Kamis, September 16

RUANG GURU BIMBEL ONLINE

                 RUANG GURU BIMBEL ONLINE

Oleh : Murdiono deli (@S03-MURDIONO)

 

PENDAHULUAN

Pada zaman yang serba digital ini, sangat banyak orang memanfaatkan teknologi digital sebagai peluang bisnis. Baik media sosial maupun yang menggunakan website. Pada dunia bisnis, pemakaian internet saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan teknologi informasi menjadikan internet sebagai alat pertukaran data dan informasi yang utama.

Aplikasinya meluas di berbagai bidang, terutama yang membutuhkan pertukaran data yang cepat dengan lokasi yang berbeda. Internet banyak mempengaruhi dunia bisnis, banyak perusahaan yang sukses menjual produk dan jasa dengan menggunakan bantuan internet. Internet seolah memberikan tantangan baru bagi mereka yang sudah ada maupun kepada siapa saja yang ingin menciptakan sebuah produk/bisnis baru. Salah satu bisnis yang menggunakan media online yaitu startup. Startup merupakan sebuah perusahaan yang didesain untuk berkembang pesat. Tetapi istilah startup secara internasional lebih populer ketika pada gelombang dot-com. Jadi bisa disebut startup ialah perusahaan baru yang merintis bisnisnya melalui teknologi media. Pada awalnya startup di Indonesia hanya berupa sebuah bisnis yang menawarkan barang-barang, seperti baju, sepatu, peralatan sehari-hari dan lain-lain. Contoh seperti Lazada yang menjual segala macam barang keperluan dan itu sifatnya barang baru. Sehingga komunikasi antara penjual dan pembeli hanya terjadi dalam lingkungan dunia maya. Tetapi dengan semakin banyaknya kebutuhan teknologi yang menjaring ke dalam kehidupan manusia makanya banyak perusahaan berbasis startup yang memanfaatkan teknologi informasi. Saat ini beberapa startup sudah mengembangkannya ke dunia jual beli jasa, seperti ojek online, yang terdahulu seperti Gojek.



PT RUANG RAYA INDONESIA (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan dengan Nomor 3/A.5a/31.74.01/-1.851.332/2018.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.Kami juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MITAtlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.

Ruangguru untuk pendidikan Indonesia

Ruangguru memiliki misi untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan saja dan di mana saja.Kami percaya bahwa pendidikan adalah hak setiap manusia. Kami juga meyakini bahwa pendidikan adalah tiket untuk masa depan yang lebih baik. Maka dari itu, kami bertujuan untuk menyediakan layanan pendidikan dan materi pembelajaran dari guru-guru terbaik Indonesia, yang bisa diakses oleh seluruh siswa di mana saja mereka berada dengan biaya yang terjangkau.Kami juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia. Ruangguru percaya, dengan meningkatnya kualitas guru, maka mutu pendidikan di Indonesia juga akan menjadi lebih baik.Ruangguru juga percaya bahwa teknologi memudahkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran yang berkualitas. Di mana pun mereka berada, Ruangguru dapat membantu proses belajar siswa tanpa batasan ruang dan waktu. Kami juga meyakini bahwa teknologi dapat membantu siswa, guru, dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien.Kami bertekad untuk terus mengembangkan layanan kami serta berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mencapai tujuan-tujuan kami.

kESIMPULAN

Generasi milenial yang sebagian besar merupakan pelajar SMP dan SMA tersebut lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget. Banyak pelajar masa kini sulit memahami pelajaran yang dipelajari di sekolah dan kemudian sampai di rumah mereka kembali sibuk dengan gadget-nya masing-masing dan melupakan topik pelajaran yang telah dipelajari di sekolah. Oleh karena itu, kebanyakan orangtua menyadari hal tersebut sehingga memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya dengan mendaftarkan anakanaknya ke lembaga-lembaga bimbingan belajar (bimbel) terkenal ataupun mencari guruguru les privat. Dengan semakin berkembangnya m - learning, siswa tidak perlu lagi harusdatang ke lokasi bimbel karena mereka bisa belajar kapanpun mereka mau setiap mereka membawa laptop atau smartphone dengan mengakses bimbingan belajar online (bimbel online).

REFERENSI

https://www.ruangguru.com/about-us

https://id.wikipedia.org/wiki/Ruangguru

https://docplayer.info/140389882-Pemanfaatan-aplikasi-ruang-guru-dalam-dunia-pendidikan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.