Selasa, September 21

LIBRARY FRAME WORK : BOOTSTRAPMADE

Oleh : Hamid Afifudin @S10-HAMID


ABSTRAK
Bootstrapmade diciptakan untuk memudahkan perancang web membuat dan menjual template dan tema mereka sendiri berdasarkan kerangka Bootstrap. Pengembang tema mendapatkan 70% dari setiap penjualan tema mereka. BootstrapMade.com adalah Marketplace untuk membeli atau menjual tema dan template premium yang dibangun menggunakan framework bootstrap twitter.

BootstrapMade.com adalah pembuat tema Bootstrap gratis dan template situs web super mengagumkan. Kami mengkhususkan diri dalam merancang dan membuat elegan, bersih dan indah Template website gratis menggunakan Bootstrap, framework HTML, CSS & JS yang paling populer. Semua tema bootstrap dibuat dengan hati-hati, kompatibel sepenuhnya dan kompatibel dengan cross-browser. Dapat menggunakan tema kami di proyek pribadi atau komersial . Saat ini memiliki 52 tema bootstrap gratis dan didownload lebih dari 1.110.268 kali.

 

Kata Kunci : Bootstrapmade, Template dan Tema

 

Bootstrapmade



Bootstrap, yang awalnya bernama Twitter Blueprint, dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal. Sebelum Bootstrap, berbagai perpustakaan digunakan untuk pengembangan antarmuka, yang menyebabkan ketidakkonsistenan dan beban pemeliharaan yang tinggi.

Pada tanggal 31 Januari 2012, Bootstrap 2 dirilis, yang menambahkan sistem tata letak grid dua belas kolom yang responsif, dukungan built-in untuk Glyphicons, beberapa komponen baru, serta perubahan pada banyak komponen yang ada.
Pada tanggal 19 Agustus 2013, Bootstrap 3 dirilis, yang mendesain ulang komponen untuk menggunakan desain datar, dan pendekatan pertama mobile.
Pada tanggal 29 Oktober 2014, Mark Otto mengumumkan bahwa Bootstrap 4 sedang dikembangkan.  Versi alpha pertama dari Bootstrap 4 dirilis pada tanggal 19 Agustus 2015.

 

Fitur

Bootstrap 3 mendukung versi terbaru Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari (kecuali di Windows). Ini juga mendukung kembali ke IE8 dan Firefox Extended Support Release (ESR) terbaru.
Sejak 2.0, Bootstrap mendukung desain web responsif. Ini berarti tata letak halaman web menyesuaikan secara dinamis, dengan mempertimbangkan karakteristik perangkat yang digunakan (desktop, tablet, ponsel).
Dimulai dengan versi 3.0, Bootstrap mengadopsi filosofi desain mobile-pertama, yang menekankan desain responsif secara default.
Versi 4.0 alpha release menambahkan dukungan Sass dan flexbox.

 

Struktur dan Fungsi

Bootstrap bersifat modular dan terdiri dari serangkaian stylesheet Kurang yang menerapkan berbagai komponen toolkit. Stylesheet ini umumnya dikompilasi menjadi bundel dan disertakan dalam halaman web, namun komponen individual dapat disertakan atau dihapus. Bootstrap menyediakan sejumlah variabel konfigurasi yang mengendalikan hal-hal seperti warna dan padding berbagai komponen.
Sejak Bootstrap 2, dokumentasi Bootstrap menyertakan wizard kustomisasi yang menghasilkan versi Bootstrap yang disesuaikan berdasarkan komponen yang diminta dan berbagai pengaturan.
Pada Bootstrap 4, Sass digunakan sebagai pengganti Less for the stylesheet.
Setiap komponen Bootstrap terdiri dari struktur HTML, deklarasi CSS, dan dalam beberapa kasus menyertai kode JavaScript.
Sistem grid dan desain responsif hadir standar dengan tata letak grid lebar 1170 piksel. Sebagai alternatif, pengembang dapat menggunakan tata letak variabel-lebar. Untuk kedua kasus tersebut, toolkit memiliki empat variasi untuk menggunakan berbagai resolusi dan jenis perangkat: ponsel, potret dan lansekap, tablet dan PC dengan resolusi rendah dan tinggi. Setiap variasi menyesuaikan lebar kolom.

