara terus menenrus.

3. Bertingkah Laku Baik

Bertingkah laku menjadi salah satu etika yang paling diperhatikan, soalnya ini yang paling terlihat dalam berinteraksi dengan rekan bisnis Anda. Bersikaplah baik kepada semua orang yang Anda temui dan jagalah sikap baik tersebut secara konsisten.

4. Menggunakan Pakaian Rapih

Pakaian menjadi salah sau etika dalam berbisnis yang paling bisa dilihat mata. Jangan menggunakan pakaian yang kusut, kaos atau yang menggunakan warna yang mencolok. Kalau bisa ditambah dengan parfum agar saat ketemu orang lain bisa nyaman terhindar dari yang namanya bau yang kurang enak.

5. Bersikap Sopan

Agar mendapatkan kesan yang baik kepada rekan bisnis Anda, usahakan bersikap sopan dan santun. Kesan pertama ini nantinya akan selalu diingat oleh rekan bisnis Anda, jika pertama sudah jelek maka kelanjutannya tidak akan baik.

6. Menggunakan Bahasa Yang Baik

Dalam pemilihan bahasa juga perlu diperhatikan, hindari menggunakan bahasa yang kasar, mengandung unsur sara, dan obrolan-obrolan yang bersifat pribadi. Bagi Anda yang belum terlalu kenal juga jangan langsung mengajak bercanda, karena Anda belum tahu tentang karakternya seperti apa.

7. Selalu Mengucapkan Terima Kasih

Selalu berucap terima kasih menjadi salah satu apresiasi kepada orang lain. Selain ucapan jika memungkinkan Anda bisa memberikan sesuatu kepada orang lain.


2.3  Manfaat Etika Bisnis Bagi Internal Perusahaan

Pentingnya etika bisnis dalam perusahaan juga memberikan banyak manfaat bagi mereka yang menerapkannya. Berikut beberapa manfaat etika bisnis menurut website content dot wise step dot com.

1. Perlindungan dan Jaminan Aset yang Tetap Terjaga

Manfaat pertama yang dirasakan oleh perusahaan ketika menerapkan etika bisnis adalah biaya perlindungan dan jaminan aset yang stabil, bahkan semakin lama semakin menurun. Mengapa demikian? Karena setiap karyawan menyadari tugas dan tanggung jawab mereka terhadap perusahaan. Dengan kata lain, mereka menyadari bahwa aset-aset perusahaan harus dijaga dengan baik. Jika mereka merusaknya atau tidak menggunakannya dengan berhati-hati, maka ini menandakan bahwa mereka telah melanggar etika bisnis yang ada. 

2. Kerjasama Tim akan Semakin Kuat

Jika semua orang di dalam tim menerapkan etika bisnis dengan baik dan konsisten, maka mereka akan menyadari dengan baik bagaimana caranya bertanggung jawab. Sebagai contoh, mereka tahu bahwa pekerjaan yang diberikan harus diselesaikan dengan tepat waktu dan mereka juga sadar bahwa untuk mencapai suatu target, kerjasama tim sangatlah diperlukan. Dengan begitu, etika bisnis yang dipraktikkan secara konsisten akan menciptakan kerjasama tim yang semakin kuat.  Perlindungan dan Jaminan Aset yang Tetap Terjaga

3. Tingkat Produktivitas akan Semakin Meningkat

Ketika kerjasama tim semakin kuat, setiap karyawan juga akan semakin terdorong untuk meningkatkan produktivitas mereka. Dengan kata lain, setiap karyawan akan terpacu untuk bekerja lebih keras dan lebih tekun untuk menjadi karyawan yang unggul. Itulah mengapa etika bisnis erat kaitannya dengan para karyawan yang berprestasi. Perlindungan dan Jaminan Aset yang Tetap Terjaga

4. Pengambilan dan Penerapan Keputusan Menjadi Lebih Mudah

Organisasi atau perusahaan yang menerapkan etika bisnis secara konsisten pastinya akan lebih mudah dalam mengambil dan menerapkan keputusan. Mengapa demikian? Karena semua kebimbangan di dalam bisnis dapat diselesaikan dengan berpacu kembali pada etika bisnis yang ada.

5. Perusahaan akan Lebih Adaptif terhadap Perubahan

Para karyawan dengan etika bisnis yang profesional di tempat kerja jelas menjadi kunci utama kesuksesan pada setiap perusahaan. Perusahaan dengan sangat sadar percaya bahwa semua karyawan profesional dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat dan drastis, namun mereka akan tetap bertindak sesuai dengan etika bisnis yang berlaku. Perlindungan dan Jaminan Aset yang Tetap Terjaga

 

 


Mindmapping

 

 


BAB III

KESIMPULAN

 

3.1 Kesimpulan

Sebagai pelaku bisnis, kita harus menerapkan manner atau tindakan dalam beretika terhadap rekan kerja sesuai norma yang ada. Etika yang baik dalam melakukan aktivitas bisnis dapat mengeratkan hubungan terhadap rekan kerja. Dapat memberikan rasa saling percaya dan dapat membangun hubungan yang baik. Dalam jangka panjang etika dalam berbisnis dapat berfungsi sebagai elemen penting yang dibutuhkan untuk dapat menjembatani antar dua perusahaan untuk dapat bekerja sama dimasa depan untuk dapat menciptakan profit dan berpengaruh terhadap pasar yang telah ditetapkan.

 

 

 

DAFTAR PUSAKA

 

https://www.kompasiana.com/bernardus45149/5fd199f3d541df4ba25ecb32/pentingnya-etika-dalam-dunia-bisnis

https://www.dosenpendidikan.co.id/etika-adalah/

https://qwords.com/blog/etika-dalam-bisnis/

https://studilmu.com/blogs/details/etika-bisnis-definisi-tujuan-contoh-dan-manfaatnya-dalam-perusahaan/page:4

 https://asset.kompas.com/crops/I9UlawQbks1i7ApYWG8AWqLgYJo=/0x2:840x562/750x500/data/photo/2021/06/28/60d96bd67505a.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.