Jumat, September 17

MEMANFAATKAN KONDISI COVID-19 SAAT INI DENGAN INDUSTRI KREATIF

 KONDISI COVID-19 SAAT INI  DENGAN INDUSTRI KREATIF

Disusun Oleh :

Aziz Ramadhan

(@S11-AZIZ)

BAB I

PENDAHULUAN

 

Berbagai aktivitas pada sektor bisnis, secara global mengalami penurunan akibat pandemi Covid19. Kondisi tersebut juga mempengaruhi manajemen hingga sampai ke konsumen untuk meningkatkan efisiensi operasional, profitabilitas, dan posisi kompetitif perusahaan serta mitra disebut sebagai managemen rantai pasok Kegiatan industri harus tetap berlangsung dan dapat memberikan nilai tambah (value), sehingga menghasilkan kinerja rantai pasok tetap berjalan secara lancar.

Sangat penting bagi industri untuk mencari strategi baru mengenai manajemen rantai pasokan untuk bertahan dalam iklim bisnis yang kompetitif dan berubah-ubah saat ini Sektor perekonomian pada mall dan pusat perbelanjaan mengalami penurunan daya beli masyarakat akibat Pandemi COVID-19.

 

 

  

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Industri kreatif dalam kehidupan yang dinamis dan penuh perubahan ini, kreativitas sangat diperlukan untuk terus bisa berinovasi dan belajar. Lewat kreativitas, dihasilkan berbagai macam produk dan jasa baru yang meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup manusia. Secara umum, industri kreatif adalah kategori usaha yang disematkan untuk usaha-usaha yang menjual produk kreativitas. Besarnya kontribusi industri ini membuat  Pemerintah Indonesia mulai menaruh perhatian khusus kepada industri kreatif.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), industri kreatif atau yang dikenal dengan istilah ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu sektor strategis yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Industri yang lahir dari kreativitas individu ini kemudian kembali  melahirkan banyak peluang lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif yang diperoleh pada 2016 adalah sebesar 922,59 triliun rupiah.

 

 

 

 

Manfaat Industri Kreatif

Tahun 2018 tercatat bahwa industri/ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,44% terhadap total perekonomian nasional Indonesia. Selain bermanfaat bagi pemasukan  ekonomi negara, industri ini juga menjadi wadah untuk menumbuhkembangkan kreativitas bagi pendiri bisnis dan juga pekerjanya, Industri kreatif dapat menjadi solusi bagi banyaknya jumlah tenaga kerja usia produktif di Indonesia, industri ini bila dikembangkan mampu mengurangi tingkat pengangguran di indonesia.

 

Industri kreatif berperan cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia. Dibuktikan dengan berdirinya Bekraf yang menaungi ekonomi kreatif di Indonesia. Pemerintah menaruh perhatian khusus sehingga banyak kebijakan dibuat untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif. Dampak positifnya bagi Indonesia membuat banyak negara juga mulai melirik industri ini

 

Contoh Industri Kreatif


Secara umum, tujuan dari industri kreatif ialah menghasilkan sebuah karya kreatif yang bernilai ekonomi tinggi. Jika diambil dari penjelasan mengenai sektor-sektor industri kreatif sebelumnya, dapat ditarik beberapa contoh untuk menjelaskan industri kreatif. Misalnya untuk subsektor fotografi dan videografi, profesi sebagai youtuber dan selebgram (selebriti Instagram) sedang digandrungi oleh banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang tua. Menjadi seorang selebgram dan youtuber  memerlukan kreatifitas yang tinggi dalam hal pembuatan konten agar dapat menarik minat masyarakat.


Selain selebgram dan youtuber, subsektor kuliner juga bertumbuh pesat. Banyak ide-ide makanan baru yang diminati masyarakat. Sebut saja jajanan tradisional odading atau roti bantal, klepon, peach gum, pisang nugget, dan sebagainya.

 

Kebijakan Pemerintah terkait Industri Kreatif

Potensi besar dari industri kreatif membuat pemerintah perlu untuk mendukung efektivitas pertumbuhan industri ini. Beberapa kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah, antara lain:

 

1. Integrasi Aset dan Potensi

Lewat integrasi ini, pengelolaan aset yang maksimal ditambah dengan potensi kreatif yang dimiliki setiap individu dapat menjadi sumber permodalan yang menjanjikan bagi industri kreatif.

 

 

2. Meningkatkan kreativitas dan inovasi

Salah satu kendala dalam mewujudkan ide kreatif adalah modal. Pemerintah menyediakan permodalan dan fasilitas untuk menyalurkan ide bernilai ekonomi. Ide kreatif dan inovasi dari masyarakat dapat diolah dengan baik dengan bantuan pemerintah. Lewat cara ini, persaingan dapat dikontrol dan perselisihan dapat diatasi.

 

3. Berdirinya Bekraf

Sebagai sebuah institusi yang dibentuk presiden yang tujuan utamanya untuk menjadi wadah, jembatan, dan fasilitator untuk mengelola ide-ide kreatif. Institusi ini diharapkan mampu mengarahkan pertumbuhan ekonomi lewat pengembangan ide-ide baru yang bernilai ekonomi tinggi.




4. Mendukung Kreativitas Masyarakat lewat Regulasi

Agar berjalan dengan baik, kreativitas masyarakat harus senantiasa diregulasi. Regulasi juga mengontrol persaingan antara pelaku industri kreatif. Contoh pemerintah mengeluarkan kebijakan yang melindungi hak cipta dan hak intelektual karena kreativitas merupakan aset/komoditi ekonomi yang bisa diperjualbelikan.

 

 

 

Faktor yang Mempengaruhi

Setiap tahun, nilai pertumbuhan dan kontribusi industri kreatif/ekraf terus meningkat. Penasaran apa saja faktor yang melatarbelakangi pertumbuhan industri ini?

 

1. Kreativitas

Tentu saja sesuai dengan namanya, yang paling dibutuhkan dan berperan besar dalam industri ini adalah kreativitas. Mayoritas pelaku industri kreatif yang merupakan anak muda memiliki potensi dan kreativitas besar tanpa batas sehingga mendorong pertumbuhan industri kreatif Indonesia.

 

2. Kemajuan Teknologi

Bagi pelaku industri kreatif menengah, kemajuan teknologi berperan besar dalam mendukung industri kreatif.

 

 

 

3. Media Sosial

Dari kemajuan teknologi, muncul media sosial yang pertumbuhan dan perannya memberikan potensi dan peluang besar bagi pelaku bisnis khususnya pelaku industri kreatif. Tidak diperlukannya modal besar, biaya tambahan untuk biaya sewa tempat menjual, memudahkan pelaku industri kreatif kecil-menengah.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

 

 

 


 

 

 

Kesimpulan

Industri kreatif adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan. 

Kreatifitas yang dihasilkan harus dapat membuka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, industri ini harus dikembangkan, sebagai salah satu penopang perekonomian Indonesia. 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 1.    Dessy nur amalia.2021’”Modul perkulihan kewirausahan 2  UMB
 2.        Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. 2007. Studi Industri Kreatif Indonesia. Jakarta: Kementrian Perdagangan RI.

 3.        Akhmad, Sabarudin; Hidayat, Rachmad. 2015. Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.