 

Stylesheets

Bootstrap menyediakan seperangkat stylesheet yang memberikan definisi gaya dasar untuk semua komponen kunci HTML. Ini memberikan penampilan yang seragam dan modern untuk memformat teks, tabel dan elemen bentuk.

Re-usable components

Selain elemen HTML biasa, Bootstrap mengandung elemen antarmuka yang umum digunakan lainnya. Komponen diimplementasikan sebagai kelas CSS, yang harus diterapkan pada elemen HTML tertentu di halaman.

JavaScript components
Bootstrap hadir dengan beberapa komponen JavaScript dalam bentuk plugin jQuery. Mereka menyediakan elemen antarmuka pengguna tambahan seperti kotak dialog, tooltips, dan carousels. Mereka juga memperluas fungsionalitas beberapa elemen antarmuka yang ada, termasuk misalnya fungsi lengkapi otomatis untuk bidang masukan. Di versi 2.0, plugin JavaScript berikut didukung: Modal, Dropdown, Scrollspy, Tab, Tooltip, Popover, Alert, Button, Collapse, Carousel dan Typeahead.

 

Lisensi

Anda diijinkan untuk:

·         Anda memiliki hak untuk menggunakan sumber daya untuk keperluan proyek pribadi dan komersial.

·         Buat website / aplikasi untuk klien

·         Anda dapat memodifikasi / menyesuaikan file agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda TIDAK diijinkan:

·         Anda TIDAK diizinkan untuk menghapus tautan belakang ke BootstrapMade dalam template kecuali Anda membeli lisensi

·         Anda TIDAK diizinkan untuk mengklaim kredit atau kepemilikan atas file yang ada di BootstrapMade.com

·         Anda tidak dapat menjual kembali, mendistribusikan ulang, memberi lisensi, atau sub-lisensi pada file yang ada di BootstrapMade.com tanpa izin langsung dari BootstrapMade.com


Penghapusan Backlink
Anda dapat memperoleh lisensi dan menghapus tautan belakang ke BootstrapMade dari template yang Anda gunakan. Berikut adalah pilihan harga kami saat ini:

·         Tema tunggal untuk digunakan dalam satu situs web atau aplikasi: € 9

·         Tema tunggal untuk digunakan di beberapa situs web atau aplikasi: € 29

·         Rencana keanggotaan dengan akses ke semua tema kami untuk digunakan di situs web tak terbatas, mulai dari: € 49

Banyak fungsi bootstrap yang bisa dipakai untuk sebuah website. Berikut fungsinya:

  1. Bisa mempercepat waktu untuk memproses pembuatan front end sebuah website
  2. Menampilkan sisi website yang lebih modern dan juga khas anak jaman sekarang
  3. Tampilan dari bootstrap sendiri sudah sangat responsive sehingga sangat mendukung untuk segala jenis resolusi, entah itu tablet, smartphone ataupun juga PC dan laptop.
  4. Website yang menggunakan bootstrap umumnya lebih ringan karena lebih terstuktur.

Keunggulan Bootstrap

Setelah tahu apa itu bootstrap dan juga fungsinya untuk website, kini Anda juga harus tahu apa saja keunggulan menggunakan bootstrap ini. untuk Anda yang ingin menggunakannya, berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan:

1. Lebih efisien waktu

Bootstrap sendiri menyediakan banyak sekali library yang isinya berbagai macam script yang sudah siap saji untuk dipakai oleh programmer ketika mengembangkan website bagian depan. Sehingga pihak developer tidak lagi membuat waktu untuk menulis berbagai script SCC dari awal. Tentu dengan memakai potongan script tersebut, maka akan sangat menguntungkan untuk website.

