Sabtu, September 11

PROSES SUMBER DAYA MANUSIA PADA RESTAURANT KEPITING HOUSE

SITI MASITOH @S19-SITI

1.  Pendahuluan

A. Latar Belakang

Restoran sebuah bisnis yang sangat menarik dan tidak ada matinya sepanjang masa. Setiap hari semakin banyak tawaran untuk membuka bisnis ini baik lewat waralaba. Dengan semakin banyak kesempatan bisnis waralaba untuk membuka restoran ini maka persaingan bisnis di bidang restoran semakin ketat sehingga berujung pada penerapan strategi pemasaran yang beragam. Strategi yang diterapkan oleh para pebisnis waralaba restoran sudah tidak hanya menerapkan pada strategi kualitas makanan dan minumannya saja, melainkan menerapkan strategi persaingannya pada pelayanan dan kenyamanan suasana untuk membentuk sebuah identitas (image) dan harga yang sekarang semakin sensitif pada era global saat ini.

Dimana masyarakat kelas menengah yang rata-rata berprofesi sebagai eksekutif perusahaan atau karyawan yang bekerja di kota besar dan tidak memiliki waktu dengan jam bekerjanya dari pagi hingga sore bahkan malam sehingga tidak sempat pulang ke rumah untuk makan sehingga mereka akan makan di luar rumah. Waktu makan siang ini biasanya mereka habiskan di mall atau restaurant dengan sistem penyajian makanan siap saji (fast food) yang disediakan oleh restoran waralaba.

Dan kebiasaaan ini akhirnya tumbuh berkembang menjadi suatu kebudayaan hidup orang-orang kota. Dimana jumlah perusahaan waralaba yang bergerak dibidang restoran ini cukup banyak, mau tidak mau persaingan bisnis pasti terjadi diantara mereka, khususnya dibidang pelayanan. Bagi perusahaan waralaba yang baik pelayanannya, pasti banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang dijualnya. Dan sebaliknya perusahaan waralaba yang pelayanannya tidak baik maka akan ditinggalkan oleh konsumennya.

B.    Rumusan Masalah

·         Apa yang dimaksud dengan SDM ?

·         Bagaimana proses msdm Restaurant Kepiting House

2. Pembahasan 

A.      Pengertian SDM


Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu  secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia- bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.

B.      Proses MSDM Restaurant Kepiting House

Proses adalah metode atau cara sistematis dalam melakukan atau menangani suatu kegiatan.Untuk memperoleh, mempertahankan, dan mengembangkan sumber daya manusia yang potensial, perusahaan harus melakukan serangkaian proses manajemen sumber daya manusia yang dimulai dari tahap perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, perjanjian kerja, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja, imbal jasa sampai dengan pemutusan hubungan kerja (PHK).

1)      Perencanaan SDM


Perencanaan merupakan langkah awal yang sangat menentukan keberhasilan organisasi. Perencanaan 
Perencanaan yang kurang baik sama saja dengan membuat rencana untuk gagal. Adapun perencanaan sumber daya manusia merupakan proses di mana manajer memastikan bahwa mereka memiliki jumlah dan jenis orang-orang yang tepat di tempat serta waktu yang juga tepat.Melalui perencanaan, organisasi bisa menghindarkan diri dari kekurangan dan kelebihan personel yang mendadak. Restaurant Kepiting House memiliki perencanaan yaitu karyawan diberi tugas dan bekerja sesuai dengan kemampuannya, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, dan adanya loyalitas dari karyawan tersebut .

