Jumat, September 17

PELUANG BISNIS STARTUP DI INDONESIA

PELUANG BISNIS STARTUP DI INDONESIA

OLEH:

BAYOE ADITYA DWI PRASETYA (@So9-BAYOE)

PENDAHULUAN

        Dalam perkembangan teknologi digital saat ini, ide bisnis startup menjadi peluang bisnis yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan awam hingga para selebritis Indonesia. Semua berlomba-lomba untuk memulai bisnis startup.

Potensi bisnis startup sangat besar di Indonesia yang memiliki pulau-pulau yang sangat banyak dan didukung dengan pembangunan infrastruktur yang cukup masih. Bisnis startup sendiri dapat berkembang dengan baik selama manusia masih menemukan berbagai masalah dalam kehidupan mereka sehari-hari. Artinya, solusi yang memiliki kemungkinan besar untuk menyelesaikan permasalahan manusia memiliki potensi bisnis yang bagus. 

PEMBAHASAN

A. Start Up Digital

    Steve G. Blank dalam (Saputra, 2015) mendefinisikan startup sebagai sebuah organisasi temporer yang dibentuk dengan tujuan mencari model bisnis yang repeatable dan scalable. Maksud dari Steve disini adalah, bahwa startup adalah sebuah bentuk bisnis yang dapat di jalankan dan diulang penkondisian sebuah produknya serta dapat di kembangkan dan diperluaskan jaringannya. Hal ini dapat dianalogikan seperti karet yang elastis dimana mampu dibentuk apa saja dan juga mampu untuk ditarik secara panjang.

        Kemudian menurut Sheung (2014) menjelaskan bahwa metode startup bisnis diikuti oleh inovasi dan tren berkembangnya teknologi. Hal ini dapat dilihat  dari  berkembangnya  teknologi  AI  (Artificial  Intelligence)  yang dimanfaatkan dari berbagai sektor, baik dalam sebuah aplikasi, pendeteksi pelanggaran lalu lintas, plat motor, dan sebagainya. Sehingga teknologi AI ini dimanfaatkan  untuk  setiap  pebisnis  startup  untuk  mengembangkan perusahaannya. Inilah yang  dikatakan  inovasi  menjadi  sebuah tren  baru teknologi.

B.Bidang Bisnis yang Bisa Dikembangkan Menjadi Bisnis Startup

1.      Bisnis Transportasi

        Transportasi merupakan kebutuhan primer yang harus ada di tengah-tengah masyarakat, karena terkadang memiliki kendaraan pribadi belum tentu memenuhi kebutuhan masyarakat modern yang mobilitasnya tinggi. Memang untuk bisnis transportasi di Indonesia saat ini telah dipegang raksasa startup bidang transportasi yang namanya sudah terkenal, seperti Gojek yang memiliki pasar pelanggan yang lumayan banyak dan sudah menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Meski telah ada beberapa startup yang bergerak di bidang transportasi, masih memiliki kesempatan besar untuk membangun startup juga. Hanya saja, perlu melakukan riset terlebih dahulu, kebutuhan masyarakat di bidang transportasi yang seperti apa yang belum mampu dipenuhi oleh startup yang sudah lebih dahulu ada. Beberapa ide bidang transportasi yang mungkin masih bisa dikembangkan, misalnya antar jemput anak sekolah berbasis teknologi, bus / travel khusus antar jemput pekerja dengan biaya layanan lebih murah karena sistem paket per perusahaan, dan lain sebagainya. Jangan lupa pikirkan pula teknologi dan aplikasi seperti apa yang hendak digunakan, layanan pendukung yang jauh lebih lengkap serta memudahkan pelanggan, atau mungkin fitur tambahan yang belum tersedia di kompetitor. 

2Bisnis Fashion

            Fashion trendy tetap menjadi favorit dari generasi ke generasi. Saat ini banyak orang yang nyaman berbelanja pakaian di toko online dengan menggunakan smartphone, sayangnya kadang produk fashion yang ditampilkan pada foto yang tercantum di e-commerce tak sesuai dengan wujud nyata produknya. Nah, ini peluang untuk mengisi kekosongan dan menemukan ide lain terkait startup bidang fashion. Salah satu startup bidang fashion yang mampu melihat peluang adalah HijUp, yang merupakan toko online dengan produk khususnya adalah pakaian muslim di Indonesia. Omset startup ini cukup bagus karena mampu menyediakan produk berkualitas, unik, berbahan bagus, dan model yang tak pasaran. Seperti halnya yang dilakukan HijUp, perlu memikirkan ide-ide kreatif yang belum banyak pemainnya untuk bisa mengembangkan bisnis startup di bidang fashion. Semakin menarik jenis produk yang dijual, semakin banyak konsumen yang ingin membeli.

