Minggu, September 12

Melatih Diri Menjadi Seorang Pemimpin Yang Berguna Untuk Berwirausaha

 

Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-PRATAMA)


Topik Utama: Kepemimpinan Dan Manajemen Wirausaha


Kita sering kali lupa akan value, kualitas, atau harga yang harus ada pada diri kita. Terkadang hal ini dilupakan oleh banyak orang, karena biasanya orang tidak peduli dengan value atau kualitas diri mereka, dan terkadang juga orang yang sudah memiliki value atau kualitas diri, mereka biasanya melupakan kualitas tersebut karena pekerjaan mereka tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan value atau kualitas diri mereka yang mereka sudah bangun lama, biasanya value atau kualitas diri ini muncul atau diciptakan oleh seseorang karena mereka ingin diri mereka mempunyai kelebihan, atau bisa berbeda dari pada orang lain, atau mereka menciptakan value atau kualitas diri ini karena biasanya terdidik dari lahir atau pada saat mereka belajar tentang diri mereka, apa yang harus ada pada diri mereka untuk bisa menjadi ciri atau pembeda dengan orang lain. maka biasanya orang tersebut akan membuat value, kualitas atau pembeda diri mereka dengan orang lain. 

Maka ketika kita memikirkan apa yang bisa menjadi pembeda atau apa yang bisa menjadi value, kualitas diri kita, sebenarnya ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan value, kualitas diri kita. Tetapi sebelum masuk kepembahasan untuk meningkatkan value, kualitas diri kita kita juga harus memiliki tujuan apa dan kenapa value, kualitas diri ini penting untuk diri kita. Karena biasanya seseorang yang sudah memiliki value, kualitas diri juga setelah itu melupakan valuenya karena biasanya pekerjaan yang didapatkan oleh seseorang itu, misalnya seseorang itu sudah memiliki value, kualitas diri sebagai seorang pemimpin perusahaan atau seorang pemimpin bisnis tetapi dia malah terjebak di dalam pekerjaan seperti contohnya PNS yang dimana pekerjaan ini kalau kita tidak memiliki value pun bisa bekerja dengan apa adanya tetapi value atau kualitas diri ini akan sangat berguna jika pekerjaan atau kegiatan kita pun mensupport value yang kita miliki.

Kepemimpinan ini juga value, atau kualitas diri yang sangat penting untuk diri kita. Karena value kepemimpinan ini walaupun kita misalnya mempunyai pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan value atau kualitas kepemimpinan ini tetapi kita juga bisa memakai value kepemimpinan ini untuk memutukan tindakan apa saja yang harus kita lakukan, seperti contohnya ketika ada rapat biasanya seseorang memiliki ide yang cukup banyak dan beberapa orang juga terkadang susah untuk memutuskan ide apa yang akan berguna untuk perusahaannya maju atau berkembang dengan adanya value kepemimpinan ini kita akan terbantu karena kita akan bertindak seperti seorang pemimpin dan akan bertanggung jawab atas perbuatan yang telah kita lakukan jika kita melakukan kesalahan. Value kepemimpinan ini juga akan sangat membantu diri kita sendiri. 




karena banyak hal yang bisa diselesaikan oleh value kepemimpinan ini. Contoh kecilnya adalah seperti kita bisa membuat diri kita lebih pede atau percaya diri dan juga kita bisa membuat diri kita lebih berguna dan lebih produktif dibandingkan orang lain yang tidak memiliki kualitas diri sebagai seorang pemimpin, Dan sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita selesaikan dengan kualitas diri sebagai seorang pemimpin ini.

Jika kita berbicara tentang value, kualitas sebagai seorang pemimpin maka tidak bisa dipisahkan oleh wirausaha. Karena dalam wirausaha ini kita harus memiliki value atau kualitas diri sebagai seorang pemimpin untuk bisa memimpin usaha yang kita akan jalani. Jika kita tidak memiliki value ini maka kita tidak tahu apa yang selanjutnya kita harus perbuat atau kita bimbang apa yang harus kita putuskan, karena dalam wirausaha memutuskan apa yang harus dilakukan alah hal penting dan juga beresiko tinggi untuk usaha kita, jika kita memutuskan sesuatu yang bertujuan salah maka akan berdampak terhadap usaha kita. Karena wirausah in terkadang tidak bisa diprediksi tetapi bisa dipelajari market atau pasar, apa yang dimau oleh konsumen maka itu lah yang harus kita sediakan.

Karena jika kita memiliki value kepemimpinan dalam berwirausaha maka kita akan bisa mengarahkan,membina, dan mengatur akan apa yang harus dilakukan dan mengevaluasi apa yang telah dilakukan jika kita melakukan kesalahan. Dan ada beberapa kelebihan jika kita mempunyai value atau kualitas diri sebagai seorang pemimpin dalam lingkup wirausaha adalah sebagai berikut:

  • Keberanian untuk bertindak



  • Membangun tim yang solid



  • Bisa menjadi pendengar yang baik



  • Berani mengambil resiko



  • Memiliki pikiran yang terbuka



  • Memiliki kepercayaan diri 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.