Struktur website bisa lebih produktif di tangan seorang programmer handal tadi. Perlu Anda tahu bahwa bootstrap versi terbaru sudah dibangun dengan fitur LESS. Yang artinya, bootstrap mempunyai banyak aspek menguntungkan dalam hal website desain sehingga sangat mempermudah para programmer.

2. Lebih fleksibel

Penggunaan bootstrap website juga membuat pekerjaan developer dan programmer bisa lebih fleksibel. Ya karena framenya memang bisa digunakan sesuai keinginan dan bebas saja. Anda bisa lebih mudah untuk memodifikasikan berbagai script yang telah ada didalamnya. Tidak ada ketentuan khusus untuk memanfaatkan bootstrap twitter ini.

Hal inilah yang membuatmu lantas bisa berkreasi dalam bentuk sesuai keinginan dengan memanfaatkan berbagai macam tool yang sudah ada di bootstrap twitter itu sendiri. Inilah yang membut para pengembang lebih fleksibel ingin membangun website yang ia miliki.

3. Desain yang oriented

Bootstrap untuk keperluan website umumnya mempunyai sebuah sistem baku yang sangat bagus, sistem ini disebut dengan nama grid sistem. Grid merupakan sebuah struktur dua dimensi yang menjadi perpaduan antara sumbu vertikal dan juga horizontal yang membentuk kolom serta baris. Kolom dan baris tersebut lantas merepresentasikan dimensi yang telah tersedia di sebuah browser.

Untuk versi awalnya, bootstrap ini menyediakan grid yang ukuran layarnya adalah 940px dan juga margin 20px. Namun untuk era sekarang, ukuran bootstrap sendiri juga sudah mempunyai ukuran yang cukup lebar karena layarnya 768px sampai 1200px. Tentu saja ukuran tersebut bisa dimodifikasi oleh para penggunanya sendiri.

Model untuk mengatur desainnya memang diatur dengan sistem yang sudah otomatis. Sehingga para developer tinggal melakukan pemanggilan kelas CSS dan juga meletakkan konten di script dan juga sintaks HTML yang telah dikerjakan sebelumnya.

4. LESS is More

Ini merupakan hal yang begitu populer di kalangan programmer dan juga web developer karena alasan tertentu. Alasan tadi adalah kaitannya dengan fungsi responsive yang dimiliki oleh bootstrap itu sendiri. Dengan memakai bootstrap ini website yang miliki juga lebih responsive dan bisa ditampilkan untuk semua website dengan baik.

5. Javascript

Di dalam bootstrap sendiri sudah dilengkapi dengan yang namanya Library JavaScrip yang  sesuai dengan struktur dari bahasa pemrograman Javascript standar. Tentu saja dengan adanya komponen tersebut akan membuat website bisa lebih powerfull dibanding sebelumnya.

Cara Menggunakan Bootstrap

Banyak pilihan untuk menggunakan framework bootstrap untuk keperluan website . Caranya dengan melakukan penginstalan lewat Bower, NPM, Composer atau bisa juga memakai Bootstrap CDN supaya nantinya bisa lebih mudah. Ingat, sampai sekarang ada banyak versi Bootstrap dengan keunggulan dan kegunaan yang berbeda.

Lebih baik mengenalinya terlebih dahulu sebelum menggunakan bootstrap supaya nantinya lebih bagus dan terjamin, Jika ingin menggunakan bootstrap juga bisa men-download filenya di getbootstrap.com. Berikut adalah caranya:

  1. Download filenya terlebih dahulu di getbootstrap.com
  2. Ekstrak file .zip yang telah didownload tadi
  3. Setelah itu kita bisa memanggil file tersebut dan menerapkannya di website yang sudah dibangin sebelumnya

DAFTAR PUSTAKA

https://qwords.com/blog/apa-itu-bootstrap/

http://www.teknokreatipreneur.com/2017/08/bootstrapmade.html

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.