2)      Rekrutmen

Setelah perusahaan memperkirakan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, memperkirakan suplai tenaga kerja, dan melakukan analisis jabatan, maka proses manajemen sumber daya manusia selanjutnya adalah rekrutmen tenaga kerja, yaitu suatu proses untuk menemukan dan menarik calon tenaga kerja yang memiliki kualifikasi sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ada. 
Restaurant Kepiting House, Job spesifikasi :
·         Posisi : Waiter/Waitress, Kasir, dan Cooking
·         Pria/Wanita
·         Berpengalaman minimal 1 tahun
·         Dapat berkomunikasi dengan baik
·         Rajin,tekun dan bertanggung jawab
·         Berpenampilan menarik
·         Berpengalaman di bidang restoran (diutamakan)
·         Memiliki SKCK
·         Fotokopi KTP, dan ijazah terakhir
·         Tamatan SMA
·         Umur Max.25 tahun

3)      Seleksi
Setelah memiliki sejumlah kandidat, langkah selanjutnya dalam proses manajemen sumber daya manusia adalah seleksi, yaitu menyaring para pelamar kerja untuk menentukan siapa yang paling memenuhi kualifikasi atas pekerjaan tersebut. Restaurant Kepiting House
Posisi   cooking                       : test makanan yang dibuat, kebersihan
Posisi Waiter/Waitress             : test customer service, ketelitian
Posisi kasir                              : test aplikasi, ketelitian

4)      Perjanjian Kerja
Setelah proses seleksi, tahap berikutnya yaitu masuk dalam proses perikatan yang dilakukan melalui perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan. Restaurant Kepiting House memiliki perjanjian kerja yang d antara kedua belah pihak tidak boleh di langgar.

5)      Orientasi dan Penempatan
Salah satu teknik yang sangat lumrah digunakan untuk mencoba mengurangi jumlah pegawai baru yang meminta berhenti adalah dengan menyelenggarakan program pengenalan, yang juga dikenal luas sebagai program orientasi. Restaurant Kepiting House Proses orientasi di lakukan kepada seluruh karyawan agar mengetahui kinerja dari masing masing karyawan.

6)      Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan (training) merupakan suatu proses yang sistematis untuk mengubah perilaku tertentu dari tenaga kerja agar selaras dengan pencapaian tujuan perusahaan. Pelatihan ditujukan untuk meningkatkan keahlian (skill) dan kemampuan (abilities) untuk mengerjakan tugas saat ini dan membantu tenaga kerja untuk menguasai keahlian dan kemampuan tertentu yang dibutuhkan. Sedangkan pengembangan lebih ditujukan untuk meningkatkan keahlian konseptual dan pengembangan pribadi yang dibutuhkan manajer untuk menempati jabatan yang lebih tinggi di masa mendatang. Restaurant Kepiting House Kepada calon karyawan akan di berikan training selama 1 bulan, untuk mengetahui hal apa saja yang akan di lakukan di restaurant.

7)      Penilaian Kinerja
Setelah karyawan diterima, ditempatkan, dan dipekerjakan maka tugas manajer selanjutnya adalah melakukan penilaian prestasi karyawan. Penilaian kinerja di antaranya dilakukan untuk memberikan umpan balik kepada karyawan sebagai upaya memperbaiki kinerja karyawan dan organisasi.Restaurant Kepiting House Penilaian kinerja di lakukan secara langsung maupun tidak langsung, di lihat dari seberapa besar loyal karyawan terhadap restaurant, serta kedisiplinannya.

8)      Imbalan Jasa
Imbal jasa sering kali dikaitkan dengan kompensasi dan tunjangan. Agar tenaga kerja dapat terus menerus memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan, tenaga kerja tersebut harus diberikan kompensasi yang sepadan atas kinerja yang telah mereka tunjukkan.Restaurant Kepiting House Memberikan kompensasi kepada karyawan untuk memotivasi agar karyawan dapat lebih semangat bekerja.

9)      PHK
Pemberhentian adalah fungsi operatif terakhir manajemen sumber daya manusia. Istilah pemberhentian sering pula disebut dengan separation, pemisahan, atau pemutusan hubungan kerja (PHK). Pemberhentian merupakan pemutusan hubungan kerja seseorang karyawan dengan suatu organisasi perusahaan.Restaurant Kepiting House Melakukan pemberhentian ketika karyawan tersebut sudah melanggar peraturan yang sudah di terapkan di restaurant tersebut, apabila sudah melebihi dari SP 3x maka secara tidak terhormat harus di keluarkan.

Referensi

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.