3Bisnis Pengiriman (Kurir)

        Saat ini sudah banyak bisnis startup di bidang pengiriman atau kurir. Namun, banyak di antaranya yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengiriman yang cepat, tepat, dan aman. Salah satu ide bisnis di bidang pengiriman yang hingga hari ini belum ada yang melakukan, yaitu pengiriman produk frozen food antar wilayah di Indonesia yang bisa dalam beberapa jam tiba di tujuan, dengan harga yang masih terjangkau, baik untuk seller yang mengirimkan produk atau bagi pembeli produk tersebut. Ide lain di bidang pengiriman, misalnya pengiriman dokumen antar perusahaan dalam sistem paket yang lebih fleksibel, namun tetap bisa memiliki layanan yang cepat dan aman.

4Bisnis Kuliner

        Bisnis startup di bidang kuliner memang sudah banyak yang melakukannya, namun Indonesia itu kaya akan beragam jenis kuliner khas suatu daerah. tinggal mencari jenis kuliner seperti apa yang masih sedikit yang mengembangkannya. Startup di bidang kuliner masih memiliki peluang besar jika mampu menciptakan produk kuliner yang unik, rasa yang enak, pengemasan yang bagus, dan harga ramah di kantong. Jenis-jenis makanan yang sehat, resep rumahan, makanan khas suatu daerah atau negara, katering khusus, dan sebagainya. Selain itu, pikirkan dan pertimbangkan pula masalah pengiriman produk kuliner, bisa bekerja sama dengan startup lain yang bergerak di bidang pengemasan, penyediaan produk mentah, atau dengan pebisnis yang menjalankan usaha pengiriman cepat.




C. Beberapa faktor yang mendukung perkembangan startup di Indonesia, yaitu :

a. Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru.

Jika kita lihat saat ini ada banyak sekali pengguna Internet aktif di Indonesia maka akan berdampak pada peluang bisnis yang juga semakin besar.

b. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak.

Banyaknya penduduk maka kebutuhannya juga banyak dan tentunya juga akan menjadi peluang bisnis yang besar.

c. Pelayanan startup yang baik.

Semakin baik dan bagus pelayanan sebuah startup, hal ini merupakan karaktersistik bisnis maka konsumennya juga semakin banyak.

d Modal dari investor serta dukungan pemerintah.

Tanpa modal, maka bisnis apapun tak kan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun menjadi penentu berkembangnya sebuah startup, jika pemerintah tidak mendukung maka startup sangat sulit untuk berkembang. Meskipun membangun startup cukup menantang, dengan trend dan banyaknya inovasi anak Indonesia ssaat ini tentunya ide akan selalu berdatangan. Mulai dari ide yang bisa menyelesaikan masalah sehari-hari hingga ide yang berhubungan seputar hiburan. Membangun bisnis startup harus benar-benar direncanakan dengan matang. Karena sebuat startup yang kurang tepat sasaran pastinya akan mudah gagal. Dalam hal ini, jika ingin membangun sebuah startup pastikan paham betul apa masalah yang ingin diselesaikan. Jadi startup yang diciptakan memberikan fungsi dan tujuan yang jelas.



KESIMPULAN

        Terbukanya peluang yang masih luas bagi bisnis startup di Indonesia menjadi kesempatan bagus bagi siapa pun yang ingin membangun usaha. Kunci agar startup berkembang adalah kejelian melihat peluang dan hati yang tulus untuk menjalankan bisnis yang mampu membantu orang lain. Dengan kata lain, bisnis yang dijalankan dengan sepenuh hati dan sesuai dengan passion akan meningkatkan peluang bisnis startup di era digital ini, hingga akhirnya bisa mencapai sukses yang diharapkan.



REFERENSI

https://redcomm.co.id/knowledges/peluang-bisnis-startup-di-tahun-2020

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-bisnis-startup-peluang-dan-tips-untuk-memulainya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.